Terakurat– Tips Mengatasi WhatsApp Pending – Sebagai salah satu aplikasi chatting yang populer, tentunya WhatsApp memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggunanya. Selain dapat digunakan untuk Chattingan, aplikasi Whatsapp juga bisa dapat digunakan untuk mengirim video, dokumen, suara, melakukan panggilan suara dan video hingga fitur status.

Namun sayangnya, terkadang Whatsapp sering mengalami masalah seperti pending, sehingga pesan yang kita kirim tidak sampai ke penerima. Jika kamu mengalami hal tersebut, maka tidak perlu panik mengenai masalah tersebut. Pasalnya berikut ini solusi untuk mengatasi WhatsApp pending dengan mudah dan cepat. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya pada artikel berikut ini!

Tips Mengatasi Whatsapp Pending

Pastikan Smartphone Terkoneksi dengan Internet

Sebelum memasuki ke tahap untuk cara mengatasi WhatsApp pending, tentunya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa smarphone kamu benar-benar terkoneksi dengan jaringan Internet atau jaringan internet yang Stabil. Bisa saja, kamu lupa menyalakan paket data, sehingga kamu tidak bisa mengirim pesan di Whatsapp.

Meskipun kamu tidak menggunakan paket data, mungkin kamu bisa menggunakan jaringan WiFi agar terhubung dengan jaringan Internet. Karena biar bagaimanapun, WhatsApp membutuhkan jaringan Internet agar pesan tidak pending.

Solusinya, mungkin kamu bisa mengganti kartu SIM untuk paket data, atau menelpon layanan pengaduan agar WiFi segera diperiksa jaringan Internetnya. Solusi lainnya, kamu bisa menunggu hingga jaringan internet kembali normal.

Ubah Jaringan Smartphone

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Whatsapp sangat bergantung pada koneks internet. Meskipun kamu sudah terkoneksi, tapi WhatsApp masih saja pending, mungkin disebabkan karena jaringannya yang kurang kuat. Maka dari itu, pastikan kamu telah mengubah pengaturan pada smartphone kamu menjadi jaringan 3G atau 4G agar tetap mendapat kan sinyal internet yang stabil atau coba menggunakan jaringan wifi lain yang internetnya stabil.

Baca juga  Cara mengatasi CrossBrowser yang Susah di Hapus

Untuk mengubah pengaturan jaringan, kamu bisa masuk pada pengaturan ponsel, lalu menu jaringan network setelah itu pilih jenis data dan langsung klik saja pada bagian 3G atau 4G.

Manfaatkan Mode Pesawat

Selain mengubah pengaturan jaringan, kamu juga bisa memanfaatkan mode pesawat yang ada di ponsel. Yang perlu kamu lakukan adalah mengatifkan mode pesawat lalu menon-aktifkannya kembali mode pesawatnya.

Dengan cara ini, dipercaya bisa melakukan restart jaringan atau membaca ulang jaringan yang ada di smartphone anda. Namun sayangnya, cara ini tidak terlalu efektif meningat kamu harus melakukannya berkali-kali untuk mendapatkan jaringan yang lancar dan kencang. Jadi, kamu tidak perlu melakukan cara ini hanya sekali saja.

Hapus Cache pada perangkat

Tips Mengatasi WhatsApp Pending

Cache adalah data yang disimpan sementara oleh Smartphone agar dapat mempercepat jalannya aplikasi. Namun sayangnya, cache ini seringkali di biarkan menumpuk. Alih-alih dipercaya mampu melancarkan proses pembacaan aplikasi, justru membuat aplikasi menjadi error dan hal ini juga berlaku untuk whatsapp.

Jadi ketika kamu merasa sering menggunakan WhatsApp, maka kamu harus rajin membersihkan Cache WhatsApp. Jangan biarkan cache menumpuk terlalu banyak, karena cache ini juga akan mempengaruhi proses pengiriman pesan di WhatsApp.

Hapus atau Pindahkan data WhatsApp

Selain cache yang menumpuk, data juga seringkali menyebabkan pendingnya WhatsApp. Terlalu banyaknya sisa chat, foto, video, ataupun pesan suara juga terkadang mempengaruhi dalam mengirimkan pesan. Maka dari itu, cara mengatasi whatsapp yang pending adalah dengan menghapus data Whatsapp. Cobalah untuk menghapus data-data whatsapp secara rutin.

Jika memang terdapat data yang penting, maka kamu bisa melakukan pencadangan pada data tersebut yang mungkin bisa di cadangkan ke Pc atau laptop atau aplikasi cloud storage.

Non-aktifkan Fitur penghemat Daya

Fitur penghemat daya memang sangat dibutuhkan untuk pengguna smartphone Android maupun iOS. Namun sayangnya, fitur ini terkadang malah menghambat kinerja beberapa aplikasi seperti halnya membuat Whatsapp menjadi pending. Bagaimana bisa? Tentu saja, karena fitur penghemat daya akan aktif secara otomatis ketika ponsel kamu kehabisan batrai, biasanya ketika batrai yang tersisa hanya 15%.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Edit Lagu Terbaik untuk Android

Ketika fitur penghemat daya ini menyala, maka secara otomatis WhatsApp pun akan mengalami pending karena harus memangkas penggunaan daya batrai. Tentu saja, dengan begini maka kamu akan kesulitan mengirim atau mendapatkan pesan notifikasi chat dari WhatsApp.

Lantas bagaimana cara mematikan atau menonaktifkan fitur penghemat daya? Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke setelan perangkat, lalu klik Baterai setelah itu matikan mode pengehemat daya.

Hindari Aplikasi Pembersih RAM

Tips mengatasi Whatsapp Pending lainnya adalah dengan menghindari atau bisa perlu tidak menggunakan aplikasi pembersih RAM. Aplikasi pembersih ram ini dipercaya mampu menjaga kestabilan dan kondisi smarphone, bahkan beberapa aplikasi mengklaim bisa menjaga kecepatan smarphone agar tidak sering mengalami hank.

Namun sayangnya, sistem kerja pada aplikasi ini adalah dengan membersihkan aplikasi yang bekerja di latar belakang smartphone. Bisa saja ketika whatsapp berjalan di latar belakang, justru aplikasi pembersih RAM ini menutup aplikasi WhatsApp. Sehingga kamu tidak bisa mendapatkan notifikasi dari WhatsApp ataupun mengalami pending saat mengirim pesan Whatsapp.

Restart Perangkat

Permasalahan pendingnya whatsapp tidak selalu mengenai jaringan internet ataupun pengaruh dari aplikasi lainnya. Bisa saja dikarenakan ponsel kamu bermasalah. Untuk mengatasinya, kami sarankan untuk merestart smartphone kamu. Cobalah untuk melakukan restart perangkat, kemudian jalankan kembali whatsapp. Kirim ulang pesan WhatsApp yang sebelumnya mengalami pending. Biasanya dengan cara ini maka Whatsapp akan berjalan lancar dan normal.

Update WhatsApp dan Instal Ulang WhatsApp

Jika pesan kamu masih pending, maka cobalah untuk cek update terbaru dari aplikasi WhatsApp kamu. Kemunginan masalah pendingnya WhatsApp dikarenakan kamu belum melakukan pembaharuan untuk aplikasi Whatsapp. Sehinnga timbulah permasalahan pending karena WhatsApp versi lama tidak menyediakan beberapa fitur seperti yang terdapat pada versi baru.

Baca juga  Menu Berbuka Puasa Khas Padang.

Tetapi jika kamu sudah melakukan pembaruan perangkat namun masih saja tetap pending, maka cobalah untuk mencopot pemasangan whatsapp tersebut, barulah menginstallnya kembali. Biasanya cara ini cukup efektif mengatasi permasalahan pending pada Whatsapp.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi aplikasi Whatsapp pending ketika mengirimkan pesan. Beberapa cara di atas tadi bisa kamu coba tanpa membutuhkan tenaga professional. Sekian artikel mengenai tips mengatasi WhatsApp pending dengan mudah, semoga beberapa cara di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here