Terakurat – Tips Menghilangkan Bekas Jerawat – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit bagi pria maupun wanita. Meskipun jerawat sudah hilang, namun terkadang bekasnya masih tertinggal di kulit wajah. Hal tersebut tentunya dapat merusak penampulan, maka kita harus mengetahui cara tepat menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Karena hal tersebutlah, banyak pria maupun wanita akan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat tersebut. Karena dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri akan berkurang. Bahkan tak sedikit pula yang mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan demi mendapatkan wajah yang bersih.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, tentunya tidaklah sulit. Tetapi yang menjadikannya sulit adalah mencari bagaimana cara menghilangkan jerawat yang tidak akan meninggalkan bekas di wajah. Karena jika bekasnya tersisa di wajah, maka wajah akan terlihat kotor.

Penyebab Bekas Jerawat

Bekas jerawat sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, ada yang meninggalakan bekas kemerahan dan kecoklatan serta ada juga yang dapat membuat kulit menghitam. Bahkan bagi beberapa oran terkadang jerawat dapat menghilangkan lapisan sel kulit, sehingga membuat wajah bopeng atau berlubang.

Penyebab dari timbulnya bekas jerawat juga bermacam-macam, yang paling sering adalah karena kita sering memencet jerawat dengan tangan kotor, sehingga bakteri dapat masuk dengan mudah ke dalamnya. Selain itu, paparan sinar UV dari matahari juga dapat membuat bekas jerawat menjadi hitam.

Faktor Penyebab Bekas Jerawat Membandel

Memencet Jerawat

Kebiasaan memencet jerawat tidak akan menuntaskan masalah jerwat, justru malah jerawat akan meninggalkan bekas yang lama-lama menjadi menghitam dan yang lebih parahnya lagi bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulitmu.

Kebiasaan yang satu ini adalah hal yang paling sering terjadi, tapi paling tidak jera dirasakan. Padahal sudah banyak dokter dan dermatologist yang melarang kebiasaan ini untuk dilakukan sendiri.

Baca juga  Rekomendasi Alat Pembersih Wajah Terbaik!

Stres

Stres memang dapat menyebabkan timbulnya jerawat di kulit wajah, selain itu stres juga dapat menghambat proses penyembuhan bekas jerawat. Semakin kamu stress, maka semakin lama juga bekas jerawat di wajah memudar.

Kurang Tidur

Secara sekilas mungkin tidak ada hubungannya antara kurang tidur dengan bekas jerawat. Namun, perlu diketahui bahwa tidur yang cukup akan membantu sel-sel tubuh memperbaiki kerusakan-kerusakan pada bagian tubuh, termasuk jerawat di kulit wajah. Kurang tidur dapat menghambat proses regenerasi kulit untuk menghilangkan bekas jerawat.

Terlalu Sering Membersihkan Pori-pori

Jika ingin melakukan scrubbing untuk membersihkan pori-pori pada kulit wajah, hal tersebut sah-sah saja. Tetapi jika kamu melakukannya terlalu sering, maka jerawat yang ada dikulit akan mengalami luka ataui inflamasi. Alhasil, jerawat yang luka tersebut akan meninggalkan bekas di kulit waja.

Selain beberapa penyebab diatas, kelalaian dengan tidak memakai tabir surya saat melakukan aktivas di luar ruangan pada siang hari juga dapat membuat bekas jerawat semakin susah hilang. Biasakan diri untuk melindungi kulit wajah dengan tabir surya jika ingin berada di luar ruangan saat siang hari.

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Nah berikut ini adalah cara mengatasi bekas noda jerawat dengan berbagai cara yang bisa kamu coba.

Sebenarnya, bopeng bekas jerawat jika sudah lama maka harus segera dikonsultasikan ke dokter. Karena kabar buruknya, bopeng tersebut tak hanya kehilangan sel-sel kulit dipermukaan saja, tetapi lebih dalam lagi.

Cara apapun bahkan hampir mustahil untuk dilakukan, kecuali kamu mengkonsultasikannya pada dokter yang akan memberikan treatment khusus. Tetapi, jika kamu baru mendapatkan bopeng karena memencet jerawat, kamu masih memiliki kesempatan untuk mengatasinya. Jadi, jangan sia-siakan sebelum luka bekas jerawatmu menjadi bopeng lebih dalam.

Baca juga  Manfaat Bayam Untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba seperti menghilangkan bopeng bekas jerawat atau bopeng yang harus kamu lakukan sesegera mungkin.

Tenangkan Kulit dengan Soothing dan Cooling Agents

Jika kamu menyesal karena telah memencet jerawat, dan tidak akan mengulanginya lagi. Maka kamu bisa mencoba mencari produk skincare yang memiliki sooting dan cooling agents. Contohnya adalah produk yang diformulasikan dengan alantonin atau bisabolol. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk yang memiliki kandungan aloe vera atau mentimun.

Gunakan masker atau lotion yang dapat memberikan efek sooting dan cooling ini agar segera dapat menghentikan inflamasi dan meredakan kemerahan dari bekas jerawat yang masih meradang.

Gunakan Produk Penghilang Bekas Jerawat

Setelah peradanganmu mereda, maka kamu dapat mengoleskan produk-produk penghilang bekas jerawat. Saat ini, produk penghilang bekas jerawat juga sudah tidak sulit untuk ditemukan. Kamu bisa memakai krim khusus hingga masker yang dapat menghilangkan jerawat.

Produk ini akan membantu meregenerasi kulit dan mencegah terjadinya post inflammatory hyperpigmentation alias noda hitam bekas jerawat. Gunakanlah secara rutin sebagai sebagian dari skin care hingga bekas jerawat memudar. Jika kamu menggunakannya secara rutin dan konsisten, percayalah bekas jerawat akan segera hilang.

Gunakan Suncreen

Ketika kamu baru saja mendapatkan bopeng bekas jerawat, maka jangan pernah berfikir bahwa kamu tinggal membiarkan bopeng tersebut mengering tanpa perlindungan apapun. Paparan sinar matahari hanya akan membuat sel-sel kulit memproduksi melanin yang berlebih. Hal inilah yang mengantarkan pada noda hitam bekas jerawat.

Maka dari itu, suncreen sangat penting untuk digunakan dalam kondisi apapun, tanpa terkecuali. Carilah sunscreen dengan klaim oil free dan non comedogenic. Selain itu, kamu juga bosa mencari ingrediens suncreen yang juga akan membantu meredakan bekas jerawat.

Baca juga  Inilah Cara Smoothing Sendiri di Rumah dengan Mudah

Chemical Exfoliation

Menghilangkan sel-sel kulit mati tentunya sangat penting dalam menyembuhkan bekas luka jerawat. Disamping menghilangkan sel-sel kulit mati yang tidak diperlukan lagi, eksfoliasi akan mendorong meregenerasi sel-sel kulit baru, sehingga bekas luka bopeng akan memudar dan digantikan dengan kulit baru yang lebih sehat dan halus.

Tetapi, eksfoliasi untuk menghilangkan luka bekas jerawat sebaiknya dilakukan setelah peradangan mereda. Pilihan physical exfoliation juga bukan pilihan yang tepat untuk masalah ini. Physical exfoliation hanya akan mengantarkan pada luka yang teriritasi karena butiran scrub yang secara fisik akan bergesekan dengan sel-sel kulit bopengmu yang masih rentan. Maka dari itu, pilihlah jenis chemica exfoliation.

Di Indonesia sendiri, produk seperti chemical exfoliation kebanyakan dikemas dalam bentuk toner. Maka pilihlah toner dengan kandungan AHA seperti asam salisilat, asam glikolat atau asam laktat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit dan membantu meregenerasi sel-sel kulit baru. Dan jangan lupa setelahnya untuk menghidrasi kulit dengan pelembab, karena kebanyak chemical exfoliation akan membuat kulit menjadi terasa kering.

Nah itulah tips menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Selalu atasi jerawat dengan tepat agat tidak membekas di kulitmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here