Terakurat – Tips Menghilangkan Jerawat Pasir – Jerawat pasir merupakan jerawat yang memiliki ukuran sangat kecil, tetapi dalam jumlah banyak. Ciri-ciri dari jerawat pasir ini sangat mudah dikenali dan biasanya tubuh di area dahi, pipi, maupun punggung. Tentu saja, adanya jerawat pasir ini dapat mengganggu penampilanmu, karena membuat tekstur kulit terasa kasar akibat keberadaan jerawat ini.

Hindari memencet jerawat karena hal tersebut akan memperparah kondisi jerawat serta bekasnya akan sulit untuk dihilangkan. Bekas jerawat pasir ini akan sangat mengganggu penampilan, terutama jika bekasnya terdapat di wajah.

Tips Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Aman dan Efektif

Untuk cara menghilangkan jerawat pasir, kamu tidak perlu repot-repot melakukan perawatan di klinik kecantikan atau membeli obat mahal. Kamu juga bisa mencoba menghilangkan jeawat pasir dengan mudah, aman dan efektif dengan cara mengikuti tips menghilangkan jerawat pasir berikut ini.

Mencuci Wajah

Tips menghilangkan jerawat pasir pertama dalam menangani hampir semua permasalahan kulit wajah, kita tentunya harus memastikan terlebih dahulu wajah dalam keadaan bersih. Cara memastikannya tentu saja dengan mencuci wajah dengan tepat. Gunakan gentle cleanser dan cucilah wajah sebanya dua kali sehari. Hindari menggosok wajah terlalu keras, pijat perlahan wajah serta perlakukan wajah secara lembut.

Lalu bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajah agar sisa air dapat meyerap dengan baik dan cepat kering. Selain itu, tidak disarankan menggunakan facial scrub, jika terdapat jerawat pasir. Hal ini dikarenakan scrub dapat memperparah keadaan jerawat bahkan dapat menjadi penyebab dari iritasi. Langkah tersebut akan menghambat penyembuhan jerawat pasir.

Rutin Keramas

Jika kamu sudah membersihkan wajah dengan baik dan benar, namun jerawat pasir tak kunjung juga hilang terutama pada dahi. Mungkin kamu tidak menyadari bahwa minyak yang terdapat pada rambut juga menjadi penyebab sekaligus menjadi alasan mengapa jerawat tak kunjung hilang.

Baca juga  8 Fungsi Ginjal Untuk Tubuhmu Yang Harus Kamu Tahu

Maka dari itu, pastikanlah rambutmu bersih dan terbebas dari minyak berlebih dengan cara keramas dua kali seminggu. Jika kamu memiliki rambut dan kulit kepala yang cenderung berminyak, maka kamu bisa menambah frekuensi keramas menjadi tiga kali dalam seminggu dan gunakan juga shampo khusus yang diformulasikan untuk rambut berminyak.

Jangan Menyentuh Wajah

Sama halnya seperti jerawat pada umumnya, hal yang paling penting dan harus dilakukan ketika terdapat jerawat pasir adalah tidak membuat tangamu menyentuh atau memainkan jerawat tersebut. Pasalnya, ketika tangan kotor bakteri yang terdapat pada tangan dapat meyebabkan pori-pori semakin tersumbat.

Dilansir dari halaman STAT, kebiasaan menyentuh wajah juga dapat mempermudah penyebaran bakteri penyebab jerawat. Maka dari itu, jangann sentuh wajahmu ketika berjerawat. Dan pastikan kamu telah mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah.

Tentunya peraturan lain dalam menangani jerawat adalah dengan tidak memencetnya. Kebiasaan ini juga cukup berbahaya jika dilakukan pada jerawat pasir karena dapat menimbulkan bekas-bekas jerawat kecil yang dapat berubah menjadi noda hitam.

Hindari Minyak Rambut

Penggunaan minyak rambut atau pomade untuk styling rambut perlu di minimalisir mengingat produk tersebut dapat menyebabkan jerawat pasir semakin parah. Jika kamu sangat memerlukan menggunakan produk tersebut untuk menata rambut, maka bersihkan bagian yang berjerawat menggunakan handuk setengah basah. Untuk mengangkat sisa minyak produk styling yang digunakan.

Singkirkan Poni

Jika potongan rambutmu berponi, kemungkinan kamu sudah mengetahui darimana asal jerawat pasir di dahimu berasal. Potongan rambut berponi, dapat menyebabkan jerawat pasir. Sehubungan dengan poni yang dapat membuat dahi menjadi lebih lembab, ditambah lagi dengan minyak yang disumbahkan oleh rambut dapat menjadi asal muasal pertumbuhan bakteri pada dahi.

Baca juga  Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih.

Sebenarnya, tak ada yang salah dengan styling rambut berponi, hanya saja kamu perlu memperhatikan kebersihan poni tersebut. Pastikan poni rambutmu selalu bersih dan terbebas dari minyak berlebih dan keringat. Kamu juga dapat menyingkirkan poni sementara dengan cara menjepitnya untuk mengurangi infeksi pada jerawat pasir. Atau jika kamu ingin benar-benar fokus menghilangkan jerawat pasir, kamu dapat memotong poni pada rambutmu.

Berhenti Menggunakan Ikat Kepala

Penggunaan ikat kepala juga perlu dibatasi jika kamu sedang menderita jerawat pasir. Pasalnya, selain dapat memungkinkan penumpukan bakteri, minyak dan keringat. Ikat kepala juga dapat menekan jerawat-jerawat kecil tersebut, sehingga dapat menyebabkan peradangan yang lebih berbahaya. Sebisa mungkin, hindari penggunaan ikat kepala jika kamu sedang tidak beruntuk menderita jerawat pasir pada dahi. Dan penggunaan item fashion lain juga perlu dibatasi saat kamu menderita jerawat pasir.

Menggunakan Produk Khusus

Tak perlu bingung dalam memilih produk khusus untuk menyembuhkan jerawat pasir. Pasalnya, saat ini sudah banyak produk dengan klaim non-comedogenic yang cukup mutakhir dalam menghilangkan jerawat pasir. Kamu juga boleh saja menggunakan produk acne treatment yang mengandung asam salisit atau benzoil peroksida untuk membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak.

Tetapi hindari juga produk-produk yang dapat mengiritasi kulit seperti produk-produk yang mengandung alkohol. Jika jerawt dalam keadaan meradang, maka gunakan produk-produk yang memiliki sooting dan calming agents untuk meredakan peradangan.

Asupan Air yang Cukup

Asupan air dapat membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga kelenjar sebaceous tidak perlu memproduksi minyak terlalu banyak untuk menyeimbangkannya. Inilah alasannya mengapa meminum air yang cukup dapat berguna dalam menyembuhkan permasalahan jerawat, termasuk jerawat pasir. Selain meminum air dengan cukup, kamu juga dapat menggunakan produk-produk yang dapat memberikan hidrasi seperti moisturizer dan toner.

Baca juga  Pencegahan Preeklampsia Calon Ibu Wajib Tahu Ini!

Konsultasi

Jika kamu sudah mencoba langkah-langkah tersebut namun tetap tidak membuat perubahan yang signifikan, maka kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter kulit. Meskipun sebenarnya jenis jerawat ini cenderung dapat ditangani sendiri dibandingkan dengan jenis jerawt lain. Tetapi, dengan berkonsultasi pada dokter kulit mungkin kamu tidak akan mendapatkan perubahan yang lebih cepat dibandingkan dengan treatment sendiri.

Redakan Stress

Tak dapat dipungkiri lagi jika jerawat pasir dapat timbul akibat pengaruh hormonal tubuh. Stres serta asupan nutrisi bisa menjadi pelakunya, maka dari itu segeralah redakan stres yang kamu derita dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiranmu kembali.

Perhatikan pula asupan nutrisi harianmu dan dalam keadaan berjerawat, sebaiknya hindari konsumsi makanan pemicu minyak seperti makanan berminyak ataupun makanan pedas. Penyebab jerawat pasir ada bermacam-macam, mulai dari penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulitmu, proses pembersihan wajah yang kurang bersih hingga kegemaran mengonsumsi makanan tertentu dapat menimbulkan jerawat.

Memiliki wajah yang mulus dan bersih adalah idaman setiap orang, tak peduli wanita maupun pria semua orang tentunya ingin memiliki wajah yang halus dan terbebas dari jerawat. Solusi agar memiliki wajah yang bersih dan terbebas dari jerawat adalah dengan memperhatikan perawatan wajah, rajin berolah raga, dan mengonsimsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here