Terakurat – Tips Memutihkan Kulit Wajah – Memiliki kulit putih dan bersih berseri merupakan idaman kaum wanita. Meski begitu, tak sedikit pula pria yang mengidamkan wajah yang terlihat putih juga. Berbagai cara memutihkan wajah pria dan wanita dilakukan agar membuat penampilan semakin menarik. Mulai dari cara yang umum digunakan, hingga menggunakan bahan-bahan alami.

Alasan lain banyak masyarakat Indonesia yang mengidam-idamkan memiliki kulit putih bersih berseri adalah karena kulit putih selalu diasosiasikan dengan wanita cantik atau pria tampan. Selain itu, memiliki kulit putih juga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Nah, jika kamu juga ingin memiliki kulit wajah yang putih merona, maka berikut ini beberapa tips memutihkan kulit wajah untuk pria dan wanita yang bisa kamu coba.

Tips Sederhana Memutihkan Wajah

Tentunya pasti ada cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang lebih cerah. Cara sederhana pada umumnya dapat dilakukan sendiri dirumah dan tidak perlu menghabiskan biaya yang terlalu besar. Nah, berikut ini cara sederhana yang bisa kamu coba untuk memutihkan kulit wajah.

Membersihkan Wajah Secara Teratur

Tips Memutihkan Kulit Wajah

Salah satu penyebab dari kulit wajah yang terlihat gelap dan kusam adalah dikarenakan kebiasaan membersihkan wajah tidak secara teratur dan tepat. Kotoran serta sel kulit mati yang menempel akan membuat kulit wajah terlihat kusam.

Maka, pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara teratur dan gunakan cleanser maupun facewash yang bersifat dapat mencerahkan wajah agar kamu bisa segera memiliki kulit wajah yang putih merona. Saat ini sudah banyak sekali produk facewash yang di formulasikan khusus untuk kebutuhan kulit pria, jadi para pria sudah tidak perlu lagi bingung dalam memilih facewash.

Menggunakan Pelembab Wajah

Tips Memutihkan Kulit Wajah

Menggunakan pelembab merupakan salah satu rangkaian perawatan yang sangat penting dan wajib masuk dalam daftar skincare baik itu pria maupun wanita. Selain dapat melembabkan dan menjaga elastisitas kulit, beberapa jenis pelembab juga sudah diformulasikan dengan bahan-bahan pencerah.

Baca juga  Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Kering

Jika kamu merasa keberatan untuk menggunakan peroduk pencerah wajah terpisah, maka kamu bisa memilih pelembab dengan brightening yang sangat cocok untuk kamu gunakan. Tak sedikit pula pelembab yang diformulasikan dengan UV Filter yang berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit semakin gelap.

Selain itu, pilihlah pelembab dengan formulasi bebas minyak, sementara untuk pemilik kulit berjerawat maka bisa menggunakan pelembab dengan klaim non-comedogenic.

Menggunakan Produk Pencerah Wajah

Tips Memutihkan Kulit Wajah

Tips paling sederhana yang bisa dilakukan dalam memutihkan kulit wajah adalah dengan menggunakan produk-produk pencerah atau pemutih wajah, mulai dari facewash, pelembab, masker hingga serum. Pilihlah produk yang sudah terdaftar di BPOM atau badan kesehatan resmi untuk memastikan bahwa produk tersebut aman untuk digunakan.

Mulai dari sekarang, maka pilihlah produk perawatan kulit wajah yang terdapat tulisan ‘whitening’ atau ‘brightening’. Produk-produk ini akan membantumu dalam berusaha memiliki kulit wajah yang lebih putih, meskipun tidak ada yang bisa memastikan berapa lama pemakaiannya untuk memiliki kulit wajah yang lebih putih.

Eksfoliasi

Tahukah kamu, sebenarnya jika hanya mencuci wajah saja ternyata tidak benar-benar mengangkat semua kotoran di wajah. Masih terdapat sel-sel kulit mati yang tertinggal dan menyebabkan kulit wajah menjadi kurang cerah. Lakukanlah eksfoliasi secara teratur agar mendapatkan kulit wajah yang terlihat lebih cerah seiring berjalannya waktu.

Jika kamu bingung, maka kamu bisa memilih facewash yang mengandung butiran scrub. Pembersih wajah yang satu ini bahkan dibuat khusus untuk pria. Pembersih wajah memadukan fungsi ganda yaitu membersihkan dan mengeksfoliasi kulit dalam satu produk. Namun sebaiknya gunakan selalu pelembab jika kamu memilih jenis pembersih wajah yang satu ini untuk menghindari kulit yang terlalu kering dan rapat.

Baca juga  Rekomendasi Tinted Moisturizer Lokal yang Wajib ada di Make Up Pouch Kamu!

Pakai Sunscreen

Sunscreen memang tidak bisa membuat kulit wajah menjadi putih. Namun setidaknya mampu menjaga kulit wajah agar tidak semakin gelap. Mungkin kebanyakan pria masih merasa tabut dengan pemakaian sunscreen ini, padahal sunscreen sendiri sudah bukan dikategorikan sebagai skin care wanita. Tetapi, sebagai produk yang wajib digunakan individu utamanya ketika beraktivitas di luar ruangan.

Maka sunscreen dinilai penting bagi para pria karena mereka cenderung memiliki aktivitas diluar ruangan yang sering dibandingkan wanita. Karena hal itulah, maka gunakanlah sunscreen ketika kamu akan beraktivitas di luar ruangan. Aplikasikan juga sunscreen 3-4 jam sekali untuk proteksi maksimal. Selain dapat mencegah dari penggelapan, menggunakan suncreen juga akan mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Maskeran

Menggunakan masker tentunya sangat berguna dalam menenangkan wajah dan memperbaiki permasalahan pada kulit. tentu saja, untuk masalah kulit gelap, sudah banyak produk masker yang dipadukan dengan fungsi seperti brightening atau lightening, bahkan whitening. Dengan menggunakan masker secara konsisten maka kamu akan semakin merasakan perubahan dari kulitmu yang akan semakin cerah dengan tambahan kenyal, halus dan lembut.

Konsultasikan pada Ahlinya

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau dermatologist jika kulimu tak kunjung cerah atau menunjukan hasil negatif. Kamu juga bisa melakukan perawatan medis untuk hasil yang lebih memuaskan dan tentunya efektif.

Bahkan, sebaiknya kamu juga mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan beberapa bahan-bahan alami.

Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Pria

Hati-Hati dalam Bercukur

Mencukur merupakan salah satu kegiatan yang perlu diperhatikan oleh para pria. Saat ini sudah banyak alat pencukur yang menggunakan lebih dari satu mata pisau. Alat cukur seperti ini memanglah sangat baik dalam memangkas rambut kumis dan jenggot.

Baca juga  Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Tetapi, berhati-hatilah dalam menggunakan alat cukur tersebut. Jangan sampai mencukur terlalu dekat dengankulit sehingga menyebabkan luka. Pasalnya, luka bekas cukur ini jika dibiarkan lama dan tanpa penanganan yang tepat dapat menyebabkan timbulnya noda hitam.

Karena itulah, maka selalu oleskan shaving cream yang mengandung pelembab setiap kali kamu akan mencukur kumis atau jenggot. Krim dengan pelembab ini akan menghindari luka yang tidak diinginkan. Cukur juga rambut-rambut tersebut dari arah pertumbuhannya, kemudian bilas area yang dicukur tiap satu sapuan pisau cukur. Terakhir, ganti pisau cukur setelah 5-7 kali pemakaian demi meminimalkan iritasi.

Jangan Gunakan Sabun Mandi untuk Wajah

Formulasi sabun mandi dengan sabun wajah tentunya sangatlah berbeda, pasalnya sabun mandi memiliki kandungan bahan yang lebih keras. Bahan-bahan ini telah disesuaikan dengan karakteristik kulit.

Jika dilihat dari karakteristiknya, kulit tubuh dan kulit wajah jelas berbeda. Hal tersebutlah yang membuat produsen memformulasikan keduanya berbeda. Jadi jika kamu para pria masih menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, maka sebaiknya berhenti dan segera menggantinya dengan produk pencuci wajah yang dikhususkan untuk kulit wajah.

Itulah beberapa tips memutihkan kulit wajah pria dan wanita yang bisa kamu coba. Cukup mudah bukan? Dan hal yang paling penting adalah kamu harus rajin melakukannya agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here