Terakurat.com – Tips Menurunkan Gula Darah – Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan merupakan salah satu keadaan dimana tubuh tidak dapat membawa gula dari darah ke dalam sel secara efektif. Biasanya hal seperti ini merupakan tanda-tanda penyakit diabetes, namun ada banyak penyebab lainnya seperti halnya kadar kolestrol yang tinggi, umur di atas 45 serta jarang olahraga.

Tips Menurunkan Gula Darah Secara Alami dan Efektif

Selama bulan Ramadhan, ada kemungkinan besar gula darah menjadi melonjak naik. Hal seperto ini waajar saja karena pada saat menjalani puasa panjang, banyak orang langsung melahap berbagai makanan yang telah disediakan selama berbuka. Namun, makanan di bulan ramadhan ini biasanya tinggi lemak jenuh dan gula yang dapat memicu hiperglikemia.

Hal seperti ini bukan berarti kamu tidak bisa menikmati Ramadhan. Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kenaikan gula darah secara berlebihan.

Tetap konsisten Olahraga

Kelebihan berat badan merupakan salah satu pemicu gula darah tinggi. Dengan berolah raga secara rutin maka kamu bisa menurunkan berat badan serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Saat berolah raga, otot kita juga akan menggunakan gula darah sebagai sumber energi. Hasilnya gula darah akan turun secara alami.

Nah, buat kamu yang sedang menjalani ibadah puasa sebaiknya menghindari dari olahraga yang berat untuk mencegah dehidrasi. Pilihlah beberapa aktivitas ringan seperti jalan santai untuk menurunkan gula darah.

Hindari Stress

 Di jaman seperti ini tak jarang menemukan orang yang sedang stess apapun penyebabnya. Stress merupakan salah satu pemicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah gula darah tinggi.

Meditasi adalah salah satu cara untuk menurunkan gula darah dengan menghilangkan stress. Sisihkan waktu terlebih dahulu untuk mengosongkan pikiran dari segala beban, belajar bernafas yang benar dan tubuhmu akan terasa lebih lega dan segar. Pastinya ada banyak cara lain untuk menghilangkan stress. Tapi tidak ada salahnya apabila mencoba meditasi di waktu luang saat puasa.

Baca juga  Tips & Tricks Menjalani Kehidupan?

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Makanan yang berserat tinggi mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Hal ini mencegah gula darah melonjak naik dengan cepat.

Selai mampu menstabilkan gula darah, makanan tinggi seratnya juga mampu menahan hawa nafsu makan. Makanan berserat sangat cocok dikonsumsi saat sahur untuk mengontrol rasa lapar sepanjang hari berpuasa.

Beberapa makanan tinggi serat yang dapat kamu pilih seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum serta kacang-kacangan.

Namun kamu harus tetap berhati-hati karena ada banyak produk tinggi serat yang disertai dengan gula. Untuk menurunkan gula darah tentunya kamu harus menghindari dari gula.

Meminum banyak air

Tahukah kamu salah satu cara alami untuk menurunkan gula darah adalah melalui buang air kecil.

Gula yang berlebihan akan dibuang melalui urin agar kadar gula darah tetap stabil. Jika tubuh kekurangan cairan, bola akan cenderung lebih sulit dikeluarkan dan menetap di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan gula darah yang tinggi. Maka dari itu jangan lupa minum air yang banyak pada saat sahur dan berbuka puasa minimal 2 liter per hari. Terutama dengan cuaca panas di Indonesia maka tubuh kita lebih rentan terhadap dehidrasi. Sebaiknya jauhkan diri dari meminum minuman manis serta kafein di bulan puasa ini.

Mengkonsumsi elektrolit dan suplemen magnesium

Jika kita sering buang air kecil karena gula darah tinggi Maka tubuh kita akan kehilangan cairan dan elektrolit. Elektrolit seperti magnesium, Potassium, dan fosfat sangat diperlukan agar tubuh tetap hidrasi dan organ berfungsi dengan baik.

Untuk mengembalikan elektrolit, kamu minum sports paling rendah gula seperti Pocari Sweat atau susu rendah lemak.

Menurut sebuah studi magnesium memiliki peran penting dalam mengurangi gula darah. Biasanya penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi magnesium sebanyak 250 hingga 300 mg.

Baca juga  Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berkebun!

Magnesium bisa kamu dapatkan melalui makanan antara lain pisang, ubi dan kacang-kacangan atau juga bisa diperoleh dari suplemen magnesium yang lebih praktis.

Perhatikan jumlah asupan porsi

Porsi makanan merupakan faktor yang sangat penting untuk menurunkan gula darah. Mengontrol porsi terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga lonjakan gula darah. Kebiasaan melahap makanan yang lezat dalam porsi yang besar memanglah sulit diubah. Terutama setelah ibadah puasa, rasa lapar memicu orang untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Beberapa cara mudah seperti belajar menghitung kalori, menggunakan ukuran piring yang lebih kecil dan makanan lambat mampu membantu menguasai diri.

Tidur cukup

Tidur merupakan salah satu cara menurunkan gula darah paling sederhana dan mudah. Karena pada saat kita tertidur di malam hari asam lemak yang berada di dalam tubuh secara alami akan menurun.

Tak hanya itu saja kamu lebih mudah stress dan cepat lapar apabila kamu kekurangan tidur. Pada saat tidur kamu juga harus tetap memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur. Serta sangat disarankan untuk tidur minimal 7 jam perhari. Tingkatkan kualitas tidur dengan cara seperti menghindari kafein beberapa jam sebelum tidur (cafein dan the), serta jangan terlalu lama tidur siang atau mengonsumsi suplemen melatonin.

Suplemen vitamin D

Menurut sebuah studi orang yang mengkonsumsi vitamin E secara rutin memiliki kadar gula darah puasa yang lebih stabil. Vitamin D ini bermanfaat Meningkatkan kerja sel pankreas dalam memproduksi insulin. Suplemen Vitamin D sangat direkomendasikan untuk diabetes tipe 2 namun sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu karena suplemen ini dapat mempengaruhi beberapa jenis obat.

Mengkonsumsi cuka apel

Cuka apel atau Apple Cider Vinegar terbukti mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, kulit, pencernaan, hingga gula darah.

Baca juga  Tips Membuat Masker Kain Tanpa Mesin Jahit Dengan Mudah!

Tambahkan cuka apel ke dalam sehari-harimu baik sebagai salad dressing atau bumbu masak.

2 sendok teh cuka apel dan sedikit bubuk kayu manis ke segelas air minum dan minum ramuan ini secara rutin agar terasa manfaatnya.

Itulah beberapa tips menurunkan gula darah saat puasa dengan cara yang mudah serta efektif. Selain itu jangan lupa juga untuk rutin memeriksa kadar gula darah dalam tubuh untuk menghindari komplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here