Terakurat – Tips Merawat Smartphone – Gadget seperti smartphone bukan lagi benda asing yang hanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun ada banyak sekali merk smartphone yang juga memiliki harga terjangkau yang bisa dimiliki siapa saja.

Sayangnya tidak banyak orang yang bisa menggunakan Android dengan baik, padahal merawat hp xiomi, vivo y91 dan samsung bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Akibatnya mudah rusak, seperti lambat, sering restart dan baterai tanam bocor. Secara umum cara merawat Android tidak jauh dari satu merek ke merek lainnya. Mau tau tips cara merawat hp agar awet agar awet?

Tips Cara Merawat HP Kamu Agar Awet dan Tahan Lama

Android merupakan sistem operasi yang dapat membantu, melakukan banyak hal dari sebuah smartphone. Seperti menggunakan berbagai media sosial, hingga menemukan berbagai macam hiburan hanya dalam genggaman. Agar Android tetap bisa digunakan secara maksimal dan tidak mudah rusak, berikut tips yang bisa Anda coba.

Tips Merawat Smartphone Agar Tahan Lama

Pemberian perlindungan di sini berarti aksesoris ponsel (pelindung layar). Proteksi sudah banyak dijual dan ditemukan dengan mudah serta harganya yang murah. Sediakan pelindung layar untuk melindungi layar dari goresan. Anda dapat memilih perlindungan mana yang Anda butuhkan. Selain itu juga memberikan anti crack. Proteksi ini memang sejenis casing yang melindungi hp dari benturan atau percikan air agar tidak langsung mengenai body hp.

Isi baterai atau isi daya dengan benar

Tips selanjutnya agar android ini bertahan lebih lama, yaitu dengan mengisi baterai atau mengisinya dengan benar. Pengisian harus dilakukan saat baterai smartphone sudah mencapai 10-15%. Lepaskan baterai atau pengisi daya setelah terisi penuh.

Baca juga  Jangan Kudet! Begini Caranya Aktifkan Dark Mode di Whatsapp Android

Jika cara pengisian ini memakan waktu terlalu lama, pada akhirnya akan mengakibatkan baterai cepat jatuh atau cepat rusak. Karena itu, selalu datang berapa persen daya baterai yang Anda miliki.

Jauhkan dari medan magnet

Mengapa android harus dijauhkan dari medan magnet? Hal ini disebabkan medan magnet, air dan logam lain yang dapat merusak speaker. Menghindari handphone anda dari beberapa benda tersebut juga berfungsi untuk membuat suara yang keluar dari handphone lebih mantap dan tidak mati.

Pastikan Anda menyimpan ponsel di tempat yang sejuk. Tidak terlalu panas atau dingin dan terhindar dari sinar matahari langsung. Temperatur atau temperatur HP mempengaruhi masa pakai baterai hp. Usahakan agar suhu Hp dalam kondisi stabil pada 25-30 derajat.

Instal aplikasi sesuai kebutuhan

Tak heran jika banyak aplikasi menarik yang ingin Anda instal di Android. Apalagi jika Android yang Anda miliki terbilang baru. Dengan ruang penyimpanan yang masih besar keinginan untuk menginstal berbagai aplikasi.

Mencoba banyak aplikasi itu menyenangkan. Tetapi jika tidak digunakan dengan benar, Anda harus menghapusnya agar tidak membuang ruang penyimpanan di Android. Dengan begitu, Android tidak akan lemot dan bisa digunakan secara maksimal. Jika masih bingung aplikasi mana yang paling berguna, kamu bisa install aplikasi terpopuler di sini.

Gunakan Satu Aplikasi

Tips membuat android awet yang satu ini tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Gunakan aplikasi seperlunya saat Anda membuka smartphone. Pasalnya, multitasking ternyata memberatkan smartphone untuk bekerja. Kapasitas RAM dan ROM masing-masing ponsel tentunya berbeda-beda.

Harus juga disadari bahwa menggunakan terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan akan sangat memberatkan. Oleh karena itu, tertulis bagaimana cara menggunakan handphone dengan benar dan membuat handphone awet. Baik itu dalam hal daya baterai atau dalam hal pulsa data Anda.

Baca juga  Kegiatan Seru Selama Ngabuburit Bulan Suci Ramadan

Memberikan kata sandi pada ponsel mungkin lebih merupakan sistem keamanan. Karena jika hp digunakan oleh banyak orang tentunya tidak akan ada privasi lagi disana. Anda dapat memberikan berbagai macam kata sandi baik dengan menggunakan angka maupun pola. Kata sandi ini akan melindungi data dan file yang ada di ponsel. Selain keamanan, password juga berfungsi untuk membatasi penggunaan berlebihan orang lain dalam menggunakan ponsel Anda tanpa seizin Anda.

Atur Fitur Pembaruan Otomatis

Mengaktifkan fitur pembaruan otomatis akan membuat kinerja ponsel lebih baik. diatur untuk melakukan pembaruan otomatis, saat ponsel android Anda terhubung ke WiFi. Karena jika tidak, Anda bisa melakukan update menggunakan data pribadi dan tentunya akan menguras kuota Anda. Pembaruan otomatis ini diperlukan untuk memperbarui berbagai aplikasi di ponsel.

Beberapa Tips Merawat Smartphone lebih awet, semoga membantu kamu dalam menggunakan ponsel dengan lebih bijak

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here