Dewasa ini internet bisa dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder manusia. Sinyal Wi-Fi yang lemah atau tidak stabil seringkali menghambat aktivitas atau produktivitas kerja Anda.

Jaringan internet yang tidak stabil bisa disebabkan oleh struktur bangunan, provider internet, dan faktor cuaca.

Anda bisa menambahkan penguat sinyal Wi-Fi atau Wi-Fi repeater agar aktivitas tidak terhambat.

Penguat sinyal juga mampu memperkuat jaringan Wi-Fi lebih luas yang sebelumnya tidak terjangkau oleh router. Ada beragam penguat sinyal yang bisa jadi pilihan.

1. TP-LINK TL-WA860RE WiFi Range Extender.

glodokelektronik.id

Alat penguat sinyal WiFi dengan dua buah antena ini merupakan produksi dari produsen perangkat jaringan raksasa TP-Link .

Fitur unggulannya adalah jarak extender yang lebih jauh dibanding WiFi Extender sekelasnya dan fitur AC Pass-trough yang sangat bermanfaat, karena setelah mencolokan TP-LINK TL-W4860RE ini sumber listrik dirumah kalian tetap bisa dipergunakan.

Harga : Rp . 420,000,-

2. TP-LINK TL-WA750RE Universal Range Extender.

tp-link.com

WiFi Extender dengan kapasitas 150Mbps ini menjadi salah satu alat penguat sinyal WiFi paling laris di Indonesia, karena selain desain nya bagus dan mereknya terkenal, TP-Link TL-Wa750RE juga memiliki performa dan harga yang memuaskan.

Harga : Rp . 271,000,-

3. Huawei WS322 3in1.

amazon.co.uk

Bisa berfungsi sebagai router. Huawei extender cocok digunakan untuk perangkat router merek apapun. Dapat memperluas jangkauan router baik Wi-Fi ataupun Mi-Fi.

Bisa digunakan di rumah atau di kantor dan meratakan sinyal ke seluruh ruangan. Pengoperasiannya pun cukup mudah hanya dengan tombol on/off saja perangkat dapat mencari dan memperkuat sinyal secara otomatis.

Terdapat dua antena di dalam perangkat untuk menunjang kecepatan internet sampai dengan 300 Mbps dengan frekuensi 2,4 GHz.

Bentuknya kecil dengan desain yang elegan. Perangkat ini bisa digunakan menggunakan kabel untuk terkoneksi dengan gawai dan nirkabel.

Baca juga  Pendidikan Politik Partai Golkar, "Golput Merugikan"

Selain berfungsi sebagai penguat sinyal, perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai router dan client.

Harga : Rp 338.000,-

4. Xiaomi Wi-Fi Range Extender Repeater Amplifier.

jakartanotebook.com

Cocok untuk rumah atau kantor dengan banyak ruangan. Penguat sinyal yang satu ini dapat diletakkan di area yang tidak terjangkau sinyal atau di area yang sinyalnya lemah.

Anda tidak perlu memasang router atau mesin induk baru agar dapat menjangkau sinyal Wi-Fi lebih luas lagi.

Namun, penguat sinyal ini perlu penyetalan ketika dipasang. Anda perlu mengunduh App Mi Home dan melakukan setelan agar sinkron dengan router induk.

Penguat sinyal Wi-Fi wireless ini bisa digunakan untuk usaha kecil, kantor yang membutuhkan jaringan luas, dan rumah tinggal.

Ruangan yang besar atau bersekat-sekat biasanya membutuhkan jaringan Wi-Fi dengan beberapa akses point. Jika menggunakan kabel akan kerepotan memasang dan membutuhkan biaya ekstra untuk membeli kabel.

Dengan alat ini tidak memerlukan router baru, sehingga lebih praktis.

Harga : Rp 413.250,-

5. Wavlink AC1200 Router Nirkabel Wi-Fi.

banggood.com

Memaksimalkan sinyal meski out of range. Penguat sinyal merek ini mampu memaksimalkan jaringan Wi-Fi ke tempat-tempat yang tak terjangkau maupun tempat yang terjangkau namun sinyalnya sangat lemah.

Penguat Wi-Fi ini cocok digunakan untuk tempat-tempat yang luas, seperti ruang terbuka hijau atau fasilitas umum yang menyediakan Wi-Fi.

Anda yang membuka usaha kafe dengan nuansa outdoor bisa juga memilih penguat sinyal merek ini.

Penggunannya pun cukup mudah karena secara otomatis akan tersambung dengan router induk. Anda hanya perlu menekan tombol on/off saja untuk mengoperasikannya.

Terdapat lampu indikator yang dapat memberitahukan jika sinyal lemah atau Wi-Fi mati karena masalah operasional.

Baca juga  Mesin Jahit Terbaik Tahun 2019.

Tidak perlu khawatir jika perangkat Anda tidak terdapat fasilitas Wi-Fi. Ada LAN port yang bisa digunakan ke komputer atau ke televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here