Terakurat.com – Angkernya jalur gumitir – Tahukah kamu, jalur darat untuk menuju banyuwangi cukup terkenal karena keangkerannya. Jika menuju Banyuwangi melewati Kabupaten Jember, maka kamu harus melewati jalur gunung Gumitir.

Nama Banyuwangi akhir-akhir ini menjadi cukup terkenal karena potensi wisatanya. Jauh sebelumnya, nama kabupaten paling timur ini terkenal akan kemistisannya. Namun, tahukah kamu jalur darat menuju Banyuwangi terkenal karena keangkerannya.

Jika kamu akan mengunjungi Banyuwangi melewati Kabupaten Jember, maka kamu harus melewati jalur Gunung Gumitir. Keangkeran jalur lintas selatan ini sudah terkenal diantara para pengendara yang sering melewati Gunung Gumitir. Banyak cerita mistis yang dialami oleh mereka.

Mulai dari penunggu jalur tersebut, hingga tentang mistisnya patung penari Gandrung yang menjadi penanda bahwa telah memasuki wilayah Banyuwangi. Jalur Tersebut memang letaknya berada pada gugusan pegunungan dengan hutan, tebing dan juga jurang di sisi kanan dan kiri yang berkelok tajam. Tak sedikit pengendara yang mengaku mengalami kejadian aneh saat melintasi jalur tersebut.

Angkernya Jalur Gumitir

Cerita yang paling sering beredar adalah tentang penunggu yang berwujud ular naga emas yang berada di sekitar wisma Gumitir. Konon katanya ular tersebut menunggu kawasan wilayah di bawah Gunung Raung, termasuk gumitir.

Selain itu, kisah tentang watu Gudang yang merupakan lokasi tertinggi di jalur tersebut juga kerap kali dibicarakan. Sebab, tempat yang sering di pakai istirahat tersebut dulunya merupakan tempat pembuangan kepala pada masa penjajahan dulu.

Patung penaru gandrung yang menjadi ikon wilayah Banyuwangi tersebut ternyata dulunya menyimpan cerita mistis. Konon katanya patung penari gandrung tersebut dapat bergerak pada waktu-waktu tertentu.

Bahkan, percaya atau tidak beberapa orang yang sengaja berhenti untuk berfoto disana, pernah melihat perempuan berkebaya menjaga patung tersebut. Tak hanya itu saja, di jalur gumitir tersebut konon katanya ada pasar misterius. Hanya saja tak semua pengendara yang melintas dapat melihat keberadaan pasar tersebut.

Baca juga  Misteri Ahool, Makhluk Asal Indonesia yang Menjadi Perdebatan

Wilayah gunung gumitir dilindungi dan dikelola oleh Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Barat dan PT Perkebunan Nusantara XII (PTPTN XII) uit Kebun Gunung Gumitir.

Komoditas utama Perum Perhutani KPH banyuwangi barat disini adalah jati, pinus, kopi dan mahoni. Sementara komoditas utama PTPN di gunung gumitir adalah kopi robusta, pohon jarak dan berbagai kayu-kayuan industri.

Sekilas tentang cerita angkernya jalur gunung gumitir ini merupakan sebuah warna eksotis yang kerap kali muncul alami. Oleh sebab itu kita sebagai hamba yang bertuhan untuk senan tiasa mengedepankan sebuah akal pikiran untuk lebih dekat kepadanya.

Baca juga : Misteri Alas Roban yang Dapat Membuatmu Seketika Percaya Hantu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here