Apa Itu Cryptocurrency? Inilah Penjelasannya

Apa Itu Cryptocurrency

Apa Itu Cryptocurrency? Inilah Penjelasannya

Pernah dengar bitcoin? Apa itu bitcoin? Atau sudah tahukah Anda apa itu Cryptocurrency? Cryptocurrency adalah mata uang online yang mana setiap orang bisa melakukan transaksi melalui online.

Sebenarnya, mata uang digital ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, akhir-akhir ini, Cryptocurrency makin populer dan dikenal oleh masyarakat luas.

Salah satu jenis Crypyocurrency pertama yang terkenal ialah Bitcoin. Setelah itu, muncul beberapa jenis lainnya yang tak kalah populer seperti Dogecoin, Litecoin dan Etherum.

Cara Kerja Cryptocurrency

Apa Itu Cryptocurrency

Setelah Anda tahu apa itu Cryptocurrency, Anda juga perlu mengatahui cara kerjanya. Mata uang digital ini sengaja diciptakan dengan tujuan agar lebih memudahkan seseorang untuk bertransaksi.

Seseorang tidak perlu menggunakan jasa pihak ketiga ketika akan bertransaksi dengan orang lain. Selama ini, kita melakukan transaksi melalui jasa bank bukan?

Beda dengan Cryptocurrency, Anda bisa bertransaksi hanya melalui smartphone atau laptop dengan bantuan internet. Dalam waktu sekejap, Anda bisa mengirim atau menerima uang.

Anda bisa melakukan kapan saja karena tidak tergantung jam kerja seperti adanya jam offline jika menggunakan jasa transfer bank. Bahkan, uang akan langsung diterima oleh si penerima tanpa adanya penundaan, alias real time.

Dalam Cryptocurrency, dikenal istilah blockchain yang membuat transaksi atau dana Anda aman. Blockchain terdiri dari beberapa blok yang menyimpan data-data pengguna mata uang digital. Semua data terjaga keasliannya karena tidak bisa diedit atau dipalsukan.

Sederhananya, ketika Anda melakukan transaksi pengiriman uang, akan ada suatu jaringan-jaringan yang merekamnya.

Tiap jaringan akan mencatat sejarah tersebut, yang pada akhirnya harus ada konfirmasi dengan cara memberikan private key.

Baca juga  Fakta Yang Menarik Dari Sosok Sandiaga Uno

Setelah itu, akan ada suatu pengumuman ke semua jaringan untuk merekamnya. Kemudian, disimpan dalam sebuah tempat yang disebut “blocks”.

Jika transaksi dilakukan menggunakan jasa bank, maka histori transaksi tersebut hanya pihak bank yang bisa mengaksesnya.

Berbeda dengan cryptocurrency yang mana semua pengguna bisa mengakses buku besar tersebut. Keamanan dalam melakukan transaksi benar-benar terjaga dengan baik.

Bagaimana, sudah paham kan dengan apa itu Cryptocurrency? Anda tertarik untuk memilikinya?

 

Baca Juga : Inilah 5 Tugas HRD Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *