Terakurat – Apa Itu Disclaimer – Pastinya anda sering melihat atau membaca disclaimer pada website, blog, video, YouTube atau bahkan di suatu Film bukan? Lantas apa sebenarnya Disclaimer ini? Dan apa saja fungsinya bagi sebuah bisnis? Yuk simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Apa itu Disclaimer dan Seberapa Pentingnya Bagi Bisnis

Apa itu Disclaimer?

Disclaimer ini dalam istilah dasar adalah penolakan atau pernyataan bahwa anda tidak bertanggung jawab terhadap sesuatu. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Cambridge Dictionary. Disclaimer diartikan sebagai pernyataan formal yang menyatakan bahwa anda tidak memiliki keterlibatan langsung dan tidak bertanggung jawab atas suatu hal.

Bagi sebuah bisnis, disclaimer dimaksudkan untuk melindungi bisnis anda maupun diri anda dari tindakan hukum dan klaim kewajiban tertentu.

Sebagai contoh, perusahaan anda menulis informasi yang dikutip dari buku dan internet. Disini, tujuan disclaimer adalah untuk membatasi aspek kontrak maupun hak dan kewajiban hukum dari konten tersebut.

Misalnya, melalui disclaimer, maka anda menyatakan bahwa salah satu pihak tidak memberikan jaminan apapun terkait kelengkapan, manfaat hingga keakuratan informasi yang diberikan.

Apa Saja Fungsi dari Disclaimer ini?

Adapun beberapa fungsi dasar dari disclaimer adalah sebagai berikut:

Mencegah Tuntutan Pelanggaran

Salah satu fungsi dari Disclaimer ini adalah agar mencegah terjadinya tuntutan hukum terhadap perusahaan anda ketika terjadi suatu masalah pada konsumen.

Dengan kata lain, pernyataan disclaimer juga dapat menghalangi keinginan pelanggan untuk mencari kompensasi hukum dari perusahaan anda.

Membantu Anda di Mata Hukum

Jika anda sedang berada di situasi yang kurang menguntungkan karena tuntutan konsumen dibawa ke meja hijau, maka disclaimer bisa menjadi salah satu alat bukti untuk membantu anda terbebas dari tanggung jawab dan penuntutan konsumen tersebut.

Baca juga  Mengenal Fintech, Inovasi Finansial & Teknologi Modern

Mengurangi Tanggung Jawab

Sebenarnya, tidak ada disclaimer yang secara sepenuhnya mampu melindungi anda atau layanan bisnis anda dari tuntutan konsumen. Namun, dalam hal ini disclaimer setidaknya berfungsi untuk mengurangi tanggung jawab anda untuk mengganti rugi apa yang telah dialami oleh konsumen.

Misanya, anda sudah mencantumkan disclaimer bahwa produk anda tidak cocok untuk kulit yang sensitif. Sedangkan salah satu konsumen anda yang memiliki kulit sensitif ternyata memaksakan untuk menggunakan produk anda. Disini, perusahaan anda memiliki wewenang untuk tidak bertanggung jawab atas apa yang dialami oleh konsumen tersebut, karena terjadi di luar kuasa anda.

Terlihat Profesional

Disclaimer memberikan kesan profesional kepada produk dan layanan yang anda tawarkan. Selain itu, bisnis anda juga akan dipandang patuh hukum oleh para konsumen.

Contoh Disclaimer

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat dislaimer yang sering digunakan

  • Setiap testimoni dari contih produk serta layanan kami, maka tidak boleh dianggap sebagai jaminan bahwa anda akan mencapai hasil yang serupa dengan yang lain.
  • Pastikan anda tidak memiliki kulit yang sensitif jika mempercayakan kecantikan dari produk-produk kami.
  • Kami hanya menjual baju dengan ukuran all size, dan tidak menyediakan baju berdasarkan ukuran S, M, L, XL dan lain sebagainya.

Tips Membuat Disclaimer yang Baik

Jelaskan Detail Produk atau Layanan Anda

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah pastikan jika anda menjelaskan produk atau layanan bisnis anda secara detail. Contohnya adalah dengan menambahkan keterangan rinci bahwa produk atau layanan tersebut bagus digunakan untuk siapa saja dan tidak disarankan untuk siapa saja.

Selain itu, sampaikan juga bahwa anda tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di luar kuasa anda, terutama jika konsumen tetap melakukan hal yang sudah anda tulis pada kolom disclaimer.

Baca juga  Cocok Untuk Anak Muda, Ini Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula

Sampaikan Bahwa Anda Adalah Pemilik Hak Cipta Produk atau Layanan Anda

Selanjutnya, disclaimer harus mencerminkan bahwa anda adalah pemegang hak cipta yang sah dari semua materi bisnis yang anda miliki. Dalam artian, orang lain tidak dapat menggunakan, menerbitkan, menduplikasi atau mencetak ulangnya tanpa persetujuan tertulis dari anda.

Berhak Mengganti Informasi di Situs Bisnis Anda

Jelaskan bahwa, sewaktu-waktu anda dapat mengubah konten produk atau layanan anda. Misalnya adalah dengan menghapus atau menambah informasi, syarat dan ketentuan penggunaan, dan beberapa hal penting lainnya.

Singkatnya, Disclaimer adalah sebuah pernyataan yang dibuat untuk melindungi produk, layanan, bisnis maupun perusahaan itu sendiri dari adanya kemungkinan tuntutan tanggung jawab hukum yang dilayangkan oleh konsumen.

Dan bagi website bisnis, disclaimer merupakan salah satu elemen yang penting untuk membuat website anda terkesan lebih profesional. Pasalnya disclaimer bisa anda jadikan sebagai sarana untuk membuktikan bahwa perusahaan anda patuh hukum serta merupakan pemegang hak cipta dari keseluruhan konten yang dipublikasikan dari situs tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here