Terakurat – Aplikasi Absensi Online Terbaik – Di era yang serba canggih seperti saat ini, berbagai pekerjaan dapat dilakukan dirumah dengan bantuan teknologi. Saat ini sudah banyak sekali pekerjaan yang sudah terbantu oleh hadirnya teknologi. Beberapa diantaranya seperti pekerjaan rumah, pekerjaan pabrik serta fasilitas umum.

Sebelum adanya perkembangan teknologi ini, absensi dilakukan secara manual. Pekerja yang ada di kantor dan siswa yang ada di sekolah melakukan absensi menggunakan kertas yang berisikan nama dari masing-masing pekerja atau siswa.

Kini berkat hadirnya terknologi yang berupa absensi online, pakara pekerja atau murid dapat dengan mudah melakukan absensi hanya dengan menggunakan smartphone.

Hingga kini sudah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi absensi online di Indonesia. Tujuannya adalah membantu pengecekan kehadiran seseorang di tempat kerja maupun di sekolah.

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi absensi online adalah data yang disajikannya lebih akurat.  Sebelum memilih serta menggunakan aplikasi absensi online terdapat beberapa tips agar tidak memberatkan anggaran yang dikeluarkan nantinya. Berikut tips yang dibutuhkan sebelum memilih aplikasi absensi online.

Tips Memilih Aplikasi Absensi Online

On Premise atau Cloud Storage

Terdapat dua jenis pengolahan data pada aplikasi absensi online diantaranya on premise dan cloud storage. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang perlu diperhatikan.

Kekurangan on premise adalah memiliki biaya yang tinggi, akses terbatas, data mudah hilang namun memiliki keamanan yang tinggi. Selain itu, on premise ini memerlukan tenaga engginer untuk melakukan perawatan. Sedangkan cloud storage memiliki biaya yang cukup terjangkau dan juga praktis.

Mudah Diakes dan Dipahami

Salah satu tips penting dalam memilih aplikasi absensi online adalah kemudahan dalam mengakses datanya. Pengaksesan aplikasi dapat berjalan tak hanya pada satu perangkat saja, tetapi harus dapat digunakan melalui smartphone dan dekstop.

Baca juga  Masker Rambut Terbaik.
Fitur Lengkap dan Adaptif

Kelengkapan fitur yang menjadikan suatu aplikasi memiliki nilai plus saat digunakan karena tersedia berbagai kemudahan dalam 1 aplikasi. Selain fitur yang lengkap, pilihlah aplikasi yang adaptif yaitu mudah untuk menyesuaikan pengunaan. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan berbagai generasi, seperti fleksibilitas, fitur benefit dan juga fitur berbagi informasi antar karyawan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Pastinya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi absensi onlie ini. Seperti yang sudah dijelaskan tentang jenis pengolahan datanya, cloud storage lebih mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk menggunakannya. Selain itu terdapat beberapa keuntungan lainnya jika kamu menggunakan sistem cloud storage diantaranya.

Memiliki Sistem Keamanan yang Tinggi

Semua perusahaan tentunya ingin data-data pentingnya tidak bocor dan hilang. Maka dari itu, sistem cloud menggunakan jaringan internasional dengan data terpusat yang dapat dicadangkan. Sehingga data dapat dipulihkan kembali jika rusak maupun hilang. Beberapa server yang digunakan untuk sistem cloud ini diantaranya Amazon Web Service (AWS) dan Windows Azure.

Menghemat Biaya

Sistem pengolahan data jenis cloud ini juga sangat praktis. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli perlengkapan lain untuk menjalankan aplikasi absensi online ini. Serta tidak lagi menyewa jasa seorang ahli IT untuk melakukan pemasangan serta perawatan.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

Semakin banyaknya aplikasi absensi online yang tersedia membuat suatu perusahaan atau sekolah bingung untuk memilih serta menggunakannya. Pemilihan tersebut harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, berikut ini rekomendasi aplikasi absensi yang dapat diterapkan di perusahaan dan sekolah.

Hadirr

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Hadirr. Aplikasi ini berdiri pada tahun 2017 dan memperkenalkan fitur absensi berdasarkan lokasi (GPS) dan pemindaian wajah (face recognition).

Baca juga  Rekomendasi Pembersih Sepatu yang Bagus dan Mudah Digunakan

Sebagai HR, kamu bisa mengatur apakah check-in di izinkan hanya dari lokasi kantor atau bisa dari berbagai lokasi. Fitur pengenalan wajah juga semacam otentikasi dengan harapan tidak ada karyawan yang bisa mengelabuhi check-in ataupun check-out kantor.

Aplikasi ini bisa mencatat jam kerja secara real-time, mencatat jam lembur dan sebagai platform untuk mengajukan reimbursement agar tidak terbebani lagi dengan dokumen-dokumen yang berserakan.

AbsenKu

AbsenKu juga termasuk kedalam salah satu pemain baru di sektor HRIS. Platform dan aplikasi absensi ini memanfaatkan fitur GPS untuk checkin maupun check out. Aplikasi ini dapat mengatasi kekacauan dalam laporan aktivitas karyawan, informasi dan slip gaji serta kehadiran.

Nah untuk mencobanya, kamu bisa masuk websi AbsenKu dan minta trial 30 hari gratis. Selanjutnya jika ingin terus menggunakan AbsenKu, maka biaya yang dikenakannya berkisar 7000 rupiah per karyawan.

Bosspintar

Bosspintar tidak menggunakan pengenalan wajah seperti beberapa aplikasi yang disebutkan tadi. Namun ia menawarkan fitur validasi berupa absensi dengan selfie.

Aplikasi ini menawarkan layanan absensi, monitoring karyawan menggunkaan GPS, histori tip mobilisasi karyawan, info jam kerja dan lembur, pencatatan inventaris karyawan, pengajuan cuti, klaim hingga fitur CRM.

Sama halnya seperti platform lainnya, bosspintar memasang perusahaan dengan mobilitas karyawan yang tinggi sebagai target pasarnya. Nah, kabar baiknya kamu bisa mencoba aplikasi ini secara gratis selama satu tahun untuk 3 karyawan.

Sedikit berbeda dengan aplikasi absensi lainnya,  dimana bosspintar menggunakan dua aplikasi yang berbeda yang satu ditujukan untuk employee dan satunya lagi untuk company.

Sleekr

Layanan yang telah beroperasi sejak 2015 ini sudah pasti menawarkan semua fitur canggih yang ada di setiap aplikasi absensi. Mulai dari pengenalan wajah, gps, pengelolaan payroll dan klaim serta segala urusan lainnya akan dimudahkan dengan aplikasi ini.

Baca juga  Rekomendasi Parfum Lokal Terbaik yang Layak Dicoba

Sleekr tak hanya membuka harganya ke pasaran, namun semua ditentukan berdasarkan permintaan dan negosiasi dengan pelanggan. Hal yang perlu di ingat adalah, fitur yang bagus dan terpercaya pastinya datang dengan harga yang besar pula.

Talenta

Aplikasi Absensi Online Terbaik

Talenta merupakan salah satu aplikasi dengan jumlah unduhan paling banyak diantara semua aplikasi di daftar ini. Total unduhannya mencapai 50 ribu berkat didukung dengan GPS, manajemen payroll, manajemen database karyawan yang cloud based dan dapat diandalkan.

Aplikasi ini sudah mendapatkan rating 4.0 oleh lebih dari 4600 pengguna di google playstore. Keunggulan aplikasi ini adalah, baik perusahaan maupun karyawan dapat menggunakan satu aplikasi yang sama sehingga tidak ribet ketika digunakan. Selain itu fitur live chatnya juga siap membantun penggunanya jika mengalami kesulitan.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi absensi online terbaik serta cara memilih aplikasi absensi online yang baik dan mudah digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here