Terakurat – Aplikasi Chat Alternatif Terbaik – Dulu, sebelum orang saling berkomunikasi melalui smarphone dalam bentuk teks, pasti yang digunakan adalah SMS (Short Message Services). Namun ketika teknologi internet semakin maju, SMS mulai ditinggalkan dan kebanyakan orang telah beralih pada aplikasi chatting. Aplikasi chatting hanya memanfaatkan secuil kuota internet dan hal tersebut lebih menguntungkan ketimbang SMS yang membutuhkan beberapa ratus ruppiah pulsa setiap kali mengirim pesan.

Nah, saat ini sudah banyak sekali tersedia aplikasi chatting untuk ponsel Android di Google Play Store yang kelihatannya sama baiknya. Padahal tidak demikian, meskipun menawarkan fitur berkirim pesan, namun terdapat perbedaan satu dengan lainnya, baik dari segi keunggulan maupun kekurangan.

Tak perlu panjang lebar, berikut ini aplikasi chat alternatif terbaik selain WhatsApp yang bisa kamu coba di smarphone Android kamu.

Aplikasi Chat Alternatif Terbaik Selain WhatsApp

Viber

Buat kamu yang sudah pernah beralih ke perangkat Android pastinya pernah atau mungkin malah sedang menggunakan aplikasi ini. Diantara banyaknya aplikasi perpesanan dan panggilan VoIP, Viber merupakan salah satu aplikasi yang memiliki fitur yang lengkap.

Viber adalah aplikasi pesan instan dan panggilan VoIP untuk smarphone berbasis Android, iOS, Windows dan Windows Phone. Dengan menggunakan Viber, pengguna tak hanya sekedar dapat saling berkirim pesan, namun juga dilengkapi dengan fitur pengiriman gambar, video, dan stiker.

Pada aplikasi ini bahkan memberikan keluasan kepada penggunanya yang ingin mengirim pesan teks sepanjang 7.000 karakter. Di Viber, pengguna juga dapat melakukan panggilan secara gratis layaknya pada aplikasi Whatsapp.

Fitur Utama Viber

  • Mengirim pesan teks, suara, video, lokasi dan dokumen.
  • Panggilan suara dan video
  • Stiker
  • Obrolan grup hingga 200 anggota
  • Menghapus pesan yang sudah terkirim
  • Lintas platform, Android Wear, PC, Linux, Mac, iPads dan Apple Watch.
  • Enkripsi end-to-end
  • Obrolan tersembunyi
  • Viber Games di mana Anda dapat bermain game bersama teman
  • Public Chats
Baca juga  Penyebab Chipset Laptop Rusak yang Sering Terjadi

Signal

Aplikasi Chat Alternatif Terbaik

Signal yang saat ini sedang menjadi bahan pembicaraan yang cukup hangat dikalagan menyusul dirilisnya kebijakan baru Whatsapp yang dianggap sudah tidak bersahabat lagi dengan mereka yang peduli dengan privasi. Sehingga kemudian, memunculkan beberapa nama selain whatsapp salah satunya adalah Signal.

Menghangatnya pembahasan mengenai Signal juga disebabkan oleh status Twitter Elon Musk yang menyebutkan nama Signal sebagai alternatif pilihannya.

Signal adalah layanan pesan singkat yang berfokus pada data keamanan. Data-data didalamnya terenskripsi dan mendukung lintas platform. Signal dikembangkan oleh Signal Foundation yang tak lain merupakan lembaga yang didirika oleh pembuat Whatsapp, Brian Acton pada tahun 2018 lalu.

Tak heran saja jika fitur dan cara kerja aplikasi Signal hampir sama dengan WhatsApp. Sama-sama menggunakan nomor ponsel, dan mendukung beberapa fitur standar seperti pengiriman pesan, video, gif, grup, panggilan suara dan video serta memiliki fitur penarik pesan.

Perbedaanya, Signal jauh lebih unggul dibandingkan banyak aplikasi lain yang serupa, karena Signal diklaim tidak menyimpan data penggunanya sama sekali. Kebijakan ini dikedepankan karena basis dari Signal Foundation sendiri adalah swadaya, dimana para pengguna umum misalnya kamu dan teman kamu bisa menjadi donatur untuk pengembangan di masa depan.

Telegram

Aplikasi Chat Alternatif Terbaik

Pada tahun 2014, Telegram disebut-sebut sebagai aplikasi perpesanan terlaris di 46 negara. Pada maret 2018, Telegram menyatakan telah memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif perbulannya. Meskipun tidak disebutkan secara spesifik, pengguna Telegram di Indonesia juga mencapai jutaan orang.

Berdasarkan informasi yang telah kami kumpulkan, berikut ini keunggulan aplikasi Telegram dari berbagai sumber.

Baca juga  Teknologi Pengisian Baterai Pada Smartphone Yang Harus Kamu Tahu!
Group Chat

Fitur Group Chat yang terdapat pada telegram ini mamu menampung hingga 200 ribu anggota. Angka ini tentunya jauh lebih besar dibandingkan degan anggota group chat di Whatsapp yang dibatasi maksimal 256 orang saja. Namun dengan jumlah anggota group yang begitu besar, mungkin kamu akan kesulitan mengikuti obrolan atau menyimpan postingan yang penting.

Stiker

Sama halnya seperti aplikasi sejenisnya, pengguna telegram juga bisa mengungkapkan ekspresinya melalui stiker dengan beragam pilihan yang telah tersedia. Fitur unu muncul sebelum Whatsapp meluncurkan fitur yang sama beberapa waktu lalu.

Kirim File Berukuran Besar

Pengguna telegran juga bisa mengirim file dengan ukuran hingga 1,5 GB karena aplikasi ini menggunakan penyimpanan komputasi berbasis cloud. Jauh berbeda dengan Whatsapp yang membatasi pengiriman file gambar atau video sebesar 100 MB.

Channels

Telegram memiliki channelss dimana para penggunanya dapat terhubung dengan informasi yang di inginkan tanpa harus bergabung di grup. Channels ini hanya mengirim informasi dan pooling dari pengikutnya.

Bots Chat

Telegram menyediakan bots, yakni sebuah program yang berbasis kecerdasan AI (artificial inteligence) dan machine learning yang dapat melakukan berbagai tugas. Contohnya, image bot bisa mencari gambar berdasarkan nama yang diberikan.

Selain beragam keunggulan tersebut, telegram juga memiliki kekurangan. Yaitu, tidak memiliki fitur video call layaknya pada Whatsapp. Basis penggunanya juga lebih kecil dibandingkan dengan Whatsapp.

Skype

Aplikasi Chat Alternatif Terbaik

Skype merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang mengandalkan fitur Video Call, disamping perpesanan teks seperti pada umumnya. Secara umum, skyper merupakan aplikasi perpesanan yang cukup populer di dunia. Aplikasi yang dikembangkan oleh Developer Skype Technologies ini merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang mengandalkan fitur video call sebagai layanan utamanya.

Baca juga  Rekomendasi Perekam Layar Terbaik untuk Laptop dan Komputer

Aplikasi yang saat ini telah terintegrasi dengan media sosial facebook tersebut juga gratis digunakan. Hanya saja, untuk mengakses beberapa fitur lanjutan aplikasi ini membutuhkan biaya khusus.

Fitur Aplikasi Skype

Skype menawarkan beberapa fitur menarik yang tentunya akan semakin mempermudah penggunanya dalam melakukan komunikasi nirkabel diantaranya.

  • Terintegrasi dengan akun Microsoft dan Facebook, kita dapat mengakses layanan skype dengan akun microsoft dan Facebook yang otomatis juga akan menampilkan teman-teman kita yang telah tergabung sebelumnya.
  • Multiple Windows Chat, pada aplikasi ini kita bisa menjalankan beberapa chat sekaligus. Namun untuk saat ini fitur tersebut hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Mac OS saja.
  • Skype To Go, dengan adanya fitur ini ketika kita sedang melakukan panggilan ke luar negeri maka akan dikenakan biaya yang lebih ringan.
  • Kompatibel dengan perangkat mobile dengan sistem operasi Android dan iOS.

Nah, itulah beberapa aplikasi chatting terbaik untuk ponsel android beserta fitur-fitur yang tersemat didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here