Terakurat – Aplikasi Remote Komputer Terbaik – Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang kamu bisa menggunakan smartphone untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Meskipun begitu, soal produktivitas, smartphone masih belum dapat mengalahkan komputer atau laptop mengingat banyaknya software komputer yang lebih memumpuni dibandingkan smartphone yang beredar saat ini.

Bicara tentang komputer, pernahkah kamu harus memonitor komputer klien di tempat yang jauh? Tak mungkin bukan jika kamu harus mengunjungi satu pertsatu tempat komputer itu berada. Mungkin kamu bisa mencoba aplikasi Aplikasi Remote Komputer Terbaik berikut ini. Aplikasi ini remote dekstop atau sebutan lainnya Remote Access Software atau Remote Control Software adalah aplikasi yang memunkinkan kamu untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh.

Dengan aplikasi ini maka kamu bisa mengambil alih kendali komputer lain yang terhubung menggunakan mouse dan keyboard yang ada pada komputer.

Nah, agar dapat mengakses komputer yang berada jauh dari tempat kamu sekarang. Maka kamu harus menginstal aplikasi yang disebut Host di komputer yang akan dikendalikan. Setelah hal tersebut dilakukan, komputer atau perangkat lain dengan hak akses yang valid atau sebutannya klien dapat terhubung ke host dan mengendalikannya.

Meskipun terlihat sangat teknis sekali, kamu tidak akan kesusahan ketika menggunakan aplikasi remote komputer. Apalagi aplikasi beriut ini gratis dan hanya membutuhkan beberapa klik saja untuk memilai dan tak perlu pengetahuan khusus untuk menggunakannya.

Aplikasi Remote Komputer Terbaik dan Terpopuler

Team Viewer

Aplikasi Remote Komputer Terbaik

Team Viewer adalah salah satu aplikasi remote komputer terbaik yang sangat bisa kamu andalkan. Pasalnya terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan pada aplikasi ini. Namun, meskipun begitu ketika menggunakannya kamu tidak akan kesulitn saat menginstall dan menggunakannya. Pasalnya kamu tidak perlu mengubah konfigutasi router atau firewall yang digunakan pada jaringan internet.

Aplikasi ini mendukung vidio, panggilan suara, chatting, transfer file, Wake on Wlan dan bahkan dapat melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengendalikan komputer dengan sistem operasi Mac, Windows, Linux. Terdapat tiga pilhan installer yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah versi full dengan installer, versi portable atau disebut Team Viewer Quick Support jika kamu ingin melakukan remote hanya sekali atau jika ada kondisi kurang memungkinkan menginstall Team Viewer pada komputer Host, atau team viewer host buat kamu yang akan melakukan remote pada komputer host secara berkelanjutan.

Baca juga  Misteri Teknologi Masa Lalu, Kejeniusan atau Ekstra Terestrial?

Sedangkan dari sisi klien, aplikasi ini memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang kamu inginkan. Terdapat aplikasi yang bisa kamu install ataupun versi portabelnya untuk komputer yang berjalan dengan sistem operasi Linux, Mac, dan Windows selain itu terdapat juga versi mobilenya yang dapat dijalankan di iOS, Blackberry, Android dan Windows Phone.

Remote Utilities

Remote Utilites ini bekerja dengan menghubungkan dua komputer dengan apa yang disebut oleh mereka sebagai Internet ID. Dengan aplikasi ini maka kamu dapat mengontrol hingga 10 komputer.

Dari sisi host, pada bagian dari Remote Utilities yang disebut host pada komputer yang berjalan dengan sistem operasi Windows. Kamu juga dapat memilih untuk menjalankan Agent yang menyediakan dukungan secara kilat tanpa harus menjalankan apapun, bahkan kamu juga dapat menjalankannya melalui flashdisk.

Nantinya, komuter host akan diberikan sebuah Internet ID yang dapat kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan komputer tersebut.

Sedangkan dari sisi klien, instal bagian Remote Utility yang disebut dengan Viewer yang berfungsi agar terhubung dengan komputer host atau Agent. Viewer dapat kamu download secara terpisah atau dikombinasikan dengan Host. Kamu juga dapat mendownload versi portabelnya jika lebih suka untuk tidak menginstall apapun.

Kelebihan aplikasi ini adalah, kamu tidak lagi perlu melakukan konfigurasi pengaturan router seperti port forwarding. Sebagai klien, kamu hanyalah perlu memasukan nomor ID dan password. Aplikasi kliennya juga bisa kamu unduh secara gratis melalui platform Android dan iOS. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ni diantaranya :

  • remote task manager
  • transfer file
  • wake-on-LAN (WOL)
  • remote terminal atau Command Prompt
  • remote file launcher
  • text chat
  • remote registry access
  • system information manager
  • remote webcam viewing
  • print dari jarak jauh
  • multi monitor.

Kekurangan aplikasi ini adalah konfigurasinya yang membingungkan pada komputer host, karena terlalu banyaknya pilihan yang berbeda.

Ammyy Admin

Aplikasi ini merupakan aplikasi remote dekstop yang benar-benar portabel dan pengaturannya sangat sederhana. Ammyy Admin dapat bekerja dengan cara menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui ID yang disediakan oleh aplikasi.

Dari sisi Host, kamu hanyalah cukup menjalankan aplikasi Ammyy Admin pada komputer yang akan kamu akses. Kamu tidak lagi perlu menginstall aplikasi lain, cukup dijalankan saja aplikasinya.

Baca juga  Teknik Dasar Sepak Bola Lengkap Dengan Penjelasannya!

Dari menu yang disebut Ammyy, kamu dapat memilih service dan menginstall service Ammyy admin. Sehingga kamu dapat mengakses komputer lain tanpa harus menjalankan programnya secara manual

Dari sisi klien, kamu hanyalah perlu menjalankan aplikasi versi portable nya saja dan memasukan ID komputer host. Setelah terhubung, kamu bisa melakukan banyak hal-hal lain seperti menggunakan clipboard pada komputer host, voice chat, serta mentransfer file dari komputer ke komputer host.

UltraVNC

Aplikasi ini sebenarnya hampir sama seperti Remote Utilities, dimana server dan viewer di install pada kedua PC dan viewer sendiri dapat digunakan untuk mengontrol server.

Dari sisi host, kamu dapat memilih apakah mau menginstall Server, Viewer atau keduanya. Kamu harus menginstall server pada komputer yang akan kamu kendalikan. Kamu dapat menginstall Server UltraVNC sebagai service pada sistem sehingga komunikasi bisa selalu berjalan.

Dari sisi klien, kamu harus menginstall Viewer ketika setup installer. Setelah kamu melakukan konfigurasi port forwarding, kamu dapat mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan koneksi internet. Baik melalui perangakat mobile yang mendukung koneksi VNC, komputer yang terinstall Viewer atau melalui Browser. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pastikan kamu memasukan alamat IP Server agar dapat terkoneksi.

Kelebihan UltraVNC diantaranya adalah dukungan transfer file, chat, share cliboard dan dapat melakukan boot dan terhubung kembali dengan server ketika Safe Mode.

Aero Admin

Aplikasi ini dapat dikatakan aplikasi remote dekstop termudah saat ini. Pasalnya hampir tidak ada peraturan yang diperlukan serta semuanya dapat dilakukan secara cepat dan langsung to the point untuk digunakan sebagai support dadakan.

Dari sisi host, Aero Admin akan terlihat seperti Team Viewer. Kamu hanyalah perlu menjalankan program portabelnya dan berbagi alamat IP atau membagikan ID denga komputer lain.

Sedangkan dari sisi klien, kamu hanyalah perlu menjalanan program Aero Admin yang sama dan memasukan ID atau alamat IP yang dibagikan oleh Host. Kamu dapat memilih mode View Only atau Remote Control sebelum kamu menghubungkan komputer dengan komuter host lalu klik Connecet untuk memulai remote.

Aplikasi ini benar-benar gratis untuk pengguna pribadi dan komersial. Namun sayangnya tidak tersedia fitur chating.

Baca juga  Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Tahan Lama

Windows Remote Dekstop

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan sistem operasi Windows besutan Microsoft, dapat dikatakan aplikasi ini sudah terinstal secara default ketika kamu melakukan install windows. Jadi kamu tak perlu mendownloa aplikasi lain jika ingin menggunakan aplikasi ini.

Dari sisi host, untuk mengaktifkan koneksi ke komputer lain kamu hanyalah perlu membuka pengaturan system properties. Lalu mengaktifkan pengaturan Allow Remote Connections. Selain itu, kamu juga harus menkonfigurasi port forwarding pada router agar komputer lain dari luar dapat terhubung dengan komputer host. Dan jangan lupa untuk mengatur fungsi firewall agar komunikasi kamu tidak terganggu.

Sementara dari sisi klien, komputer lain yang akan terhubung dengan komputer host hanyalah perlu membuka software Remote Dekstop Connection dan tinggal memasukan IP dari host tersebut.

Setelah kamu terhubung, kamu bisa melakukan transfer file, print ke printer lokal, mendengarkan Audio dari PC Remote serta mentransfer clipboard.

Remote PC

Aplikasi ini merupakan aplikasi miroring yang sederhana dan tersedia secara gratis. Yang membedakan aplikasi ini dengan lainnya adalah aplikasi ini hanya memperboleh satu koneksi remote.

Dari sisi host, kamu hanyalah perlu mendownload dan menginstall aplikasi RemotePC pada komputer yang akan di akses dari jauh. Aplikasi ini bisa kamu install pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows dan Mac. Lalu bagikan Access ID dan Key dengan komputer lain.

Cara lainnya, kamu dapat membuat akun dengan RemotePC lalu login pada komputer host untuk menambahkan komputer ke akun kamu untuk memudahkan akses nantinya.

Semantara dari sisi klien, terdapat dua cara untuk mengakses host RemotePC yang terinstall di komputer kamu. Setelah itu masukan Access ID dan Key dari komputer host untuk terhubung.

Dengan menggunakan aplikasi ini maka kamu dapat menerima suara dari Remote PC, merekam apa yang sedang kamu lakukan sebagai file video, mengakses beberapa monitor, mentransfer file dan teks chat. Beberapa fitur lainnya tidak akan tersedia jika host dan klien memiliki sistem operasi komputer yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here