Terakurat – Alasan Pentingnya Membackup Data – Menyimpan File atau Data secara digital memanglah menjadi salah satu media yang sederhana untuk membuat data atau file tetap aman. Namun apakah file atau data kita benar-benar aman? Seperti pada flashdisk, SD card dan lainnya? Tentu saja tidak.

Pasalnya, data atau file yang disimpan secara digital bisa saja hilang kapanpun. Penyebab hilangnya data atau file juga bebragam, bisa jadi karena adanya virus. Namun semua hal tersebut bisakamu cegah dengan melakukan backup data.

Nah berikut ini kami akan membahas alasan pentingnya membackup data sebelum hal buruk terjadi. Berikut ini alasan kenapa kamu harus melakukan backup data.

Inilah Alasan Pentingnya Membackup Data

Alasan Pentingnya Membackup Data

Penyimpanan Rusak

Menyimpan data bisa kamu lakukan dimana saja, namun pada umumnya disimpan di dalam hardisk pc atau laptop. Tapi ada juga yang menyimpan data pada kartu memori, SD Card, Flashdisk atau mungkin pada sebuah CD/DVD. Tapi semua media penyimpanan data tersebut rentan mengalami kerusakan, sehingga kemungkinan file atau data yang kamu simpan di dalamnya bisa hilang atau bahkan rusak.

Maka dari itu, melakukan backup data menjadi opsi terbaik. Sebelum hal kerusakan terjadi, alangkah baiknya kamu menyimpan data atau file yang penting lainnya ke media penyimpanan lainnya. Jika memiliki penyimpanan lainnya. Jika memiliki penyimpanan eksternal yang terbatas, mungkin kamu bisa melakukan backup data di cloud storage. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan cloud storage baik versi gratis maupun yang berbayar.

Meningkatkan Produktivitas

Ketika data yang disimpan hilang, otomatis kamu memerlukan waktu untuk membuat ulang data atau file tersebut. Misalnya jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, tiba-tiba laptop yang kamu gunakan untuk mengerjakan skripsi mengalami kerusakan pada hardisk. Lalu hardisk tersebut sudah tidak bisa diselamatkan, sehingga membuat file skripsi lenyap begitu saja. Dengan terjadinya kejadian tersebut, maka mau tidak mau mahasiswa tersebut harus membuat ulang skripsinya dan itu sangat membuang waktu.

Baca juga  Game Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan di PC

Oleh karena itu, agar tidak membuang-buang waktu seperti tadi, sebaiknya selamatkan data pentingnya sehingga mahsiswa tersebut tidak perlu untuk mengerjakan skripsi dua kali. Hal ini juga bisa meninkatkan produktivitas loh.

Virus yang Merusak Data

Terdapat berbagai macam virus yang bisa merusak komputer atau laptop, bahkan ada beberapa virus komputer yang secara khusus menyerang file di hardisk atau penyimpanan lainnya. Tak hanya itu saja, terdapat juga beberapa virus yang menyerang data kemudian data tersebut tidak dapat dikembalikan lagi.

Tentu saja hal ini sangat fatal bagi yang memiliki data penting didalam komputer atau laptopnya. Sebelum hal tersebut, sebaiknya melakukan backup data. Dengan begitu maka kamu tidak perlu panik lagi akan kehilangan data penting.

Mengalami Bencana

Selain karena adanya virus, alasan lainnya adalah bencana yang bisa menimpa siapa saja dan dimana saja. Kita tidak pernah mengharapkah hal tersebut terjadi tapi kita juga bisa memprediksi kapan bencana akan datang.

Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan kemungkinan terburuk misalnya komputer atau laptop terendam banjir, otomatis semua perangkat yang ada didalamnya pun ikut rusak. Kemungkinan untuk mengembalikan data yang ada didalam laptop atau PC juga sangat sulit. Jadi mulai dari sekarang, biasakan untuk melakukan backup data untuk file yang penting, dan tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan bukan?
Backup Data itu Mudah

Untuk melakukan pencadangan data kamu bisa mengandalkan dua media penyimpanan, Offline dan Online. Untuk Online, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi Cloud storage. Buat kamu yang menggunakan sistem operasi Windows, coalah gunakan aplikasi OneDrive.

Selain OneDrive, kamu juga bisa memanfaatkan DropBox, Google Driver, SugarSync, dan cloud storage lainnya. Semua aplikasi tersebut menyediakan penyimpanan versi gratis dengan kapasitas yang terbatas.

Baca juga  Makanan Tradisional Khas Palu Yang Lezat dan Menggoyang Lidah!

Jika kamu ingin kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka cobalah untuk berlangganan dengan membayar perbulannya. Karena cloud storage menyimpan data secara online, maka kamu membutuhkan koneksi internet untuk mengakses datanya.

Tak hanya menyimpan data secara online, kamu juga dapat membackup data secara offline dengan menggunakan flashdisk ataupun hardisk eksternal. Namun, untuk penyimpanan data secara offline ini masih rentang mengalami kehilangan data.

Jadi tidak ada alasan lagi kesulitan dalam melakukan backup data karena backup data itu sangat mudah dilakukan dan terdapat banyak pilihan untuk menyimpan data cadangan yang penting baik secara Online, maupun Offline.

Jika sudah merasa aman tentunya kamu tidak perlu merasa khawatir lagi soal kehilangan data. Kalaupun data hilang, setidaknya kamu sudah melakukan backup data sehingga rasa aman dan tenang pun muncul.

Nah, itulah beberapa alasan pentingnya melakukan backup data. Sebenarnya data yang hilang masih dapat diperbaiki, namun semuanya tergantung dari kerusakan datanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here