Bagaimana Cara Mewarnai Kain Yang Pudar

cara mewarnai kain

Beginilah Cara Mewarnai Kain Yang Pudar

Apakah anda bergerak di kerajinan tekstil misalnya seperti batik lurik? Bagaimana cara mewarnai kain yang sudah pudar? Terlebih kain tersebut adalah jenis kain untuk jeans.Memiliki pakaian dengan warna yang sudah pudar memanglah tidak sedap untuk dipandang mata.

Namun, kondisi pakaian yang masih utuh dan bahan yang masih bagus membuat kita merasa sayang untuk membuangnya. Tenang saja, karena masih ada solusi untuk masalah ini.

Anda bisa mewarnai kembali pakaian Anda yang telah pudar menjadi seperti baru lagi.Bahan yang digunakan untuk mewarnai kain kembali adalah Wantex.Wantex ini adalah salah satu pewarna yang fungsinya untuk mengembalikan warna baru pada pakaian pudar Anda.Atau jika Anda memiliki pakaian yang warnanya tidak sesuai dengan selera, Anda bisa menggunakan bahan ini.

Lalu bagaimana caranya untuk mewarnai kain pudar dengan Wantex?Yuk, kita simak penjabarannya di bawah ini.

Cara Mewarnai Kain Pudar Dengan Wantex

Sebelum kita mulai langkah-langkah untuk mewarnai pakaian atau kain, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan.Apa saja bahan yang dibutuhkan?

  1. Bahan-Bahan YangDiperlukan
  • Sediakan dan siapkan pakaian atau kain yang ingin diwarnai.
  • Siapkan alat lain mengaduk.
  • Siapkan air secukupnya.
  • Siapkan pula kompor gas.
  • Siapkan pengering untuk mengeringkan pakaian, atau siapkan jemuran.
  • Siapkan wadah seperti panci untuk masak.
  • Jangan lupa siapkan Wantex sebagai bahan utamanya.
  1. Langkah-Langkah Mewarnai Kain
  • Langkah yang pertama yaitu masukkan air ke dalam wadah atau panci memasak. Cobalah ukur takaran air dengan jumlah kain yang ingin Anda warnai. Biasanya takaran air untuk bahan jeans adalah 2 hingga 3 liter.
  • Masak hingga air mendidih. Setelah air mendidih, segera masukkan bahan Wantex yang sudah disiapkan, sesuai dengan warnai kain yang akan diwarnai.
  • Pakailah sarung tangan agar terhindar dari uap air yang mendidih. Lalu, masukkan kain de dalam wadah atau panci tersebut. Kemudian, aduklah kain tersebut secara merata. Sebaiknya gunakan pengaduk dengan bahan kayu agar tidak kepanasan.
  • Jika sudah merata, maka matikan kompor lalu sisihkan kain yang diwarnai tadi. Tunggu hingga dingin. Setelah itu, cucilah kain yang sudah diwarnai tersebut beberapa kali, agar menghasilkan warna yang bagus dan menghilangkan kotoran lain selama proses pencelupan.
  • Jika kain tersebut sudah dicuci, maka jemurlah di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung, atau gunakanlah pengering pakaian. Hal ini berguna agar saat dicuci kembali, kain atau pakaian tersebut tidak memudar.
Baca juga  Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Cepat dan Tepat

Ternyata cara mewarnai kain yang telah memudar sangat mudah bukan? Anda tidak perlu membuang pakaian Anda yang masih bagus.Justru Anda bisa membuatnya tampak seperti pakaian baru kembali.

Simak juga Tips dan Trik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *