usaha kecil menengah

Beberapa Jenis Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Di tengah sulitnya perekonomian negara, usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Usaha yang mungkin dianggap sepele ini ternyata dapat menjadi tulang punggung perekonomian negara dan juga membuka peluang kesempatan kerja pada masyarakat melalui jalur wirausaha.

Jenis usaha kecil menengah (UKM) yang menjanjikan

Ada berbagai macam jenis usaha yang dapat digeluti untuk mendapatkan keuntungan melalui usaha kecil menengah (UKM), diantaranya adalah :

1. Bidang Kuliner

usaha kecil menengah

Bisnis kuliner adalah suatu usaha kecil menengah yang akan laris sepanjang masa karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling mendasar. Di sini, Anda dapat memilih usaha seperti bisnis makanan pokok, makanan ringan (camilan), minuman dan lain sebagainya.

Semuanya memiliki prospek yang bagus, tinggal bagaimana kita berinovasi dan memasarkannya.

2. Bidang Fashion

usaha kecil menengah

Usaha kecil menengah berikutnya adalah bidang fashion. Kebutuhan primer manusia selain makanan adalah pakaian. Bisnis fashion (pakaian) juga sangat menjanjikan dan potensial karena merupakan hal yang selalu digunakan setiap harinya.

Ditambah lagi dengan munculnya berbagai macam model pakaian baru yang membuat orang-orang cenderung ingin mengikuti mode pakaian yang ada. Dari menggeluti bisnis bidang fashion, kita bisa memperoleh keuntungan yang cukup tinggi.

Banyak produsen produk fashion yang menawarkan harga murah sehingga kita dapat menjualnya kembali untuk meraup keuntungan dengan mudah dengan modal yang bisa dibilang cukup minim sekalipun.

3. Bidang Pendidikan

usaha kecil menengah

Membuka peluang usaha kecil menengah di bidang pendidikan juga sangat menjanjikan. Kita dapat mendirikan lembaga bimbingan belajar ataupun tempat kursus yang menawarkan pelatihan bagi suatu keahlian yang bisa dijadikan sebagai modal mendapatkan pekerjaan.

Baca juga  Mengenal Fintech, Inovasi Finansial & Teknologi Modern

Hal ini akan lebih mudah bila kita sendiri juga memiliki skill dalam bidang yang akan dikembangkan.

Sebagai contohnya kita bisa membuka kursus bahasa asing, komputer, menjahit dan lain sebagainya. Akan lebih bagus lagi bila lembaga kita bisa memberikan sertifikat yang diakui sehingga orang yang mengikutinya bisa melampirkannya sebagai syarat melamar pekerjaan.

4. Bidang Otomotif

usaha kecil menegah

Semakin banyaknya pemakai kendaraan bermotor seperti speda motor dan mobil adalah peluang yang baik untuk memilih usaha di bidang otomotif.

Bila Anda belum memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat memulainya dengan usaha berskala kecil dengan membukanya di tempat yang strategis.

Beberapa usaha di bidang otomotif yang sangat menjanjikan diantaranya adalah jasa bengkel, jual beli spare part, jasa cuci motor/mobil, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha kecil menengah, beberapa usaha di atas dapat Anda jadikan pilihan. Bila Anda masih bingung karena terkendala oleh masalah modal, Anda dapat meminjam modal melalui bank yang menawarkan pinjaman bagi UKM.

Baca juga artikel Bauran Pemasaran

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *