Pengertian Bauran Pemasaran Produksi

bauran pemasaran

Pengertian Dan Komponen Bauran Pemasaran

Seperti yang kita tahu, hampir semua produk menjalani serangkaian proses produksi yang beragam hingga menjadi suatu produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen. Pernahkah Anda mendengar tentang bauran pemasaran? Bila belum, mari kita simak pengertiannya.

Pengertian bauran pemasaran (marketing mix)

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.

bauran pemasaran

4 Komponen Bauran Pemasaran

Dalam mencapai tujuan, terdapat beberapa komponen yang saling terkait dan mendukung demi tercapainya tujuan pemasaran, yaitu :

1. Product (produk)

adalah segala sesuatu yang merupakan hasil produksi yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dibeli, dikonsumsi, dilihat, atau dipegang. Produk terdiri dari brand name, packaging, sizes, services, product variety, quality, design, feature, warranties, and returns.

2. Price (harga)

adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk. Harga meliputi payment period, credit terms, last price, discount, allowance, and retail price.

3. Place (tempat)

adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat hasil produksi / sesuatu yang dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi locations, inventory, channels, coverage, assortments, and transport.

4. Promotion (promosi)

adalah berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan dan menawarkan produk pada pasar yang dituju. Variabel promosi meliputi sales promotion, sales force, public relation, advertising, and direct marketing.

Penjelasan lebih mendetail tentang variabel promosi adalah sebagai berikut :

a. Advertising : semua bentuk presentasi nonpersonal untuk mempromosikan jasa, ide, barang oleh sponsor dengan tujuan mengiklankan dengan mendapat bayaran.

b. Sales promotion :promosi jangka pendek untuk memberikan dorongan keinginan agar para konsumen mau mencoba atau membeli produk dan jasayang ditawarkan.

Baca juga  3 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2017 Versi Forbes

c. Public relations and publicity : berbagai program yang dibuat dengan tujuan mempromosikan, melindungi nama baik perusahaan dan juga produk yang telah dihasilkan.

d. Personal selling : interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli yang bertujuan melakukan penjualan.

e. Direct marketing : komunikasi pemasaran yang dilakukan secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan surat, alat penghubung nonpersonal lain dan telepon.

Jadi, sekarang Anda sudah paham dan tahu apa itu bauran pemasaran dan variabel yang ada di dalamya. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Anda menggali informasi lebih dalam.

Baca juga tentang Analisis SWOT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *