analisis swot

Pentingnya Analisis SWOT Dalam Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, tentu saja ada tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di perlukan analisis SWOT untuk menyusun rencana yang matang di dalamnya.

Penjelasan tentang 4 (empat) komponen analisis SWOT

Analisis SWOT ini bertujuan memberikan gambaran tentang situasi yang sedang dihadapi. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Strengths (Kekuatan)

Kekuatan adalah segala sumber daya yang dimiliki perusahaan. Kekuatan tersebut meliputi sumber daya manusia, soft skill, keterampilan atau keunggulan lain yang dimiliki perusahaan.

Hal ini dapat mendukung, menampilkan keunggulan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain untuk tujuan berkompetisi.

2. Weakness (Kelemahan)

Setiap perusahaan pasti memiliki kelemahan yang dapat berwujud suatu keterbatasan ataupun kekurangan.

Sebagai contohnya, kelemahan dalam bidang sumber daya, kemampuan karyawannya dan penguasaan keterampilan. Hal ini dapat menghambat kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan.

Selain itu, keterbatasan lain yang dapat menjadi menghambat jalannya perusahaan adalah :

kemampuan manajemen, fasilitas perusahaan, tunjangan, sumber daya keuangan perusahaan, serta kelihaian bagian pemasaran dalam memasarkan produk ke sasaran yang tepat.

3. Opportunities (Peluang)

Peluang adalah kesempatan yang selalu dicari oleh suatu perusahaan dalam menciptakan suatu produk maupun memilih pangsa pasar. Perusahaan akan selalu mencari peluang yang bisa menghasilkan keuntungan.

Berikut ini adalah contoh peluang yang bisa mendatangkan keuntungan kepada perusahaan antara lain :

perubahan teknologi yang semakin maju dan modern, peningkatan hubungan dengan supplier ataupun pembeli yang membuat proses penjualan semakin lancar dan lain-lain.

4. Threats (Ancaman)

Dibalik sebuah peluang, terkadang juga terdapat ancaman. Ancaman ini dapat menjadi penghambat jalannya bisnis suatu perusahaan dan mengancam tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya.

Baca juga  Situs Sribu.com Pilihan Terbaik Untuk Desain Super Keren

Contoh ancaman yang sering terjadi dalam suatu perusahaan antara lain adalah aturan baru yang dibuat oleh pemerintah yang merugikan pengusaha.

Setelah mengetahui paparan tentang analisis SWOT diatas, pasti Anda telah paham betapa pentingnya hal tersebut untuk perusahaan.

Oleh karena itu, setiap perusahaan harus melaksanakannya agar memiliki strategi khusus untuk mendapatkan hasil usaha yang maksimal.

Baca juga tentang Bauran Pemasaran

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *