Terakurat – Berbagai Macam Bentuk Mata – Kesalahan yang kerap kali terjadi dilakukan ketika make up adalah meniru eye make up beauty dari YouTube dan mengaplikasikannya sama persis, lalu kecewa karena hasilnya tidak sama. Mungkin, skil yang kamu miliki beum sepadan, tetapi bisa juga karena bentuk mata tidak sama dengan beauty vloger tersebut. Hal ini bukan berarti kamu tidak bisa berdandan layaknya orang lain, tetapi perlu menyesuaikan dengan bentuk mata masing-masing.

Kamu dan siapapun pasti terlihat cantik dengan smoky eyes, cat eyeliner, dan 3D false lashes. Tetapi mungkin kamu perlu mengubah sedikit volume bulu mata, gradasi warna serta panjang garis eyeliner dan menyesuaikannya dengan bentuk mata kamu sendiri.

Nah berikut ini adalah macam-macam bentuk mata dan bagaimana cara menegaskannya dengan make up.

Inilah Berbagai Macam Bentuk Mata yang Wajib Kamu Ketahui

Almond Eyes

Berbagai Macam Bentuk Mata

Sama halnya seperti wajah oval, almond shape dianggap sebagai bentuk paling serbaguna untuk tampilan apapun juga. Jika pada bagian atas dan bawah iris mata kamu ditutupi oleh kelopak mata atas dan bawah, itu tandanya kamu memiliki mata berbentu almond.

Bentuk mata almond ini simetris sempurna dengan sudut luar yang sedikit terangkat. Jika pembahasan tadi terbilang menyulitkan, maka bayangkan saja bentuk almond. Jika mata kamu mirip seperti itu, maka mata kamu berbentuk almond.

Nah, untuk menonjolkan mata almond, maka pilihlah eyeliner dengan konsistensi yang lebih creamy seperti eyeliner cream atau gel. Karena mata almond merupakan yang paling simetris diantara bentuk mata lainnya, maka bentuk mata ini dapat dipakaikan bentuk eyeliner apapun juga.

Tetapi, teknik yang paling mudah untuk mengaplikasikan eyeliner ini adalah dengan mengikuti bentuk alami mata. Ikuti jejak garis bulu mata sebelum mencorengnya dengan eyeliner agar hasilnya lembut. Lalu, buatlah ketebalan dari sepertiga area ekor mata ke arah luar.

Baca juga  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Round Eyes

Berbagai Macam Bentuk Mata

Roud eyes atau mata bulat ini dapat di indentifikasi dengan mudah dengan memperhatikannya, apakah warna putih di bagian bawah iris mata terlihat saat kamu menatap lurus ke depan atau tidak. Ciri-ciri lainnya yang menandakan mata bulat adalah kamu pastinya dapat melihat lipatan kelopak mata dengan jelas ketika mata kamu terbuka.

Untuk membuat mata bundar terlihat lebih cerah, maka pilihlah eye makeup yang memanjang agar bentuk mata tidak terlalu terlihat bundar. Bermainlah dengan sayap eyeliner yang panjang serta pastikan eyeliner lebih tipis di sudut dalamnya dan lebih tebal pada ekor mata di sisi terluar mata.

Downturned Eyes

Berbagai Macam Bentuk Mata

Downturned Eyes adalah mata sayu, jika kamu merasa mata turun tetapi kurang yakin apakah itu termasuk mata sayu, maka begini saja. Gambar garis horizontal dalam imajinasi melewati tengah mata. Jika sudut luar mata menurun atau lebih rendah dari garis horizontal tak kasat mata, maka bentuk mata kamu termasuk downturned.

Untuk menonjolkan mata sayu, maka gunakan eyeliner pensil. Gambarlah secara tips cat eyeliner dengan eyeliner pensil tersebut. Jentikan ujung wing eyeliner ke arah pelipis untuk membuat sedikit pengangkatan di sudut luar mata kamu. Jadinya, mata kamu yang tadinya terlihat menurun akan sedikit menaik.

Ketika membubuhkan eyeshadow juga jangan terlalu menumpuk pada ekor mata. Jangan menggambarnya terlalu lebar dan panjang melebihi bentuk alami mata kamu, apalagi jika sampai menurun. Sebelum menempelkan false lashes, maka ukur terlebih dahulu agar tidak terlalu panjang dan potong ujung ekor false lashes jika diperlukan. Pemasangannya juga perlu diperhatikan, jangan mengikuti bentuk kelopak mata, tetapi dibuat sedikit menarik.

Menggambar wings tetap pendek juga akan membantu tampilan riasan mata agar tetap terlihat meskipun kamu tersenyum. Dan jangan menggambar eyeliner di lower lash line, karena nantinya mata kamu akan terlihat semakin menurun dan mengecil karena “terperangkap” dengan eyeliner atas bawah.

Baca juga  Tips Merawat Kulit Untuk Pekerja Outdoor.

Upturned Eyes

Upturned adalah kebalikan dari  downturned, akan cukup sulit untuk menentukan apakah mata kamu upturned atau almond. Hal tersebut dikarenakan upturned memiliki bentuk mata yang klasik yaitu almond, tetapi dengan ekor mata yang agak menaik. Ciri-ciri upturned eyes adalah lebih menitik berantakan pada lower lid, dan lower lid terlihat panjang juga.

Untuk meratas proporsi mata bagian atas dan bawah, maka terapkan eyeshadow gelap atau pensil eyeliner warna gelap juga disepanjang sudut mata bawah luar untuk menurunkan efek mata yang terangkat. Lalu, selalu baurkan eyeshadow atau pakai pensil eyeliner warna gelap ke sepanjang bottom lash line agar mata terlihat berat pada bagian bawahnya.

Wide Set Eyes

Ciri-ciri wide set eyes adalah jarak lebar antar asatu mata ke mata lainnya lebih dari ukuran satu lebar bola mata. Nah, untuk membuat mata lebar nampak mendekat, maka pada bingkai garis mata bagian atas dan bawah harus ada eyeliner hitam sedekat mungkin dengan saluran air mata bagian dalam.

Lalu, sikat bulu mata bagian atas dan bawah ke arah hidung dengan sikat bulu mata kecil untuk bulu mata bagian bawah jika kamu merasa kesulitan. Pulas eyeshadow dengan fokus pada sudut dalam garis bulu mata atas dan bawah. Serta minimalkan produk apapun yang diterapkan pada sudut luar mata untuk membantuk menciptakan lebih banyak keseimbangan pada mata dan menarik fokus ke dalam area mata.

Small Eyes

Mata kecil tentunya berbeda dengan mata sipit. Mata kecil dapat di identifikasikan dengan cukup mudah. Jika mata kamu terlihat lebih kecil dibandingkan fitur lainnya pada wajah kamu, berarti mata kamu kecil. Ciri-ciri lainnya adalah jarak antara ujung bulu mata dengan tulang alis pendek.

Baca juga  Rekomendasi Lipstick Emina Untuk Remaja!

Para pemilik mata kecil sebaiknya memilih warna eyeshadow yang lebih terang atau yang berona metalik yang dapat memantulkan cahaya seperti emas dan silver. Karena warna eyeshadow ini akan membuat mata kamu terlihat lebih cerah. Serta lewati penggunaan eyeliner pada garis bulu mata bawah, yang dapat semakin mengecilkan bentuk mata kamu.

Big Eyes

Kebalikan dari Small Eyes adalah Big Eyes. Jika small eyes menandakan matanya berukuran sangat kecil dibandingkan fitur-fitur lainnya pada wajah seperti hidung dan mulut. Big eyes justru proporsi matanya lebih besar dibandingkan fitur wajah lainnya.

Maka berbahagia lah para pemilik mata besar, pasalnya bentuk mata ini bisa dipakai bentu eyeliner sebesar dan gaya apapun juga. Selain itu, kamu juga dapat bereksperimen dengan tampilan yang lebih tidak konvensional seperti double winged eyeliner.

Mata besar sebaiknya tidak menggunakan eyeshadow dengan warna-warna ngejreng pasalnya bisa membuat mata terlhat semakin besar. Maka dari itu, gunakalah eyeshadow tipis-tipis saja tetapi eyelinernya buat setegas mungkin. Fungsinya adalah membuat mata terlihat seperti almond.

Nah itulah berbagai macam bentuk mata yang perlu kamu ketahui. Cara tercepat untuk menentukan bentuk mata adalah dengan membayangkan garis horizontal melintasi kedua mata kamu. Jika tidak bisa berimajinasi, maka kamu bisa menggunakan bantuan penggaris panjang atau seutas tali untuk membantu melihat garis horizontal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here