Film BUMI MANUSIA diadaptasi dari novel kontroversial karya Pramoedya Ananta Toer. Pada 19 Juni 2019 lalu akhirnya film garapan Sutradara Hanung Brahmantyo itu merilis Poster resminya, Poster yang didominasi warna sepia yang lembut itu menampilkan wajah para karakter di antara tulisan tangan asli mendiang Pramoedya.

viva.co.id

Saat menghadiri acara perilisan poster, Hanung Bramantyo sempat meneteskan air mata. Pasalnya ia tak menyangka akhirnya karya bersejarah ini bisa teradaptasi dan siap tayang setelah sekian lama menjadi proyek adaptasi impian banyak produser dan sutradara tanah air.

Bumi Manusia akan menampilkan Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh, dan Mawar de Jongh sebagai Annelies. Selain itu, film yang naskahnya ditulis Salman Aristo ini akan menampilkan aksi dari Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, Giorgino Abraham dan Jerome Kurniawan.

Film Bumi Manusia bercerita tentang kisah hidup seorang Minke ( Iqbaal Ramadhan ), yang merupakan satu-satunya pribumi yang berhasil masuk ke sekolah HBS di Jalan Belanda.

kincir.com

Walaupun hanya anak pribumi, namun Minke diperbolehkan bersekolah di HBS karena Kemahirannya menulis.

HBS adalah sekolah yang diperuntukan hanya untuk orang – orang Eropa, khususnya Belanda.

Sedangkan orang-orang Indonesia, hanya mereka yang berasal dari golongan ningrat atau pejabat saja yang bisa bersekolah di HBS.

Namun perkecualian untuk Minke karena ia sangat pandai menulis. Tulisan – tulisan Minke bahkan sering terbit di koran – koran Belanda.

Selain pandai menulis, Minke juga merupakan orang yang revolusioner. Oleh karena itu, dia tidak disenangi oleh teman-teman sekolah Eropanya. Minke yang bukan dari golongan ningrat harus berada di golongan bawah, yang membuatnya melawan, memberontak, dianggapnya tidak adil juga.

Baca juga  Pemeran Drama Korea Love's Emergency Landing!

Suatu hari, Minke jatuh cinta pada anak Nyai Ontosoroh, Annelies. Annelies inilah yang pada akhirnya menikah dengan Minke.

Kekaguman Minke Pada Nyai Ontosoroh.

kumparan.com

Bumi Manusia juga menceritakan tentang kehidupan Nyai Ontosoroh yang merupakan istri simpanan dari seorang keturunan Eropa yang terpandang, yang sering dipanggil dengan nama Tuan Mellema.

Predikatnya sebagai seorang nyai yaitu istri simpanan membuat Nyai Ontosoroh dikucilkan, dihina, dianggap sebagai perempuan yang tidak terhormat, tidak memiliki martabat, tidak diperbolehkan mempunyai hak asasi yang sepantasnya dia dapatkan.

Inilah yang membuat Nyai Ontosoroh menderita. Namun ia melawan segala cemoohan dan cara pandang orang – orang terhadapnya.

tribunnews.com

Kisah cintanya dengan Annelies dan kekaguman Minke akan sosok Nyai (Ibu Annelies) menjadi kisah cerita utama yang diangkat dalam film ini.

Film ini berdurasi 2 jam 52 menit, direncanakan akan tayang pada 15 Agustus 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here