Inilah Upaya Pencegahan Dan Pertolongan Pertama Untuk Cantengan

cantengan

Kata cantengan mungkin cukup familiar di telinga kita, tetapi mungkin kita belum paham betul apa sebenarnya cantengan itu. Bila kamu pernah merasakan jari kaki atau biasanya jempol kaki sakit, bengkak dan kemerahan, ini adalah tanda cantengan. Hal ini terjadi karena adanya kuku yang tumbuh ke dalam sehingga melukai kulit.

Hal ini dapat terjadi bila kamu memakai sepatu yang sempit atau kaos kaki, terlalu pendek memotong kuku juga tidak rapi dalam memotongnya. Hal ini tentu saja dapat melukai sisi dalam kulit yang memicu cantengan yang sangat membuat tidak nyaman.

Upaya pencegahan agar tidak cantengan

  1. Potonglah kuku dengan lurus, jangan melengkung mengikuti ujung jari kakimu.
  2. Hindari memotong kuku terlalu pendek.
  3. Gunakanlah batu apung ataupun kikir kuku untuk menghilangkan kulit keras dan mati di sekitar bagian sisi agar tidak menusuk.
  4. Pilihlah sepatu dan juga kaos kaki yang nyaman, jangan sampai kesempitan dan menekan jari hingga lama kelamaan kuku akan menusuk kulit.
  5. Gunakan pelembab untuk menjaga kebersihan kakimu.
  6. Lakukan perawatan atau periksakan kakimu ke dokter secara berkala.

Cantengan ini bila didiamkan dapat berakibat terjadinya rasa nyeri yang dahsyat dan bila semain parah dapat menyebabkan penumpukan cairan yang keluar bersama nanah. Yang dapat memperparah lagi bila di sisi kuku tadi terdapat kotoran kaki seperti tanah. Rasa sakit yang diderita akan semakin parah bila tertekan sesuatu.

Agar terhindar dari penyakkit ini, kamu harus menjaga kebersihan kaki. Cucilah kaki setelah beraktivitas terutama saat berada di luar ruangan yang memungkinkan tanah atau kotoran lain masuk ke kuku. Bila mulai terjadi gejala cantengan, jauhkanlah celah kuku dan kulit dengan sesuatu.

Baca juga  Cara Merawat Payudara Secara Alami Agar Tetap Kencang

Pastikan kukumu akan tumbuh diatas kulit agar tidak melukai dan menjadi cantengan yang parah. Selain itu kamu juga bisa memotong kuku yang menancap walaupun harus dilakukan dengan hati-hati dan tentu saja menahan rasa sakit.

Untuk pertolongan pertama guna mengurangi rasa sakit nyeri yang ada, kamu bisa mengoleskan krim antibiotik, mengkonsumsi ibuprofen ataupun asam mefenamat sesuai dosis. Bila takut semakin parah saat berada di luar ruangan, kamu bisa membalutnya dengan perban atau mengompresnya dengan revanol. Biasanya luka akan mengempes dengan mudah.

Inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati dan mencegah cantengan. Jagalah terus kebersihan kakimu agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Karena mencegah akan lebih baik daripada mengobati.

 

Baca Juga : Inilah 5 Penyebab Buta Warna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *