cara-membedakan-catokan-asli-dan-palsu– Catokan merupakan alat Styling rambut yang paling sering digunakan tidak hanya oleh kalangan wanita saja, bahkan terkadang beberapa pria juga memakainya. Penggunaan catokan biasanya dilakukan rutin untuk mendapatkan tatanan rambut yang selalu rapi. Wajar jika penjualan catokan ini terbilang cukup laris dipasaran. Namun pasti ada saya oknum yang mengambil keuntungan dari larisnya sebuah produk, misalnya membuat produk palsu. Lantas bagaimana agar kita cermat dalam memilih sebuah produk untuk digunakan sehari-hari?

Fungsi dari catokan rambut.

Catokan rambut merupakan alat praktis yang sering digunakan untuk hair styling demi mendapatkan tatanan rambut yang lebih rapi dengan cara yang mudah. Penggunaan alat ini berfungsi merapikan rambut yang kusut, menciptakan model rambut baru, dan membuat tatanan rambut jadi lebih rapi.

Terdapat banyak macam catokan rambut. Mulai dari flat irons, ceramic flat irons, tourmaline flat irons, dan masih banyak lagi lainnya.

Bagaimana Caranya Membedakan Catokan Asli dan Palsu ? 

Berikut ini beberapa cara membedakan catokan asli dan palsu yang bisa dijadikan panduan, diantaranya:

Membandingkan Harga dan Spesifikasi untuk Produk Catokan Asli dan Palsu

Biasanya harga jelas menentukan kualitas. Produk catokan asli yang berkualitas bagus biasanya memiliki harga yang relatif tinggi dibandingkan catokan palsu atau KW. Berdasarkan harga jual yang ditawarkan harusnya kamu sudah bisa membedakan mana produk yang asli dan mana produk yang palsu.

Spesifikasi produk asli juga biasanya bisa dilihat dari diameter catokan, daya tahan, dan lainnya sesuai dengan yang tertulis pada box kemasan. Sedangkan produk palsu tampil dengan ukuran diameter yang berbeda. Terkadang juga ditemukan cacat pada produk, misal sisi yang tidak simetri atau hasil potongan material yang berantakan dan tidak rapi.

Mengenali Material yang Digunakan pada Alat Catokan.

Cara berikutnya adalah mengenali material yang digunakan. Catokan palsu seringkali menggunakan material berkualitas rendah yang tentu akan mempengaruhi kualitasnya. Dari daya tahan pun akan  mudah rusak tidak awet dipakai.

Baca juga  Manfaat Buah Strawberry Untuk Kecantikan.

Lempengan yang digunakan pada alat catok palsu seringkali berisiko dapat merusak rambut karena kualitasnya yang rendah. Sementara lempengan pada catokan asli biasanya dilapisi dengan ion. Ion itulah yang berperan melindungi rambut dari risiko kerusakan karena hair styling menggunakan catokan berkali-kali.

Melihat dari Hair Styling yang Dihasilkan.

Perbedaan alat catok rambut asli dan palsu juga bisa dilihat dari hasil hair styling. Jika alat catok rambut yang kamu beli benar-benar asli, maka catokan rambut yang dihasilkan akan terasa lebih halus serta rambut pun lebih terlihat lebih rapi.

Sebaliknya, hasil penggunaan alat catok rambut yang palsu akan terlihat kurang maksimal. Proses menata, meluruskan, atau mengeriting rambut akan terasa lebih sulit dan memakan waktu lama. Styling yang dihasilkan pun tidak sehalus dan serapi ketika menggunakan produk catokan yang asli.

Memastikan Ketersediaan Jumlah Pilihan Pengatur Suhu.

Produk catokan asli dan palsu tentu sama-sama dibekali dengan pengatur suhu. Hanya bedanya catokan asli memiliki jumlah pilihan pengatur suhu yang lebih lengkap sesuai yang dijelaskan pada deskripsi produk dan kemasan boxnya. Catokan asli seringkali memiliki lebih banyak pilihan suhu dibanding dengan catokan palsu.

Yang paling jelas membedakannya adalah, biasanya catokan palsu menggunakan pengatur suhu manual. Sedangkan catokan asli sudah menerapkan pengaturan suhu digital. Jika kamu menemukan catokan rambut tanpa pengatur suhu sudah pasti itu palsu.

Mengetahui Lokasi Penjualan Catokan Rambut.

Siapa yang menjual alat catok rambut? Di mana lokasi penjualannya? Kedua pertanyaan tersebut sebenarnya cukup bisa dijadikan pembeda produk asli dan palsu. Pasalnya produk catokan yang asli dan palsu berada di tempat berbeda.

Alat catok rambut yang asli biasanya sebagian besar di jual di beauty store baik secara online ataupun offline. Di luar dari tempat itu bisa jadi catokan rambut yang dijajakan merupakan produk tiruan, KW, atau palsu. Apalagi jika dijual dengan harga yang jauh berbeda dari harga pasaran yang biasanya diberikan oleh produsennya.

Baca juga  Rekomendasi Lipstick Untuk Bibir Gelap

Nah Girls, itulah beberapa Tips dalam memilih catokan rambut yang asli atau palsu. Semoga bermanfaat …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here