Terakurat – Cara Mengatasi Otentikasi Wifi – Berbicara tentang penggunaan ponsel Android memang tidak akan ada habisnya. Apalagi jika pertumbuhan ponsel pintar semakin menggila. Beragam produk baru yang bermunculan dan menawarkan segudang keunggulan dibanding seri sebelumnya yang sudah dirilis.

Mereka selalu menyediakan perangkat keras terbaru untuk pelanggan mereka, baik itu dalam hal prosesor atau RAM. Selain itu, ada juga kamera canggih hingga sistem operasi terbaru yang ditawarkan.

Terhubung ke internet melalui jaringan wifi, saat ini tidak hanya untuk satu atau dua orang saja. Tapi tahukah Anda, bagaimana cara mudah mengatasi masalah otentikasi Wifi di Android?

Cara Mengatasi Otentikasi Wifi di Android

Biasanya masalah ini muncul ketika Anda ingin menggunakan jaringan, tetapi ada beberapa kesalahan. Sebenarnya masalah ini terkait dengan kata sandi perangkat WiFi.

Masalah ini bisa saja dialami oleh siapa saja baik itu pengguna ponsel android xiomi, samsung, oppo dan advan. Atau bahkan mereka yang menggunakan laptop pun dengan menggunakan wifi. Untuk mengatasinya, berikut beberapa tips atau langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menyambungkan kembali ke WiFi.

Mengatasi masalah otentikasi wifi dengan kata sandi

Cara pertama untuk mengatasi masalah otentikasi wifi, adalah dengan terlebih dahulu mengetahui kata sandi WiFi. Fitur ini tentunya hadir di semua jenis ponsel yang Anda miliki. Cukup masukkan pengaturan jaringan WiFi dan pilih nama WiFi yang akan digunakan. Setelah itu klik lupakan jaringan WiFi. Nanti Anda akan datang untuk memasukkan kata sandi Anda lagi seperti biasa.

Jika memang tidak ada masalah serius, dari cara mengatasi masalah otentikasi WiFi pertama ini di Android, Anda dapat mengakses WiFi kembali seperti semula. Pastikan WiFi yang Anda gunakan sudah menyala terlebih dahulu.

Baca juga  Aplikasi Belajar Bahasa Korea dengan Cepat dan Mudah di Android

Masalah otentikasi Wifi dengan mengatur ulang kata sandi

Dalam beberapa kasus, biasanya ponsel akan menyimpan password dari WiFi yang telah digunakan. Sehingga saat Anda terhubung kembali, Anda tidak perlu memasukkan password lagi. Namun ponsel kita tidak akan bisa terhubung jika password yang disimpan sudah lama. Apalagi bila kata sandi sudah diubah.

Ini juga akan menjadi masalah otentikasi wifi ketika Anda mencoba menyambung ke WiFi. Cara mengatasinya adalah membantu mengatur ulang perbuatan kata sandi perangkat WiFi. Bagaimana caranya? Coba cari referensi yang bermacam-macam karena setiap merek biasanya memiliki layout yang berbeda. Untuk melihat kata sandi wifi dan mengubah kata sandi, itu ada di artikel selanjutnya.

Buka Blokir WiFi

Membuka blokir WiFi juga merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan masalah otentikasi WiFi di Android. Bisa jadi Anda tidak pernah secara tidak sengaja melakukan pengaturan yang salah yang mengakibatkan WiFi diblokir di smartphone Anda. Ini membuat kita kerepotan.

Seberapa banyak anda mencoba menghubungkan kembali, ternyata Anda tidak dapat terhubung dengan benar. Cara membuka blokir setiap merek tentu berbeda-beda. Anda dapat mempelajarinya sendiri cara membuka blokir WiFi di android Anda.

Setel Ulang Perangkat WiFi

Saat Anda memiliki perangkat WiFi, biasanya Anda akan mendapatkan semacam buku panduan untuk perangkat yang Anda beli. Pertama periksa dan baca cara mengatur ulang WiFi. Setiap perangkat dengan pabrikan yang berbeda tentunya memiliki cara yang berbeda pula.

Jadi, sesuaikan dengan pedoman yang ada dan lakukan perlahan tanpa perlu terburu-buru. Mengatur pengaturan WiFi adalah cara mudah untuk menyelesaikan masalah otentikasi pada WiFi. Setel ulang sesuai petunjuk dan mulai ulang seperti biasa.

Baca juga  Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam dan Manfaatnya

Mulai ulang Android

Masalah bisa terjadi bukan pada WiFi tapi di Android yang Anda miliki. Karena itu, coba setel ulang Android dan sambungkan ke WiFi lagi. Biasanya masalah sepele seperti masalah pada cache juga berpengaruh.. Coba restart telepon dan ketika sudah menyala kemudian hubungkan telepon ke WiFi lagi. Cara ini juga cukup mudah untuk bisa terhubung kembali ke Android.

Ini juga dikatakan lumrah, karena sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk membuat jaringan WiFi kembali lancar. Biasanya ada berbagai solusi yang ditawarkan seperti mengganti router atau modem dan sejenisnya.

Menggunakan WiFi memang akan lebih menguntungkan, apalagi jika aktivitas Anda kebanyakan di dalam ruangan dan terkoneksi dengan internet. Selain itu, jaringan WiFi cenderung stabil sehingga dapat mendukung berbagai macam pekerjaan yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Meski hanya melalui Android, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tahu betul bagaimana mengatasi masalah otentikasi WiFi di android. Cari tahu cara mana yang benar dan buat Android bisa menyambungkan kembali WiFi. Lakukan satu per satu cara atau tip seperti yang telah terjadi. Jika Anda mengalami masalah, jangan ragu untuk meminta bantuan teknisi WiFi dengan menghubunginya dan menjelaskan kesulitan yang Anda hadapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here