Terakurat – Cara Mengatasi Wifi Lambat – Saat ini WiFi merupakan salah satu kebutuhkan yang bisa dibilang sangat penting. Pasalnya hampir semua kegiatan dilakukan secara online dengan menggunakan internet, maka kita membutuhkan koneksi salah satunya adalah dengan menggunakan WiFi. Hampir seluruh wilayah Indonesia sudah tersedia jaringan internet, apalagi jika kalian tinggal di kota-kota besar, hal ini tersebut tentunya bukanlah sebuah barang yang mewah.

Cara Mengatasi Wifi Lambat

Hampir semua tempat nongkrong atau kafe sudah menyediakan layanan WiFi gratis. Hal ini dikarenakan bisa menjadi salah satu daya tarik orang untuk memilih tempat tersebut.

Tak hanya tempat makan, bahkan wifi juga telah tersedia di taman umum yang dikelola oleh pemerintah khususnya. Sebagai orang yang menggunakan wifi, tentunya kamu pernah mengalami koneksi yang lambat.

Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Nah, berikut ini cara mempercepat koneksi wifi yang mungkin bisa kamu lakukan.

Hampir semua tempat nongkrong atau kafe sudah menyediakan layanan WiFi gratis. Hal ini dikarenakan bisa menjadi salah satu daya tarik orang untuk memilih tempat tersebut. Tak hanya tempat makan, bahkan wifi juga telah tersedia di taman umum yang dikelola oleh pemerintah khususnya.

Sebagai orang yang menggunakan wifi, tentunya kamu pernah mengalami koneksi yang lambat. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Nah, berikut ini cara mempercepat koneksi wifi yang mungkin bisa kamu lakukan.

Uji kecepatan Broadband

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat koneksi wifi adalah dengan melakukan tes kecepatan untuk mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan. Teknik yang satu ini untuk mengetahui kecepatan unduh dan unggah sekaligus memberikan kamu referensi untuk mengukur seberapa efektif metode yang kamu lakukan untuk mempercepat wifi.

Baca juga  Cara Mengetahui Nama Font Pada Gambar Dengan Mudah!

Untuk melakukannya sangatlah mudah, kamu hanya tinggal mengunjungi situs penguji kecepatan. Kamu bisa menggunakan Speed Test, atau platform lainnya yang menurut kamu lebih kuat dan terpercaya.

Caranya adalah kamu cukup masuk ke situs tersebut lalu klik mulai dan informasi perihal unduh dan unggah akan ditampilk atau cukup mengetik “Speed Test” ke Google, dan Google akan langsung memberikan pemeriksaan kecepatan dalam browser.

Restart Ulang Router

Cara yang satu ini adalah salah satu cara yang paling populer atau biasa dilakukan jika kecepatan wifi melambat. Memuat ulang perangkat bisa memberikan jalan keluar untuk beberapa masalah, salah satunya mempercepat koneksi wifi.

Kamu hanya perlu mematikan router selama kurang lebih 15 detik, lalu menyalakannya kembali. Kebanyakan router memiliki tombol power pada bagian belakang atau kamu bisa mencabut adaptor untuk memutus daya dan mematikannya.

Setelah proses selesai silahkan tunggu minimal 1 menit, lalu kamu bisa mencoba kembali. Jika tidak ada perubahan maka kamu bisa memuat ulang perangkat yang terhubung ke wifi yang digunakan. Tak jarang perangkat yang tersambung ke jaringan wifi menjadi alasan terjadinya masalah pada wifi.

Ganti Router

Cara lainnya adalah dengan mengganti router yang saat ini kamu gunakan. Pastikan router yang kamu miliki memiliki standar wifi terbaru. Karena jika kamu menggunakan standar wifi terbaru secara langsung maka kecepatannya akan meningkat dan biasanya juga menyediakan jangkauan konektivitas yang lebih luas.

Tak perlu khawartir mengenai hal ini, pasalnya jika kamu adalah pelanggan setia salah satu perusahaan penyedia jasa layanan internet biasanya mereka akan mengirimkan router terbaru secara gratis. Kamu cukup membayar biaya pengirimannya saja.

Network Reset &Flushing DNS

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan Network Reset & Flushing DNS. Flushing DNS ini berfungsi untuk mereset cache DNS pada komputer yang sedang digunakan untuk menyesuaikan informasi yang terjadi pada nama server, domain DNS dengan data baru. Jika kamu melakukan cara ini biasanya dapat mengatasi masalah internet yang kurang stabil.

  • Klik kanan pada mouse lalu buka Command Prompt setelah itu pilih Run As Administrator.
  • Ketik Ipconfig/flushdns lalu tekan enter.
  • Setelah selesai, ketikan ipconfig/renew lalu enter.
  • Kemudian tutup kembali Command Prompt dan silahkan coba mengakses internet.
Baca juga  Cara Mirroring Android ke Laptop Tanpa Harus Root!

Itulah beberapa cara mengatasi wifi lambat yang bisa kamu lakukan, jika koneksi wifi yang kamu gunakan menjadi lambat. Pada era serba cepat seperti sekarang ini, terlebih untuk orang-orang yang memang memiliki mobilitas tinggi dan memiliki kebutuhan yang tinggi akan internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here