Bukan hanya di Indonesia Rumah dan lokasi berhantu juga ada dalam film-film Hollywood. Latar dalam sebuah film sangat berpengaruh untuk menambah suasana seram dan mencekam. Berikut inilah beberapa film yang memiliki lokasi angker sungguhan.

Rumah Keluarga Perron – Amerika Serikat (The Conjuring).


Rumah ini dihuni oleh keluarga Perron dan karena keangkerannya kemudian diangkat menjadi inspirasi film The Conjuring (2013). Menurut Ed dan Lorraine Warren, keluarga Perron sering dihantui oleh seorang penyihir jahat bernama Bathsheba Sherman yang tinggal di rumah tersebut pada abad ke-19. Bathsheba dipercaya telah mengutuk tanah dan rumah tersebut agar semua orang yang tinggal di sana mati dan diganggu dan diteror oleh makhluk halus.


Menurut pengakuan keluarga Perron, rumah besar yang punya 14 kamar tersebut telah menjadi sarang bagi seorang roh jahat dan lima hantu anak kecil. Meski semua anggota keluarga dihantui, korban utama dari rumah angker ini adalah sang ibu, Lorraine. Suatu saat, Lorraine pernah bangun dari tidur dan ngelihat penampakan kepala seorang nenek dengan baju putih lusuh.

Rumah Keluarga Hodgson – Amerika Serikat (The Conjuring 2).


Melanjutkan film pertamanya, Conjuring 2 (2016) lagi-lagi film ini mengambil latar lokasi angker asli yang ada di dunia nyata. Namun kali ini, James Wan dan kawan-kawan mengambil latar di rumah keluarga Hodgson yang berlokasi di 284, Green Street, Brimsdown, Enfield, Inggris.

Di rumah ini pernah terjadi sebuah insiden supranatural yang paling fenomenal sepanjang sejarah, yaitu Enfield Poltergeist. Kasus ini juga sempat mengundang perhatian media besar Inggris, seperti Daily Mail dan Daily Mirror, dan juga mengundang perdebatan antara yang percaya dan yang skeptis.

Baca juga  Lima Pemain di Film James Bond 25 (2019).


Selama dua tahun, dua anak perempuan dari keluarga Hodgson mengaku diganggu oleh makhluk halus dan fenomena poltergeist. Menurut Peggy Hodgson, ibu dari kedua anak tersebut, terdengar suara ketukan dan tumbukan dari tembok. Perabotan yang ada di rumahnya juga berterbangan.

Yang lebih mengerikan lagi salah seorang anak perempuan dari keluarga tersebut berbicara dengan suara iblis dan melayang saat berada di kamarnya.

Rumah Keluarga Lutz – Amerika Serikat (Amityville).


Bisa dibilang, rumah yang berlokasi di 112 Ocean Avenue, Amityville, New York, Amerika Serikat, ini merupakan lokasi angker terpopuler di dunia. Pasalnya terdapat banyak kisah horor, baik dalam bentuk novel maupun film banyak yang terinspirasi dari rumah ini. Contohnya seperti novel The Amityville Horror, waralaba film Amityville, atau Conjuring 2 yang sekilas membahastentang kisah horor dan tragis yang pernah ada di rumah ini.

Kisah horor rumah Amityville berawal pada 13 November 1974. Ronald DeFeo, Jr. membunuh keluarganya sendiri di dalamrumah tersebut. Setahun kemudian, George dan Kathy Lutz bersama tiga orang anaknya pindah menempati rumah yang jadi TKP pembunuhan sadis ini. Setelah 28 hari, keluarga ini akhirnya kabur karena mengaku diganggu oleh makhluk halus yang menempati rumah tersebut. Meskipun begitu, keluarga-keluarga yang tinggal selanjutnya mengaku tidak pernah lagi mengalami hal-hal aneh.

Chernobyl – Ukraina (Chernobyl Diaries).


Tempat ini terkenal angker bukan karena kisah horor yang terjadi didalamnya. Chernobyl adalah sebuah kota kecil di Ukraina yang “hancur” karena ledakan reaktor pembangkit tenaga nuklir pada 26 April 1986. Efeknya pun berlangsung sampai saat ini. Kota yang tadinya hidup mendadak jadi mati karena tidak pernah dihuni karena radiasi radioaktif. Udara di sana pun menjadi mematikan jika terlalu banyak dihirup oleh manusia.

Baca juga  Rekomendasi Drama Korea Bertema Cinta Pertama!


Suasana suram yang ada di Chernobyl menjadi inspirasi untuk film Chernobyl Diaries (2012). Film horor ini menceritakan tentang sekelompok anak muda yang melakukan “tur ekstrem” di kawasan Chernobyl. Namun sayangnya, rasa penasaran mereka akan tempat ini berubah menjadi petaka setelah sadar bahwa mereka ternyata tidak sendirian di sana. Film ini tedak benar-benar syuting di Chernobyl loh, karena situasi yang bisa membahayakan manusia.

Catacombs – Perancis (As Above, So Below).


Film As Above, So Below (2014). Film yang disutradarai oleh John Erick Dowdle ini telah mendapat izin untuk syuting di tempat yang menjadi latar kisahnya, yaitu Catacombs of Paris. Meski begitu, tidak semua tempat yang ada di Catacombs bisa diakses oleh para tim produksi film ini. Pasalnya, Catacombs termasuk luas dan punya banyak lorong yang bisa menyesatkan orang, layaknya sebuah labirin.


Perlu diketahui, Catacombs merupakan kuburan massal bawah tanah yang dibangun pada 1810. Kuburan ini dipercaya diisi oleh enam juta orang yang tinggal tersisa tengkorak dan tulang belulangnya saja. Catacombs sendiri dibangun karena kuburan di atas permukaan Kota Paris tidak mampu lagi menampung mayat.

Kesan horor sendiri akan didapat lewat suasana suram dan tembok yang berhiaskan tengkorak manusia. Belum lagi lorong-lorong sempit yang bisa bikin kamu nyasar dan memicu claustrofobia. Meski begitu, tempat ini sekarang sudah menjadi salah satu objek wisata favorit di Paris lho!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here