Terakurat.com -Cara mengetahui nama font – Buat kamu yang seorang desainer grafis mungkin pernah kebingungan untuk mencari jenis font yang di minta oleh klien. Bahkan kadang klien hanya datang membawa gambar yang didalamnya terdapat contoh font yang mereka mau saja.

Jika kamu kesulitan untuk mengetahui nama font yang ingin kamu ketahui ini maka kamu tidak perlu susah-susah mencarinya. Karena saat ini sudah ada aplikasi untuk mendeteksi jenis font, baik dari pdf ataupun berupa gambar.

Cara mengetahui Nama Font Menggunakan Aplikasi

Buat kamu yang kebingungan mencari nama font yang ingin kamu ketahui, berikut ini adalah aplikasi untuk mengetahui jenis font yang dapat kamu gunakan secara mudah.

Photoshop CC

Mungkin aplikasi yang satu ini sudah familiar di telingga anda, selain digunakan untuk megedit gambar bitmap ternyata Photoshop juga dapat digunakan untuk mendeteksi font.

Caranya juga cukup mudah.

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Photoshopnya
  • Setelah itu pilih file yang ingin kamu deteksi nama font nya.
  • Jika sudah lalu kamu bisa menekan shortcut CTRL+O pada keyboard.
  • Selanjutnya kamu dapat langsung menemukan “type” pada bar tools paling atas dan pilihlah “Match Font”

Cara Mengetahui Jenis Font Menggunakan Web Browser

Jika kamu merasa ribet menggunakan Aplikasi Photoshop untuk mengetahui nama font, berikut ini cara lain yang bisa kamu coba untuk mengetahui nama font yaitu menggunakan Web Browser.

Kamu dapat memanfaatkan beberapa situs online yang menyediakan jasa pencari jenis font. Berikut daftar situs yang menyediakan jasa pencari jenis font.

WhatTheFont

Cara penggunaannya cukup mudah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memotret font yang ingin anda deteksi jenisnya dan pastikan juga memotretnya dengan jelas setelah fotonya tersimpan maka hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah , kedalam situs WhatTheFont dan upload hasil foto tadi kedalam website ini.

Baca juga  Tips Melihara Hamster Dengan Baik dan Mudah Dilakukan Untuk Pemula

Secara otomatis situs ini akan mencarikan jenis dan nama font yang ingin anda ketahui.

Identifont

Jika situs yang pertama tadi menawarkan pencarian menggunakan sebuah gambar, maka Identifont menawarkan pencarian jenis font menggunakan pengajuan beberapa pertanyaan.

Disitus ini kamu hanya perlu menjawap pertannyaan seputar jenis font yang kamu lihat atau font yang ingin kamu ketahui.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan hanyalah masuk ke situs Identifont. Kemudian akan muncul beberapa kolom yang berisi pertanyaan. Kamu hanya perlu menjawab pertanyaannya satu persatu.

Untuk menggunakan Identifont ini kamu harus mengetahui sedikit tentang jenis font. Atau anda juga dapat mencari jenis font menggunakan nama si pembuat font tersebut.

Font Matcherator

Selain beberapa situs diatas tadi, berikut ini Matcherator juga hadir menyediakan jasa pencarian jenis font. Situs ini memiliki cara kerja yang tidak jauh berbeda dengan situs WhatTheFont.

Cara menggunakannya juga hampir sama, yaitu anda hanya perlu masuk ke situs Font Matcherator terlebih dahulu.

Kemudian kamu hanya perlu mengupload gambar atau foto yang ingin kamu ketahui namanya dengan mengklik upload image.

Setelah itu biarkan beberapa saat karena Font Matcherator akan bekerja mencari font yang ingin anda ketahui.

Kelebihan Font Matcherator ini adalah tak hanya mencari dengan menggunakan metode upload foto, tetapi kamu juga bisa mengcopy URL situs yang ingin anda ketahui jenis font nya.

FontFaceNinja

Berbeda dengan Font Macherator, FontFaceNinja ini akan mencarikan font yang berada di internet. Cara kerjanya pun sangat unik, yaitu kamu hanya perlu mengunjungi website FontFaceNinja. Kemudian kamu akan diminta untuk menginstal plugin dari FontFaceNinja.

Setelah Pluginnya terinstal, kemudian FontFaceNinja ini akan secara otomatis mencari tahu setiap jenis font dari situs yang anda kunjungi.

Baca juga  Menghapus Cache di Android Hingga Bersih Dengan CC Cleaner

Perlu kamu ketahui bahwa FontFaceNinja hanya akan mencari jenis font yang berada di internet saja.

Flickr Typeface Identification

Flickr merupakan situs penyedia macam-macam jenis foto. Oran-orang yang menggunakan Flickr dapat dengan mudah mengupload foto disitus ini. Namun kenyataannya tak hanya mengenai foto-foto saja.

Pasalnya didalam FLickr ini ada sebuah forum diskusi dimana akan membantu kamu untuk mencari jenis dan nama font yang ingin kamu ketahui.

Nama forum diskusi tersebut adalah Flickr Typeface Identification. Diforum ini kamu dapat menanyakan jenis font, jika ada seorang member yang mengetahui maka mereka akan membantu menjawabnya.

Itulah beberapa cara mengetahui jenis font yang dapat anda lakukan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here