Terakurat – Cara Menghemat Kuota Internet – Zaman seperti sekarang ini Internet sudah menjadi hal yang paling penting dan krusial. Bahkan sehari saja tanpa internet, bisa saja mood kamu berantakan. Namun sayangnya penggunakan kuota data internet berbanding terbalik sama harganya. Semakin banyak dan cepat koneksi data yang ditawarkan, maka semakin mahal pula harganya. Tapi tenang, pasalnya buat kamu yang ingin irit dan menghemat kuota. Berikut ini tips cara menghemat kuota dijamin ampuh!

Cara menghemat kuota Internet

Gunakan fitur Chrome data saver untuk browsing

Jika kamu merupakan pengguna Google Chrome Browser, maka kamu bisa memangkas penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur data saver. Cara mengaktifkannya kamu bisa pergi ke menu Setelan> Penghemat data> Aktifkan. Fitur yang satu ini akan mengkompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di ponsel android. Cara menghemat kuota yang satu ini ampuh banget, kamu bisa mengunduh browsernya di Google PlayStore.

Menonaktifkan sinkronisasi perangkat

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah menontaktifkan sinkronisasi perangkat. Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Setelan> Akun > Pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronkan. Hal ini akan menghemat kuota data kamu karena aplikasi tersebut tidak akan berjalan secara otomatis dan tersambung ke internet.

Batasi penggunaan data

Pastinya kamu sudah tahu fitur peringatan penggunaan data yang sudah tertanam di tiap ponsel Android. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang satu ini untuk memberikan kamu peringatan pada saat pemakaian data kamu sudah melampaui batas. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke menu Pengaturan> Data dan pemakaian Kuota> Data seluler> Batasi penggunaan data, tap untuk mengaktifkannya.

Batasi penggunaan data di latar belakang

Baca juga  Cara Melacak Smartphone yang Hilang! Tenang Jangan Panik!

Jika kamu merasa boros pemakaian kuota, salah satu cara lain untuk menghemat penggunaan data adalah membatasinya di latar belakang. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Setelan> Penggunaan Data> Tap 3 titik kanan> Batasi Penggunaan Latar Belakang> OK.

Hal ini akan membatasi penggunaan data pada saat mereka berjalan di latar belakang, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

Meskipun ada konsekuensinya, namun cara menghemat kuota yang satu ini bisa menjadi salah satu opsi andalan kamu.

Identifikasi aplikasi yang menggunakan data di latar belakang

Terdapat beragam aplikasi yang sengaja dibuat untuk memudahkan kita terkoneksi ke internet. Namun hal tersebut tentu saja membuatnya memakan kuota data lebih banyak. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, maka kamu bisa mengunjungi Pengaturan> penggunaan data, gulir kebawa dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data kamu. Solusinya kamu bisa mencopot pemasangan palikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

Batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi

Opsi batasi penggunaan data bukanlah satu-satunya cara untuk membatasi penggunaan data untuk sebuah aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Sinkronisasi memanglah sangat berguna, apalagi jika kamu mengandalkan penyimpanan berbasis awan. Tetapi proses sinkronisasi ini boros batrai. Kamu bisa mengaksesnya melalui pengaturan aplikasi tersebut. Contohnya seperti Galeri Google. Kamu bisa masuk ke opsi pengaturan>Back up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WIFI

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Playstore maka ponsel yang kamu miliki akan memperbaharui aplikasi yang terinstal secara otomatis. Pembaharuan yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan banyak kuota yang sangat besar, hal inilah yang membuat boros kuota.

Baca juga  Cara Ambil Screenshot di Laptop Windows 7, 8, 10 dan Surface dengan Mudah!

Untuk mengatasi hal yang satu ini, kamu bisa mengaktifkan opsi Wifi Only. Aplikasi akan memperbaharui datanya hanya saat ponsel kamu terkoneksi dengan Wifi. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke Google Playstore> Setelan> Update otomatis hanya pada saat terhubung ke Wifi.

Hal di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel kamu jika merasa penggunaan data harianmu cukup boros. Jadi, kamu bisa menghemat penggunaan kuota dam menghemat uang kamu agar tidak selalu membeli pulsa untuk membeli paket internet. Jika kamu memiliki cara lain untuk menghemat kuota jangan lupa tinggalkan dikolom komentar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here