Terakurat – Tips dan Trik Android – Android adalah platform komputasi paling populer di dunia, sebagian besar karena sifat open-source-nya yang kuat. Pengguna semakin menyukai Android karena banyaknya fitur dan opsi penyesuaian, tetapi terkadang semuanya bisa sedikit membingungkan. Google selalu membuat perubahan dan menghadirkan fitur-fitur baru untuk Android, dan OEM seperti Samsung dan LG dapat menambahkan barang mereka sendiri di atas itu.

Tips dan Trik Android

Konfigurasikan Layar Kunci Anda

Ponsel Android semuanya menawarkan berbagai bentuk layar kunci aman. Kebanyakan telepon akan meminta Anda melakukan ini selama penyiapan sekarang, dan Anda harus melakukannya. Standarnya adalah PIN, pola, dan kata sandi. Sebagian besar perangkat sekarang menawarkan keamanan sidik jari yang mungkin merupakan cara tercepat untuk membuka kunci perangkat Anda. Untuk mengontrol layar kunci Anda, buka pengaturan sistem, dan temukan menu Keamanan. Beberapa ponsel memiliki menu layar kunci terpisah. Anda harus memiliki layar kunci aman untuk menggunakan fitur seperti Android Pay dan perlindungan reset pabrik.

Nonaktifkan / Uninstall Bloatware

Sebagian besar ponsel sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang tidak ingin Anda simpan sebelumnya. Untungnya, mereka dapat ditangani hari ini. Beberapa bloat yang sudah diinstal sebelumnya dapat dicopot secara normal dengan menggunakan Play Store atau menemukannya di menu pengaturan aplikasi. Namun, apa pun yang menjadi bagian dari citra sistem tidak dapat dilepas. Yang dapat Anda lakukan adalah menonaktifkannya dengan membuka menu aplikasi dari pengaturan sistem utama dan menemukan aplikasi tersebut dalam daftar Anda. Tepat di bagian atas akan ada tombol “Nonaktifkan” yang menghapusnya dari laci aplikasi Anda dan mencegahnya berjalan di latar belakang.

Temukan Ponsel Anda

Baca juga  Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Kita semua terkadang kehilangan jejak telepon. Mungkin dia bersembunyi di bantal sofa atau duduk di meja dapur. Jangan gila-gilaan mencari ponsel Anda lain kali; cukup gunakan alat “Temukan ponsel saya” dari Google (sebelumnya dikenal sebagai Pengelola Perangkat Android). Anda dapat mengakses ini melalui web di perangkat seluler atau komputer. Cukup masuk ke akun Google Anda, dan pilih ponsel Anda yang hilang dari menu drop-down. Google menjangkau dan menunjukkan di mana tempatnya. Anda juga dapat membunyikan telepon, meskipun dalam mode senyap. Jika yang lebih buruk menjadi yang terburuk, Anda dapat menghapus ponsel dari jarak jauh untuk melindungi data Anda.

Tambahkan Pelacakan Data Seluler

Batas data umum di seluruh operator seluler, dan kecepatan data terus bertambah cepat. Untuk memastikan Anda tidak menghabiskan alokasi bulanan Anda, kunjungi menu penggunaan data di setelan sistem. Beberapa ponsel menyebutnya sesuatu yang sedikit berbeda, tetapi selalu tepat di dekat bagian atas. Di sini, Anda dapat menyetel tanggal penyetelan ulang paket, membuat ambang peringatan, dan bahkan menonaktifkan data secara otomatis saat Anda akan mengalami kelebihan biaya. Jika itu tidak sesuai dengan keinginan Anda, Google memiliki aplikasi di Play Store bernama Datally (foto). Ini mengumpulkan data dari menu pengaturan, dan dapat membatasi data latar belakang dengan penghitung apung yang bagus untuk melacak byte Anda.

Pilih Jangan Ganggu Pengaturan

Setelan notifikasi Android agak membingungkan saat ini. OEM tidak hanya sering mengubah terminologi, tetapi Google sendiri telah memperbaruinya beberapa kali dalam pembaruan terkini. Anda akan menemukan pengaturan untuk fitur ini baik di volume pop-up saat Anda menekan toggle atau dengan masuk ke pengaturan sistem untuk pemberitahuan (biasanya Suara dan Pemberitahuan). Ini akan disebut Jangan Ganggu di sebagian besar perangkat. Di menu ini, Anda dapat memilih kapan DND diaktifkan secara otomatis, apa yang diblokir, dan jika ada kontak yang diizinkan untuk tetap berdering. Pada perangkat Pie, Jangan Ganggu default untuk menyembunyikan notifikasi Anda juga. Pastikan untuk mengubah setelan itu jika Anda masih ingin melihat apa yang terjadi di bayangan pemberitahuan.

Baca juga  Tips Membuat Disinfektan Dari Cairan Pemutih Pakaian

Simpan Peta Offline

Google Maps menyertakan dukungan untuk menyimpan peta secara offline, dan fitur tersebut baru-baru ini diperluas agar lebih canggih. Namun, tidak mudah untuk menemukannya. Temukan area yang ingin Anda simpan secara offline, lalu ketuk di bilah pencarian di bagian atas layar. Tutup keyboard dan gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi untuk mengunduh. Aplikasi akan menampilkan garis besar untuk menunjukkan area yang akan diunduh dan memperkirakan berapa banyak ruang yang akan digunakan. Data offline akan mencakup jalan, tempat menarik dasar, dan kemampuan untuk menggunakan navigasi belokan demi belokan.

Layanan IsiOtomatis

Jika Anda memiliki Android 8.0 atau lebih tinggi di ponsel, Anda tidak perlu lagi mengetikkan sandi. Nah, Anda harus melakukannya lebih sedikit. Kunjungi setelan masukan Anda dan buka menu lanjutan untuk mengaktifkan IsiOtomatis untuk nama pengguna dan sandi. Secara default, Anda dapat mengaktifkan layanan IsiOtomatis Google, yang terkait dengan Chrome. Aplikasi pihak ketiga seperti LastPass dan Dashlane juga memiliki dukungan untuk fitur ini. Cukup ketuk di bidang login di hampir semua aplikasi, dan aplikasi IsiOtomatis Anda dapat menambahkan nama pengguna dan kata sandi yang cocok.

Pastikan Foto Anda Dicadangkan Secara Otomatis

Tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan atau merusak ponsel hanya untuk menyadari bahwa foto Anda tidak di-backup. Anda dapat menghindari ini hanya dengan membuka aplikasi Google Foto dan mengikuti petunjuk untuk mengaktifkan pencadangan otomatis. Mode default adalah “kualitas tinggi” dan ruang tidak terbatas. Ini memampatkan foto Anda, tetapi secara mengejutkan terlihat bagus. Jika Anda ingin menyimpan gambar asli, Anda dapat memilih untuk menggunakan ruang penyimpanan Drive Anda. Anda mendapatkan 15 GB gratis dan dapat membeli lebih banyak.

Baca juga  Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berkebun!

Coba Layar Utama yang Berbeda

Sebagian besar perangkat Android memiliki UI khusus yang dibuat oleh pembuat perangkat (mis. Peluncur Pengalaman Samsung). Itu termasuk layar beranda. Ini adalah bagian penting dari pengalaman, dan beranda default sering kali tidak terlalu efektif. Menginstal alternatif seperti Nova Launcher atau Action Launcher dapat membuat perangkat Anda lebih mudah digunakan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah ikon, menetapkan gerakan navigasi, mengatur aplikasi, dan banyak lagi. Kapan pun Anda ingin beralih antara layar beranda yang diinstal, cukup buka menu Beranda di pengaturan sistem.

Setelah semua Tips dan Trik Android di atas tadi, Anda harus menjadi ahli dalam menggunakan Android. Ini baru permulaan. Ada lebih banyak hal yang bisa ditemukan di Android, dan setiap perangkat sedikit berbeda. Jadi, jangan takut untuk melihat-lihat di sudut gelap yang dalam dari setelan dan lihat apa yang dapat Anda temukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here