Penuaan dini merupakan suatu kondisi yang dialami kulit ketika mengalami tanda-tanda penuaan sebelum waktunya. Hal ini tentu saja bisa terjadi akibat kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat, sehingga berdampak pada kulit. Ciri-ciri penuaan dini meliputi beberapa tanda seperti kulit kering dan kusam, mulai muncul garis halus, bintik hitam, tidak meratanya warna kulit (hiperpigmentasi), dan masih banyak lagi gejala lain yang ditimbulkan.

Kamu mungkin saja bertanya-tanya, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki kulit yang sehat dan tampak awet muda. Baik, mari kita bahas secara rinci bagaimana cara mencegah penuaan dini yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 


 
Berikut ini cara mencegah penuaan dini diantaranya :

Jangan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol.

Kamu pasti sudah tahu bahwa memiliki kebiasaan merokok serta mengonsumsi alkohol adalah kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan kita. Namun, tahukah kamu bahwa hal tersebut menjadi salah satu penyebab kulit mengalami penuaan dini? 

Hal ini disebabkan oleh kandungan zat kimia dalam rokok dapat menyebabkan perubahan struktur kulit sehingga dapat menyebabkan penuaan dini. Sedangkan alkohol, dapat pelebaran pembuluh darah pada tubuh (vasodilatasi) yang juga sebabkan penuaan dini. 

Istirahat Cukup 

Selain memberi energi di keesokan hari, memiliki waktu tidur yang cukup juga dapat memperlancar proses sel regenerasi sel sehingga skin barrier tetap terjaga. Sebaliknya, memiliki tidur yang tidak berkualitas dapat membuat tubuh mengalami penuaan dini lebih cepat akibat muka yang terlihat lesu serta terhambatnya proses regenerasi sel. 

Olahraga Teratur

Ketika tubuh kita rutin berolahraga, peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar. Dengan memiliki aliran darah yang lancar terutama pada kulit, aliran toksin dan radikal bebas di dalam dapat terbuang lebih cepat. Hal ini akan membuat kulit terlihat sehat dan segar. 

Baca juga  Cara Merawat Kuas Make Up.

Penuhi Nutrisi dengan Makanan Bergizi

Tidak hanya tubuh kuat yang membutuhkan nutrisi lengkap, kulit yang sehat juga membutuhkannya. Pasalnya, nutrisi dalam makanan seperti antioksidan dan lemak sehat memiliki fungsi dalam menjaga kulit tetap terhidrasi, kencang, dan bercahaya. 

Manajemen Stress dengan Baik 

Rasa stress yang berlebihan ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh. Hal ini disebabkan hormon kortisol yang dilepaskan saat kita mengalami stress yang dapat merusak kolagen dalam kulit. Untuk itu, pastikan kamu melakukan manajemen stress yang kamu miliki dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan bagimu. 

Rutin Double Cleansing 

Memastikan wajah benar-benar bersih merupakan cara mencegah penuaan dini yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, membiarkan makeup menempel di wajah terlalu lama tanpa membersihkan setelahnya dapat sebabkan berbagai masalah kulit seperti pori tersumbat, munculnya jerawat, hingga kulit iritasi dan kering yang dapat mempercepat penuaan dini.

Paling Penting: Gunakan Sunscreen! 

Tahukah kamu? Sinar UV yang dipancarkan oleh matahari merupakan faktor terbesar terjadinya penuaan dini pada kulit. Sehingga, cara mencegah penuaan dini yang paling utama adalah dengan rutin menggunakan sunscreen setiap harinya. 

Hingga saat ini, masih banyak orang yang berasumsi bahwa menggunakan sunscreen hanya dibutuhkan saat keluar rumah dan ketika matahari sedang terik. Padahal, apapun cuacanya, sinar UV yang dipancarkan oleh matahari tetap ada, meskipun ketika cuaca sedang berawan ataupun hujan.

Hal ini disebabkan oleh gelombang radiasi dari sinar UV yang dapat menembus awan, bahkah kaca rumah dan sela-sela pintu. Jadi, apapun cuaca dan kegiatannya, pastikan kamu tetap menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu, ya! 

Sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini atau photoaging. Saat ini, banyak sunscreen yang beredar di pasaran dengan SPF 50+ serta PA++++. Meskipun sudah memiliki tingkat perlindungan dari sinar UV tertinggi, SPF dan PA yang tinggi pada sunscreen belum tentu awet pada kulit dan mampu berikan perlindungan secara maksimal, lho.

Baca juga  Treatment untuk Pria Tampil Glowing!

Nah itulah 7 cara untuk mencegah penuaan dini dengan mudah. Cara tersebut juga sanagat cocok dipraktikan untuk kamu yang menolak tua. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here