Terakurat.com – Cara mudah mirroring android – Tidak banyak orang yang tahu bahwa tampilan yang sedang digunakan pada ponsel Android dapat ditampilkan juga pada layar yang ukuranya lebih besar. Cara ini lazim digunakan sebagai morroring dan fitur yang mendukung cara ini disebut sebagai miracast.

Miracast hanya bekerja dengan perangkat display, dan fitur ini tidak dapat bekerja pada perangkat PC ataupun Laptop. Nah, berikut ini adalah beberapa fitur yang mirip seperti Miracast tapi tetap dapat terhubung dengan Laptop dan PC.

Untuk menampilkan layar yang sedang kamu gunakan ke PC, pada umumnya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Lalu bagaimana cara membuat layar android yang sedang digunakan dapat terhubung ke laptop atau PC?

Menggunakan Screen Mirror

Screen mirror adalah apkiasi android yang dapat menampilkan layar yang sedang kamu gunakan di android menjadi muncul di PC atau Laptop. Cara penggunaanya juga tidaklah terlalu sulit, sehingga dapat dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu mengikuti cara-caranya seperti di berikut ini.

  • Download Screen Mirroring di Google Playstore
  • Setelah itu nyalakan thetering hotspot pada android.
  • Jika sudah, hubungkan dengan laptop atau pc kamu yang menggunakan tethering di ponsel.
  • Pastikan juga bahwa tidak ada lagi perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama.
  • Lalu, buka situs Screen Mirrir di Laptop menggunakan Browser.
  • Di situs Screen mirror nantinya akan manampilkan kode QR seperti gambar berikut ini.
  • Scan kode QR tersebut menggunakan aplikasi Screen mirror yang kamu instal tadi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat melakukan banyak hal seperti, Tangkapan layar langsung dari situs manapun yang sedang kamu kunjungi. Namun aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk mentransfer data apapun dari android ke PC.

Baca juga  Tips Mewarnai Rambut.

Menggunakan VYSOR

cara mudah mirroring android menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Vysor merupakan aplikasi android terbaik untuk mirroring dari android ke pc. Cara menggunakannya juga tidaklah sulit. Berikut cara menggunakan vysor.

  • Hal pertama harus kamu lakukan adalah mengaktifkan USB Debuging pada android yang sedang kamu gunakan.
  • Untuk mengaktifkan USB Debuging kamu harus mengaktifkan Opsi Pengembang.
  • Tiap perangkat android pasti berbeda-beda untuk mengaktifkannya. Akan tetapi pada umumnya ada di bagian Setelan pada info Build Number atau Versi Pita Basis, jika pada MIUI tap pada bagian Versi Miui. Lalu tap sebanya 7 kali higga ada pemberitahuan pop up “anda sudah mengatifkan opsi Pengembang”.
  • Jika sudah masuk ke Opsi Pengembang lalu aktifkan USB Debugging.
  • Unduh aplikasi Vsyor di Google Playstore.
  • Lalu buka browser Chrome yang ada di PC kamu
  • Setelah itu pasanglah ekstensi Vsor di Chrome dan jalankan aplikasi Vysor.
  • Jika sudah buka aplikasi Vsor di Android dan PC nantinya kamu akan diminta menghubungkan antara Vysor yang berada di pc dan android menggunakan kabel USB.
  • Setelah di hubungkan maka Vysor yang di PC akan secara otomatis mendeteksi tampilan layar android

Menggunakan AirDroid

cara mudah mirroring android menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

AirDroid tak hanya sekedar aplikasi untuk menampilkan layar android yang sedang di gunaka ke pc saja. Aplikasi yang satu ini dapat berfungsi sebagai file manager yang dapat di akses melalui pc, meski dengan fitur yang terbatas.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi AirDroid di ponsel dan mendaftar akun Airdroid.

Setelah itu akses situs AirDroid menggunakan browser, atau kamu juga dapat mengunguh aplikasi AirDroid untuk dekstop.

Cara menghubungkannya, kamu harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama terlebih dahulu. Kemudian login ke akun AirDroid yang ada di Web AirDroid ata program AirDroid. Kamu diwajubkan untuk masuk menggunakan akun yang sama pada ponsel android yang ingin kamu mirroring.

Baca juga  Anti Virus Android Terbaik untuk Melindungi Smartphone Android

Dengan mengunakan aplikasi yang satu ini kamu dapat tampilan android yang sedang kamu gunakan kamu dapat melakukan Screenshoot dengan mudah dan dapat bertransfer file.

Hal yang menarik dari ponsel yang satu ini adalah cara menggunakannya yang terbilang mudah dalam mengakses data-data yang berada di android.

Namun, fitur tersebut hanya ada untuk versi yang Pro alias Berbayar. Jika kamu memilih AirDroid versi yang berbayar, kamu dapat memiliki beragam fitur menarik seperti transfer data yang tidak ada batasnya dan remote data quota dan sudah tentu saja tanpa adanya iklan yang mengganggu.

Na, itulah beberapa cara mudah mirroring android menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Google Play Error

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here