Terakurat.com – Mengatasi Google Play Error – Bagi beberapa pengguna smartphone Android, pastinya pernah mengalami aplikasi Google play-nya mengalami masalah. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu karena Google Play Store merupakan aplikasi yang sangat penting bagi perangkat Android.

Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, berikut ini cara mengatasi Google play Error.

Mengatasi Google Play Error dengan Cara yang Mudah

source : android central

Bersihkan Cache

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan cache pada smartphone yang kamu gunakan. Cache merupakan tempat penyimpanan daa sementara sehingga aplikasi dapat berjalan dengan cepat. Namun terkadang menimbulkan beberapa masalah.

Cara membersihkannya kamu cukup membuka pengaturan perangkat lalu pilih tab Aplikasi. Setelah itu carilah aplikasi Google Play Store di daftar aplikasi terpasang.

Hapus data Aplikasi

Jika langkah diatas tadi tidak membuahkan hasil, selanjutnya yang harus kamu coba adalah menghapus data aplikasi. Cara ini mengembalikan Google Play Store seperti semula dan juga menghapus riwayat pencarian yang tersimpan. Caranya sama seperti menghapus cache, kamu cukup menekan tombol Hapus Data.

Uinstall Update

Update Google Play memanglah sangat penting, namun terkadang terdapat masalah sehingga menjadikan Google play Error. Oleh kara itu maka cobalah melakukan uinstall pembaharuannya. Caranya seperti menghapus data aplikasi, namun kali ini hanya menekan tombol Uinstall Pembaharuan.

Download manager Terhenti

Hal lainnya yang dapat menyebabkan Google Play berhenti bekerja adalah Download manager yang tidak aktif. Maka dari itu, kamu harus mengaktifkan kembali aplikasi yang satu ini dengan cara mengklik tombol “Aktifkan” pada pengaturan Aplikasi. Jika terdapat tombol “Non aktifkan” yang tidak bisa di klik, itu tandanya aplikasi sudah aktif dan tidak ada masalah pada aplikasi Download manager ini.

Baca juga  Cara Mudah Kompres Vidio Tanpa Mengurangi Kualitas Vidio!

Keluarkan Akun Google

cara yang satu ini dapat anda lakukan dengan cara mengeluarkan akun google yang tertaut di smartphone yang kamu miliki. Caranya masuk ke menu Setelan atau Peraturan. Kemudian pilih opsi Akun Google lalu pilih Log Out.

Setelah itu muali ulang perangkat kamu dan cobalah untuk memasukannya kebali akun yang kamu miliki pada menu pengaturan tambahkan akun.

Lakukan Format data Pabrik

Jika semua cara di atas yang telah kamu lakukan tak membuahkan hasil, Maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mereset smartphone ke pengaturan bawaan.

Cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan pada perangkat anda dan akan membuat perangkat yang kamu miliki seperti baru lagi tanpa aplikasi yang pernah kamu instal sebelumnya.

Oleh karena itu, kamu harus mencadangkan data yang ada di smartphone mu sebelum melakukan reset data pabrik ini.

Untuk melakukan reset data pabrik, kamu hanya perlu masuk ke setelan mdan kemudian pilih hapus data dan setel ulang.

Dengan cara ini maka aplikasi Google playstore dan lainnya akan kembali bekerja dengan normal.

Nah, itulah cara sederhana cara mengatasi google play error. Jika kamu memiliki cara lain untuk mengatasi hal ini jangan lupa tulis pendapat anda di kolom komentar dibawah ini.

Baca juga : Cara Paling Mudah Mengembalikan Data Yang Terformat di Flashdisk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here