Terakurat.com – Cara Mudah Cek KTP Secara Online – Identitas waga Indonesia dapat diketahui dengan mudah dengan Kartu Tanda Penduduk atau biasa disingkat KTP. Bagi warga negara Indonesia yang sudah cukup umur atau berusia 17 tahun, maka identitas berupa Kartu Tanda Penduduk sudah bisa didapatkan.

KTP sangat diperlukan ketika kita melakukan pendaftaran di suati instansi. Selain itu, bahkan hampir di setiap acara penting WNI perlu menunjukan KTP. Akan tetapi Kartu Tanda Penduduk yang sudah jadi dapat dipastikan kebenarannya. Fungsi E-KTP

Pembuatan E-KTP yang diwajibkan untuk Warga negara indonesia tentunya memiliki fungsi yang spesifik. Fungi tersebut diantaranya adalah:

  • Mengurangi risiko penggandaan identitas atau pemalsuan KTP. Apabila tidak memiliki E-Ktp maka seseorang akan dapat memiliki dua hingga beberapa KTP sekaligus.
  • Meningkatkan efisiensi pengurusan dokumen.
  • Mengurangi kejahatan berupa kelalaian pembayaran pajak.
  • Mengantisipasi adanya identitas apabila individu dimasukan ke dalam Daftar Pencarian Orang.

Setiap Warga Negara Indonesia akan mendapatkan sebuah KTP dengan 1 nik saja. Nantinya data NIK tersebut akan berlaku seumur hidup sebagai identitas tunggalnya. Nah bagaimana cara mengecek KTP secara Online dengan mudah? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mudah Cek KTP Secara Online

  • Melalui Website Pemerintah Daerah atau Disdukcapil

Pengecekan KTP secara online di seluruh indonesia dapat dilakukan melalui halaman website pemerintah. Namun halaman untuk mengeceknya tidaklah sama. Jika kamu sudah terdaftar maka status data diri akan muncul pada layar. Hal seperti ini hampir sama di semua halaman Disdukcapil yang menyadiakan fasilitas download data secara lengkap, sehingga WNI dapat memastikan data yang sudah terekam pada E-KTP.

  • Melalui Card Reader E-KTP

Pengecekan KTP menggunakan card reader ini dinilai lebih praktis. Pasalnya tidak perlu menggunakan komputer, pengecekan tetap dapat dilakukan. Card reader mampu membaca chip yang berada pada E-KTP sehingga data dapat dengan langsung diketahui.

Baca juga  Inilah Perbedaan Ponsel Second dan Rekondisi!

Meski demikian, penggunaan card reader hanya dilakukan oleh instansi tertentu saja, seperti halnya Disdukcapil. Kamu hanyalah perlu datang ke kantor intansi terkait dan mengutarakan keperluan.

  • Cek menggunakan aplikasi Cek KTP Online

Selain menggunakan dua cara di atas tadi, kamu juga dapat cek KTP secara Online menggunakan aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau Apps Store. Prosedur pengecekan dapat dilakukan dengan cara memasukan NIK, kemudian mengklik cari atau cek yang terdapat didalamnya. Setelah itu maka datapun akan langsung ditampilkan.

Terdapat beragam aplikasi yang menyediakan pengecekan E-KTP secara online, maka pilih aplikasi terpercaay dengan rating terbaik. Selain itu kamu harus tetap selalu waspada apabila ada aplikasi diminta untuk mengisi data selain NIK.

Informasi seputar NIK yang terdapat pada E-KTP

Pada NIK E-KTP terdapt beberapa data penting meskipun hanyalah berupa nomor. Pengaturan NIK dikelola oleh Direktur Jendral Dukcapil. Nomor tersebut merupakan kode tertentu untuk menunjukan informasi data diri. Pada NIK KTP terdapat 16 digit angka dengan keterangan sebagai berikut.

  • AB: Kode Propinsi
  • CD: Kode Kabupaten/Kotamadya
  • EF: Kode Kecamatan
  • HH: Tanggal Lahir
  • BB: Bulan Lahir
  • TT: Tahun Lahir
  • 1111: Nomor Registrasi Kependudukan

Nomor registrasi kependudukan disesuaikan dengan urutan tanggal, bulan serta tahun kelahiran pada suatu wilayah.

Demikianlah cara mudah cek KTP secara Online di seluruh Indonesia. Apabila kamu mendapati data yang berbeda atau tidak sesuai maka segeralah laporkan kepada pengurus RT dan RW agar pembaharua segera di proses. Selain itu pastikan juga bahwa pada KTP online sudah benar karena nantinya semua data yang memerlukan KTP akan saling terintergrasi.

Kamu dapat menyesuaikan kesibukan dengan agenda harian agar dapat bisa meluangkan waktu untuk mengecek data diri. Alangkah baiknya bila apabila kamu melakukan pengecekan sedini mungkin. Apabila kamu mendapati kesalahan pada e-KTP milik mu maka data dapat langsung diperbaiki dan kamupun akan mendapatkan KTP baru.

Baca juga  Fakta Menarik Yang jarang Diketahui.

E-KTP dapat diganti baru apabila sudah rusak atau WNI sudah berganti status, ganti alamat, berganti status pasangan. Agar bisa mengajukan perubahan E-KTP langkah pengurusan e-KTP dilakukan mulai dari awal. Setelah itu kamu bisa dengan mudah mendownliad aplikasi cek KTP untuk memastikan bahwa KTP yang sudah di ubah sudah di perbaharui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here