Terakurat.com – Resep Minuman Untuk Sahur – Ibadah puasa yang dijalankan oleh umat muslim di seluruh dunia dapat melatih kesabaran agar mendapat pahala yang berlipat ganda. Akan tetapi, tak jarang tubuh terasa lelah pada saat siang hari, apalagi dengan cuaca di indonesia yang memicu tubuh dehidrasi. Tentunya, kamu bisa mempersiapkan puasa dengan mengonsumsi minuman yang tepat pada saat sahur.

Resep Minuman Untuk Sahur ada baiknya tidak ditambah dengan gula yang berlebihan. Karena kadar gula yang meningkat inilah yang seringkali membuat kamu menjadi lesu sepanjang hari.

Ada bayak pilihan minuman yang bisa memberikan energi untuk tubuh saat menjalani ibadah puasa seharian. Membuat minuman yang enak dan sehat tidaklah sulit untuk di buat, berikut ini beberapa ide minuman untuk sahur yang lezat dan mudah.

Resep Minuman Untuk Sahur

Susu kacang Edamame

Minuman sehat yang satu ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai menu di pagi haru sebelum puasa. Selain karena rasanya yang enak dan penuh nutrisi, Susu kacang Edamame sangat mudah untuk dibuat. Minuman yang satu ini juga dapat kamu sajikan secara dingin maupun hangat sesuai selera.

Bahan untuk membuat Susu kacang edamame

  • 100 gram kacang edamame yang sudah di rebus tanpa kulit
  • 200 ml susu cair
  • 200 ml air
  • 2 sdm gula pasir
  • 3-4 lembar daun pandan

Cara membuatnya

  1. Rebus terlebih dahulu edamame hingga empuk, lalu kupas dan timbang 100 gram.
  2. Setelah itu campur dengan air, lalu blender hingga menjadi halus. Setelah menjadi halus lalu saring dengan kain bersih dan buang ampasnya.
  3. Rebus air susu kacang dengan gula pasir dan daun pandan, lalu aduk terus hingga mendidih.
  4. Setelah itu saring susu, dan sajikan hangat atau dingin dengan tambahan es batu.
Baca juga  Tips Menanam Hidroponik Sendiri di Rumah

Air kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang palih sehat unduk menghidrasi tubuh. Bahkan kabarnya air kelapa mampu mencegah dan mengobati gangguan pencernaan seperti asam lambung yang kerap kali timbul pada saat sedang berpuasa.

Teh Hangat

Baik itu teh bubuk maupun teh celup, minuman yang satu ini seringkali dijadikan pilihan utama di bulan suci ramadhan. Selain penuh dengan kadar antioksidan yang baik untuk kesehatan, teh juga dapat membunuh kuman dan bakteri di mulut.

Buat kamu yang seringkali merasakan bau mulut ketika sedang berpuasa, maka kamu wajib mencoba cara alami yang satu ini. Untuk sahur akan lebih baik minum teh tanpa campuran gula.

Susu kurma

Rasa dari buah kurma yang khas ini banyak digemari orang dan kerap kali dijadikan sebagai resep minuman yang lezat. Salah satunya adalah susu kurma, minuman yang mudah di buatnya dan pas untuk menu sahur.

Bahan yang diperlikan untuk membuat susu kurma

  • 5 buah kurma
  • 5 buah kacang almond atau bisa juga hazelnut
  • 300 ml susu UHT
  • Es batu secukupnya

Cara membuat susu kurma

  1. Pertama rendam kurma kedalam air slama 5 hingga 7 jam.
  2. Setelah selesai direndam lalu blender buah kurma dengan semuah bahan.
  3. Jika sudah lalu tuangkan ke dalam gelas dan susu kurma siap disajikan.

Smoothie blueberry muffin

Mengawali hari dengan meminum minuman yang tinggi protein dapat memberikan energi dan rasa kenyang yang lama. Resep smoothie ini berasa seperti halnya kue muffin blueberry tanpa tambahan gula yang tidak sehat. Sehingga minuman yang satu ini sangat cocok untuk menu sahur, terutama bagi kamu yang sedang diet.

Bahan untuk membuat Smoothie blueberry muffin

  • 175 ml susu almond atau susu UHT.
  • 150 ml greek yoghurt.
  • 3 sdm rolled oat.
  • ½ sdm selai kacang.
  • 65 gram buah blueberry yang telah dibekukan didalam freezer.
  • 1 sdt madu.
  • Es batu secukupnya.
Baca juga  Aplikasi Pemotong Lagu Di Android Yang Sangat Mudah Untuk Digunakan

Cara membuat Smoothie blueberry muffin

  1. Masukan seluruh bahan tersebut kedalam blender.
  2. Lalu blender hingga halus. Apabila terlalu kental maka tambahkanlah air secara perlahan.
  3. Minuman Smoothie blueberry muffin siap dinikmati.

Nah, itulah beberapa resep minuman sahur yang praktis dan patut di coba, selain karena mudah dan enak. Minuman ini juga meminimalkan penggunaan gula untuk mencegah rasa lelah dan lapar yang berlebihan di saat kita sedang berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here