Terakurat.com – Makanan tradisional indonesia – Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terkenal akan keindahan alam dan budayanya yang sudah dikenal ke mancanegara.

Namun, tak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja. Makanan tradisional Indonesia pun cukup dikenal di luar negri contohnya, Nasi padang yang pernah viral dan dijadikan sebuah lagu oleh turis asing.


Seperti yang telah kita ketahui, bahwa negara Indonesia memiliki 34 provinsi yang masing-masing dari setiap provinsinya memiliki budayanya masing-masing. Berikut ini makanan khas tradisional dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Mie Aceh dari Aceh

Salah satu kuliner yang terkenal dan memiliki banyak penggemar adalah Mie Aceh. Mie Aceh tak hanya terkenal ditengah masyarakat aceh saja, melaikan juga dikenal oleh masyarakat luar aceh.

Mie Aceh memiliki tekstur yang lebih tebal dan citarasanya yang sangat istimewa.

Sehingga masyarakat dari luar aceh pun juga menyukai makanan ini.

Bika Ambon dari Sumatera Utara

Di provinsi Sumatera Utara ini kamu dkan menemukan makanan khas tradisional yang sering jaki disebut dengan Bika Ambon. Jangan salah dulu, makanan ini memang banyak mengira berasal dari ambon tetapi faktanya bika ambon ini berasal dari Sumatera Utara.

Kue ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, karena teksturnya yang sangat manis dan lembut dan memiliki berbagai varian rasa.

Rendang Padang dari Sumatera Barat

Makanan ini terkenal tak hanya karena derah asalnya saja, namun Rendang memang termasuk kedalam makanan terlezat didunia versi CNN Internasional.

Rendang terbuat dari Daging Sapi yang dimasak dengan bumbu rempah pilihan sehingga memiliki citarasa yang sangat lezat.

Kamu bisa menemukan makanan ini di rumah makan khas padang atau tempat lainnya yang juga menyediakan menu makanan khas padang.

Baca juga  Jenis Jamur yang Aman Dikonsumi, Lezat dan Kaya Protein

Gulai Ikan Patin dari Jambi

Gulai ikan patini ini salah satu makanan khas tradisional Indonesia yang memiliki banyak penggemarnya karena memiliki citarasa yang sangat unik.

Cara memasaknya Gulai ini dimasak dengan daging durian yang telah difermentasi atau kerap kali disebut dengan tempoyak.

Saat ini gulai ikan patin sudah dimasak menggunakan santan kelapa karena baunya tidak menyengat seperti menggunakan daging durian yang telah difermentasi.

Gilai Belacan dari Riau

Jika anda berkunjung ke Riau sebaiknya anda mencoba untuk menikmati makanan yang berbahan dasar ikan dan udang ini.

Masyarakat Riau menyebutnya dengan nama Gukau Belacan. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan atau udang yang ditambahkan dengan campuran kuah belacan.

Otak-Otak dari Kepulauan Riau

Dikepulauan riau kamu bisa menemukan makanan khas yang bernama Otak-otak ini. Manan ini terbuat dari Ikan dan Cumi yang telah diberi bumbu pedas. Aroma otak-otak ini juga sangat lezat karena terbuat dari ikan yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang yang kemudian dibakar.

Seruit Lampung dari Lampung

Makanan tradisional Indonesia pun cukup dikenal sampai keluar Negri!

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan goreng dan ada juga ikan yang dibakar lalu ditambahkan terasi dan tempoyak atau mangga.

Tempoyak merupakan buah daging durian yang telah di fermentasi sehingga memiliki rasa yang sangat unik dan rasa aroma yang cukup kuat.

Jika kamu berkunjung kelampung jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Lumpia dari Jawa Tengah

Makanan tradisional Indonesia pun cukup dikenal sampai keluar Negri!

Makanan yang terkenal di Jawa tengah ini tepatnya di kota Semarang memiliki rasa yang cukup Enak. Lumpia terbuat dari Rebung, D agug udang dan telur.

Nasi Gudeg dari Yogyakarta

Makanan tradisional Indonesia pun cukup dikenal sampai keluar Negri!

Siapa yang tak kenal nasi Gudeg? siapapun pasti mengenalnya bukan. Gudeg merupakan salah satu makanan yang sangat populer di kota istimea ini. Gudeg terbuat dari kuah santan kental, krecek, cabai, telor atau daging ayam.

Baca juga  Cara menghilangkan Stress Karena Masalah Keluarga, Menurut Islam

Ayam betutu dari Bali

Makanan khas bali yang memiliki rasa pedas manis manis ini tentu menjadi cirikhas tersendiri bagi para pecinta kuliner di seluruh Indonesia.

Ayam taliwang dari Nusa Tenggara Barat

Ayam taliwang sangat populer di lombok Nusa tenggara barat. ayam taliwang berbahan dasar ayam yang telah di beri bumbu-bumbu sehingga menghasilkan citarasa yang enak ketika dimakan.

Ayam Cicane dari Kalimantan Timur

Makanan khas kota Samarinda ini berbahan dasar dari ayam yang telah dilumuri bumbu-bumbu halus sehingga menghasilkan rasa yang enak dan juga gurih.

Nah, itulah beberapa makanan khas indonesia yang bisa kamu coba.

Baca juga : Makanan Khas Semarang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here