Kota Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah, Indonesia dam merupakan sebuah kota metropolitan terbesar kelima. Kota Semarang merupakan kota yang memiliki beragam macam kulinernnya. Makanan khas semarang diantaranya seperti nasi ayam, Lumpia, bandeng presto dan lainnya.

Kota Semarang kerap kali disebut juga sebagai kota Kota Lumpia, hal ini dikarenakan lumpia merupakan makanan khas kota Semarang.

Semarang takhanya dijuluki sebagai Kota Lumpia lho. Kota Semarang kerap kali dijuluki sebagai kota “Atlas” (aman, lancar, asri dan sehat), sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota.

Buat kamu yang sedang berlibur ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Rasanya dijamin enak dan mantap, serta harganya yang relatif murah.

Makanan khas Semarang yang Bikin Ketagian!

Bandeng Presto

Bandeng Presto merupakan makanan khas kota terbesar kelima ini di buat dari ikan bandeng yang segar dan ibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam.

Ikan bandeng ini dimasak menggunakan alas dari daun pisang yang kemudian di presto. Ikan bandeng memiliki banyak duri sehingga cara memasaknya harus di presto agar duri-duri ikan menjadi lunak dan enak dimakan.

Nasi ayam semarang

Source : https://www.instagram.com/eviekawati123/

Nasi ayam semarang adalam makanan yang memiliki kermiripan dengan nasi liwet Khas Kota Solo. Makanan khas semarang yang satu ini berupa sajian nasi putih yang rasanya gurih dan renyah karena dimasak menggunakan santan dan ketika sudah matang biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam, sambal goreng labu siam, krecek, tahu putih, dan telur.

Untuk harga seporsinya makanan ini hanya dibandrol dengan harga Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 saja.

Garang asem

Garang asem adalah olahan tradisional dari kota semarang yang lezat karena berisi daging ayam kampung dengan kuah santan yang dibumbui waluh dan cabai.

Baca juga  Teknologi Pengisian Baterai Pada Smartphone Yang Harus Kamu Tahu!

Garang asem diberi nasi yang hangat, jeroan ayam yang di tusuk satem dan tempe goreng. Jika kamu ingin membelinya kamu dapat mengunjungi Jl Gajah mada.

Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas kota semarang yang terdiri dahi tahu goreng, lontong, taoge, telur, rajangan kol dan udang goreng yang dicampur tepung atau biasa disebut Gimbal.

Makanan ini memiliki rasa yang manis, pedas dan gurih. Harganya pun cukup murah, hanya sekitar Rp. 10.000 kamu sudah bisa menikmati makanan ini.

Soto Bangkong

Makanan Khas Semarang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Soto bangkong adalah makanan legendaris khas semarang. Didalam bahasa jawa sendiri bangkong berarti Katak atau Kodok. Namun kamu jangan khawatir, karena soto ini tidak dibuat dari daging katak, melainkan hanya penamaannya saja.

Soto Bangkong memiliki tampilan yang bening dan tidak berminyak seperti Sop. Uniknya soto ini disajikan dengan makanan pendamping seperti Sate tempe, sate kerang, hati, dan perkedel.

Untuk segi harga Soto ini bisa terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari 15.000 hingga 25.000 per porsinya. Rumah makan ini beralamat di Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Jl Brigjen Katamso, Semarang Jawa Tengah.

Baca juga : Oleh-Oleh Khas Jogjakarta Paling Favorit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here