terakurat.comdalgona-coffee– Dalgona coffee atau kopi dalgona menjadi tren minuman baru di Korea Selatan saat orang-orang sedang melakukan social distancing karena pandemi virus corona COVID-19. Orang-orang Korea membuat dalgona coffee kemudian mengunggahnya di media sosial.

Cara membuatnya cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan adalah kopi instan, gula, dan air yang kemudian dikocok hingga mengental dan ditaruh di atas es dan susu. Coffee ini menjadi trend dan menyaingi seni latte.

Nama Dalgona dipopulerkan oleh aktor Korea, Jung Il-Woo, setelah mencoba minuman ini di Macau. Dalgona adalah jajanan permen asal Korea Selatan atau juga dikenal dengan nama ppopgi yang populer sejak tahun 1970. Permen ini memiliki rasa manis dan bertekstur lembut seperti spons. Nah karena kopi Dalgona mirip seperti busa atau spons yang tebal, makanya Jung Il-Woo menamainya dengan Dalgona Coffee.

Cerita bermula saat Januari 2020, Jung Il Woo syuting di Macau untuk program televisi Stars’ Top Recipe at Fun-Straunt.

Aktor kelahiran 1987 itu memesan minuman kopi ketika makan di sebuah kedai. Sang pemilik kedai meramu kopi dengan gula pasir yang diaduk sebanyak 400 kali lalu ditambahkan air panas dan es batu.

Ketika meminumnya, Jung Il Woo teringat pada jajanan bernama Dalgona, zaman sekolah dasar. Bintang drama Cinderella With Four Knights itu lalu menjuluki minuman tadi sebagai Macau Dalgona Coffee.

Setelah program tersebut tayang, minuman itu menyebar ke seluruh Korea Selatan dan telah menjadi menu utama di sejumlah kedai kopi di sana. Penyanyi Kang Daniel yang hadir di program tersebut juga ikut mencoba membuatnya.

Setelah itu, pada awal Maret, Hannah Cho, seorang pengguna TikTok, mengunggah video berdurasi 15 detik saat membuat coffee dalgona untuk ibunya. Video itu telah ditonton lebih dari 12 juta kali dan menjadikan coffee ini semakin viral.

Baca juga  Zeta, Karakter Baru Di Film Angry Bird Movie 2.

Berikut Resep Dalgona Coffee tanpa mixer.

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 sdm kopi bubuk instant (tanpa ampas)
2 sdm gula pasir
3 sdm air
Susu cair secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat Dalgona Coffee

  1. Pertama, siapkan mangkuk, lalu tuang kopi, gula, dan air panas ke dalamnya.
  2. Aduk semua bahan dengan cepat menggunakan sendok kurang lebih 400 kali atau sekitar 3-5 menit. Kamu juga bisa menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 1-2 menit.
  3. Aduk hingga berubah warna menjadi cokelat muda dan bertekstur kental.
  4. Selanjutnya siapkan gelas, tuang susu, dan es batu ke dalam gelas.
  5. Selanjutnya tuang adonan atau base dalgona di atas susu. Kopi dalgona pun siap disajikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here