Depresi Sebabkan Sulli f(x) Bunuh Diri!

Kematian Sulli yang secara tiba-tiba sangat mengejutkan dunia musik K-Pop. Mantan personel grilband f(x) yang masih berusia 25 tahun ini ditemukan tewas gantung diri di apartemennya. Diduga pemicunya karena depresi dan gangguan kesehatan mental.

Rekan Christal Jung ini rupanya paling sering di serang haters karena cukup banyak kontroversi yang dibuatnya. Separah itukah depresi pada seseorang? Mengapa depresi cenderung menyebabkan seseorang ingin mengakhiri hidupnya, simak paparan berikut guys.

Pengertian Depresi.

Depresi merupakan suatu kondisi medis yang berpengaruh pada perasaan sedih dan berdampak negatif pada pikiran, tindakan dan kesehatan mental seseorang depresi juga menjadi penyebab timbulnya gangguan kejiwaan seseorang yang berada dalam kondisi depresi biasanya mangalami perasaan sedih, cemas, atau kosong.

Mereka cenderung merasa tidak ada harapan, tidak ada pertolongan, penuh penolakan, perasaan tidak berharga atau gelisah. Seseorang dengan gejala depresi cenderung kehilangan minat untuk melakukan aktivitas, kehilangan nafsu makan atau malah sebaliknya makan secara berlebihan. 

Penderita juga akan sulit berkonsentrasi, sulit membuat keputusan, atau sulit berhubungan dengan orang lain. Hal tersebut biasanya bisa mendorong individu untuk mencoba bunuh diri.  Depresi biasanya disebabkan oleh tekanan beban psikis, maupun situasi sosial.

Untuk menggulanginya dapat dilakukan dengan cara yang berbeda – beda sesuai dengan kondisi pasien, biasanya melalui farmako terapi dan psikoterapi atau konseling. Dukungan yang di berikan dari orang – orang terdekat serta dukungan spritual juga bisa sangat membantu dalam penyembuhan.

Berikut ini Beberapa Selebriti Korea yang Juga Meninggal Karena Bunuh Diri :

1. Jonghyun Shinee ( 1990-2017 ).

Sempat menggemparkan publik Jonghyun dinyatakan meninggal pada tanggal 18 desember 2017. Jonghyun bunuh diri dengan menggunakan briket batubara berwarna cokelat yang ditemukan masih menyala di apartemennya, kematian Jonghyun disebabkan karena depresi.

2. Park Young Ha ( 1977-2010 ).

Park Young Ha terkenal lewat drama korea “Winter Sonata”, setelah drama dan filmnya sukses ia diminta untuk membintangi ‘Kamerad’ pada bulan juli 2010. sangat disayangkan Park Young Ha justru memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Diduga kematiannya disebabkan karena terlalu banyak tekanan dan depresi.

Baca juga  Keyboard Gaming Terbaik

3. Lee Eun Joo ( 1980-2005 ).

Lee Eun Joo bunuh diri setelah menuliskab sebuah surat permintaan maaf kepada sang ibu atas keputusannya tersebut. Beberapa film yang dibintanginya adalah Bungee Jumping of their own dan the scarlet letter. Diduga kematiannya disebabkan karena depresi setelah adegan telanjang yang dilakukannya dalam film The Scarlet Letter.

4. Choi Jin Shil ( 1968-2008 ).

Choi Jin Shil telah membintangi banyak film dan drama korea semasa hidupnya namun permasalahan rumit yang terjadi dalam kehidupan pribadinya. Kematian managernya, suaminya yang kasar hingga kemudian ia bercerai, kehilangan sponsor, dituduh terlibat atas kematian temannya Ahn Jae Hwan yang meninggal karena bunuh diri.

Sulit mengatasi segala permasalahan hidupnya yang pelik menyebabkan Choi Jin Shil depresi dan memilih jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.

5. Jang Ja Yeon ( 1982-2009 ).

Masih ingat geng perempuan centil dalam drama korea BBF ( Boys Before Flower ) ? Jang Ja Yeon naik daun dan menerima banyak tawaran iklan berkat drama populer pada saat itu. Ja Yeon dikabarkan depresi akibat perlakuan tidak pantas yang diterimanya. Dia bahkan menuliskan dan menyebutkan pelaku yang telah secara fisik dan seksual menyiksa dirinya atas izin agensinya.

6. Ahn Jae Hwan ( 1972-2008 ).

Permasalahan hutang dan bisnis yang gagal disebut sebagai penyebab dari kematian Ahn Jae Hwan. Ia meracuni diri sendiri dengan karbon monoksida di dalam mobilnya. Bintang yang sedang naik daun pada saat itu juga meninggalkan permintaan maaf kepada istri yang baru saja dinikahinya. Tragisnya adalah jasad Jae Hwan ditemukan membusuk di dalam mobilnya setelah beberapa hari baru ditemukan.

7. Jeong Da Bin ( 1980-2007 ).

Da Bin ditemukan bunuh diri dirumah kekasihnya pada 10 Februari 2007 dengan menggunakan handuk yang dililitkan ke lehernya. Dalam blog pribadinya ia sempat menulis bahwa sebelum kematiannya ia mengalami depresi yang berat.

Baca juga  Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh !

8. Jeon Mi Sun ( 1970-2019 ).

Aktris senior asal Korea Selatan, Jeon Mi Sun, juga memilih untuk menyudahi hidupnya dengan bunuh diri. Ia diduga gantung diri karena menderita depresi di sebuah kamar hotel, di kawasan Jeonju pada tanggal 29 Juni 2019.

9. Lee Ui Soo ( 1995-2017 ).

Lee Ui Soo model tampan ini juga meninggal dunia karena bunuh diri. Pihak keluarga mengaku tidak tahu pasti apa yang menyebabkan pria kelahiran 10 Juni 1995 itu memilih jalan pintas tersebut.

10. Song Ji Seon ( 1981-2011 ).

Song Ji Seon ditemukan meninggal bunuh diri dengan cara terjun dari lantai 19 apartemennya di Seoul. Sebelum bunuh diri, presenter ini sempat memposting di media sosial Twitter agar polisi segera datang ke kediamannya.

11. Woo Seung Yoon ( 1983-2009 ).

Woo Seung Yeon dikabarkan mengalami depresi usai gagal dalam audisi. Ia ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Jamsil pada 28 April 2009. Aktris yang mengawali karirnya sebagai model tersebut menulis permintaan maaf kepada saudarinya.

12. Kim Ji Hoo ( 1985-2008 ).

Kim Ji Hoo adalah seorang model dan aktor Korea yang mengaku bahwa dirinya gay, setelah pengakuannya tersebut Ji Hoo bunuh diri di rumahnya pada 6 Oktober 2008 dan meninggalkan surat wasiat. Aktor berusia 23 tahun itu mengakui bahwa dirinya merasa sendiri dan sedang berada dalam situasi yang buruk, dia juga berharap jenazahnya dikremasi.

Itulah tadi beberapa selebriti Korea yang memilih bunuh diri untuk mengakhiri hidupnya. Sangat disayangkan Sebagian besar dari mereka adalah anak muda yang justru masih memiliki banyak kesempatan membangun semangat hidup lebih baik.

Berikut ini Beberapa Cara Untuk Mengatasi Depresi.

1. Mengatur jadwal harian, berlarut-larut dalam kesedihan akan membuat keadaan kita semakin terpuruk.

Baca juga  Mengenang Pahlawan Revolusi.

2. Istirahatlah yang cukup, beristirahat ketika tubuh lelah bisa mengurangi tingkatan stress yang dirasakan setelah beraktivitas.

3. Berolahraga secara teratur, tubuh yang sehat akan membantu kita untuk terus berpikir positif, dan terhindar dari serangan penyakit.

4. Rutin untuk minum obat, obat sebagai penawar sakit tentu tidak boleh dilupakan. Rutinlah untuk minum obat.

5. Melakukan Psikoterapi, melakukan Psikoterapi juga merupakan cara yang tepat untuk mengatasi Depresi.

6. Atur pola makan Anda, pola makan yang baik juga akan menambah asupan nutrisi dan gizi untuk tubuh anda sehingga lebih bugar dan tidak tambah stress karena merasa lapar.

7. Lakukan Hipnoterapi, hipnoterapi bagus untuk membuat pikiran menjadi relaks.

8. Lakukan Meditasi, meditasi ternyata dapat mengatasi kecemasan dan gangguan suasana hati secara efektif.

9. Menambah asupan vitamin B, vitamin B-12 dan vitamin B membantu produksi senyawa kimia dalam otak yang memengaruhi suasana hati serotonin, epinephrine, dan dopamin. Kekurangan asupan vitamin B sering kali dihubungkan dengan depresi.

10. Bicaralah pada orang yang anda percaya, membicarakan masalah yang sedang dihadapi kepada orang yang dipercaya terkadang bisa membantu meringankan beban pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: