Joaquin Phoenix, Total Perankan Joker!

Mengenal Sosok Joker 2019.

Joaquin Poenix merupakan seorang aktor, aktivis, dan produser berkebangsaan Amerika Serikat. Pria yang lahir di San Juan, Puerto Rico pada tanggal 28 Oktober 1974 ini pernah meraih sebuah Grammy Award, Golden Globe Award, dan tiga nominasi dari Academy Award.

Memiliki nama lengkap Joaquin Rafael Bottom, pria berusia 44 tahun ini lahir dari pasangan Heart Phoenix, dan John Lee Phoenix. Memiliki empat saudara kandung dan tiga diantaranya perempuan. Joaquin menikahi Rooney Mara di tahun 2016 dan tinggal di Hollywood Hills, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Joaquin juga memiliki nama lain Leaf Phoenix.

Film-Film yang Pernah dibintangi Joaquin Phoenix :

sbs.com.au

1. 1984 Backwards:The Riddle of Dyslexia.

Dalam film tersebut ia berperan sebagai Robby Ellsworth dan mendapat nominasi “young artist awards”.

2. 1986 Space Camp.

Joaquin Phoenix berperan sebagai Max.

3. 1987 Russkies.

Berperan sebagai Danny.

4. 1989 Parenthood.

Lagi-lagi ia mendapatkan nominasi young artist award. Joaquin berperan sebagai Garry Buckman Lampkin.

5. 1995 To Die For.

Berperan sebagai Jimmy Emmett. Mendapat nominasi chlotrudis award.

6. 1997 U-Turn.

Sebagai Toby N. Tueker, dan Inventing the abbotts sebagai Dougholt.

7. 1998 8mm.

Sebagai Max California, Clay Pigeons sebagai Clay Bidwell, Return to Paradise sebagai Lewis McBride dan mendapat nominasi Csapnivalo awards.

8. 2000 The Yards.

Sebagai Willie Gutierrez. Mendapat nominasi Best Supporting Actor dalam BFCA Critic’s Choice award. Quills sebagai The abbe de coulmier, mendapat best supporting actor dalam San Diego Film Critic’s Society Award.

Gladiator sebagai commodus mendapat penghargaan Best Supporting Actor BFCA Critic’s Choice Award, nominasi best supporting actors dalam British Academy Film Awards, nominasi, Best Actors in a Supporting Role-Motion Picture dalam Golden Globe Award, dan Best Performance by an Actor in a Supporting Role dalam Academy Award.

Baca juga  Pendidikan Politik Partai Golkar, "Golput Merugikan"

9. 2001 Buffalo Soldiers.

Sebagai Ray Elwood mendapat nominasi dalam british independent film award.

10. 2002 Signs.

Berperan sebagai Merrill Hess. Film Signs bercerita tentang seorang mantan pendeta yang sudah meninggalkan imannya. Kematian istri tercintanya membuat Graham Hess sangat terpuruk. Ia tinggal bersama kedua anaknya yaitu Morgan dan Boo serta adiknya bernama Meryl yang merupakan seorang mantan pemain baseball.

Kemudian Hess kaget saat ladang milik keluarganya berbentuk aneh menyerupai simbol­-simbol. Mereka menduga simbol­ yang tergambar di ladang tersebut adalah perbuatan para alien. Kemudian, Graham Hess melihat sesosok makhluk mencurigakan yang memasuki pekarangan rumahnya.

11. 2003 Brother Bear.

Berperan sebagai Kenai, dan It’s all about love sebagai john.

12. 2004 Ledder 49.

Berperan sebagai Jack Morrison mendapat nominasi dalam Movie Guide Award, Teen Choice Award, dan Grace Award.

13. 2005 Walk The Line.

Berperan sebagai Johny Cash dan dianugrahi Golden Globe Award sebagai Best Actor in a Leading Role-Motion Picture, Musical, or Comedy. Menang di Grammy Award untuk Best Compilation Soundtrack Album, dan menang dalam Hollywood Film Festival Award.

14. 2006 Earthlings.

Berperan sebagai Narrator dan menjadi pemenang dalam San Diego Film Festival.

15. 2007 We Own The Night.

Berperan sebagai Bobby Green dan menang dalam Choice Award, dan berperan dalam film Reservation Road sebagai Ethan Learner.

16. 2008 Two Lovers.

Berperan sebagai Leonard. Film drama romantis ini berlokasi kota New York bercerita tentang seorang pria muda yang mengalami depresi akibat putus cinta dari kekasih lamanya. Hal itu juga yang membawa Leonard kembali tinggal bersama dengan kedua orangtuanya. Leonard yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang fotografer, bekerja paruh waktu di laundry milik ayahnya. 

Baca juga  Upacara Pemakaman yang Ada di Indonesia.

Orang tuanya yang sedih melihat keadaan Leonard, berinisiatif untuk membuatnya kembali “hidup” dengan menjodohkannya kepada putri dari teman mereka. Sandra adalah seorang wanita muda yang menarik, cerdas dan ramah. Sebuah acara makan malam diadakan untuk perkenalan mereka. Setelah itu, Leonard pun mengharapkan pertemuan selanjutnya.

Namun suatu malam, Leonard terpesona Michelle, yang kebetulan baru saja pindah ke apartemen yang sama dengan tempat tinggal Leonard, Michelle ternyata dibiayai oleh pria paruh baya yang kaya namun sudah beristri bernama Ronald.

Leonard tahu Michelle sudah punya pacar, dan pria itu sudah menikah. Namun hal tersebut tidak menghentikan Leonard untuk mendekatinya. Lalu perlahan Leonard mulai mencintai Michelle. Sesaat dia telah melupakan Sandra dan ingin bersama Michelle.

17. 2019 Joker.

Sebagai Arthur Fleck. Dalam Film ini Joaquin rela mengorbankan banyak hal mulai dari melakukan riset hingga menurunkan berat badan hingga 23kg hanya untuk terlihat kurus kering dan tampak seperti masyarakat yang menderita kemiskinan.

Film Joker banyak menuai kontroversi hingga sempat membuat Joaquin merasa takut untuk memerankannya. Namun, ia dinilai sukses memerankan sosok Joker versi Todd Phillips.

Perjuangannya Perankan Joker.

latimes.com

Ciri khas Joker adalah tampil dengan riasan badut. Oleh karena itu tata rias atau make up artis sangat berperan untuk penampilan sang tokoh.

Nicky Ledermann adalah penata rias terkenal yang juga pernah menjadi perias dalam film The Greatest Showman. Leadermann bahkan pernah memenangkan Emmy Award sebagai penata rias. Dalam film Joker ini, ia membuat Arthur tampak lebih kurus dan kelelahan dengan menonjolkan tulang pipinya.

Pembawaan Ray Bolger melalui tariannya dalam lagu “The Old Soft Shoe” menginspirasi Joaquin Phoenix. Ia merasa ada arogansi dalam tarian tersebut, bekerjasama dengan Michael Arnold Sang Koreografer, mereka mengambil tiap gerakan untuk berperan menjadi Joker.

Baca juga  Christina Aryani, Caleg Dapil Jakarta 2

Tidak hanya itu, Perjuangan Joaquin Phoenix bahkan sampai rela menurunkan berat badan sebanyak 23kg demi terlihat sebagai Arthur Fleck yang hidup susah dan berbadan kurus. Joaquin adalah sosok yang sangat tertutup dan menjaga kehidupan pribadinya.

Ia dibesarkan dari keluarga yang pernah terpengaruh dalam sekte yang sangat menyimpang sampai akhirnya berhasil terbebas dan keluar dari komunitas tersebut, ia juga sangat terpukul saat saudara kandungnya River Phoenix yang dikenal sebagai aktor top tewas karena overdosis. Kejadian teraebut membuatnya sangat terpuruk. Namun, ia kembali dan muncul dengan jiwa yang jauh lebih tegar daripada sebelumnya.

Untuk bisa mendalami karakter Joker yang terjangkit Skizofrenia, Joaquin melakukan riset mengenai narsisme dan kriminologi. Ia bahkan mempelajari film bisu.

Masalalu Joaquin Phoenix.

cheatsheet.com

Ketika berusia 4 tahun Joaquin Phoenix pindah ke Los Angeles. Semua saudara-saudaranya hobi bernyanyi dan bermain musik. Pada saat itu ekonomi keluarganya sangat rendah sehingga Phoenix dan saudara-saudaranya biasa melakukan pertunjukan di jalan.

Kariernya meroket di tahun 1986 melalui sebuah film petualangan anak Spacecamp dimana ia berperan sebagai Max. Parenthood (1989) semakin membuat namanya terkenal berkat penampilan mengesankan sebagai putra pemberontak Dianne West. Film Return to Paradise sukses membuatnya mendapatkan banyak pujian karena keterampilan akting yang mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: