terakurat.comvaksin– Vaksin adalah sebuah bahan antigenik yang digunakan untuk membentuk kekebalan terhadap suatu penyakit. Mengutip dari laman World Health Organization (WHO), vaksin mengandung antigen yang sama dengan antigen yang menyebabkan penyakit. Namun antigen yang ada di dalam vaksin tersebut sudah dikendalikan (dilemahkan) sehingga pemberian vaksin tidak menyebabkan orang menderita penyakit seperti jika orang tersebut terpapar dengan antigen yang sama secara alamiah. Vaksin yang telah dimasukkan ke dalam tubuh akan membuat sistem kekebalan tubuh melihatnya sebagai antigen atau musuh.

Dengan begitu, sebagai bentuk respon adanya ancaman musuh maka tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan antigen tersebut. Kekebalan yang didapat melalui vaksinasi, tidaklah bertahan seumur hidup terhadap infeksi penyakit yang berbahaya.  

Vaksin juga digunakan oleh pemerintah Indonesia dalam upaya memusnahkan COVID 19 yang saat ini sedang mewabah. Vaksin Sinovac yang didatangkan langsung dari China sejak bulan Desember 2020 lalu, akan didistribusikan ke berbagai kota di seluruh Indonesia.

Jawa Timur.

Di Jawa Timur, 77.760 dosis vaksin telah diterima pada hari Senin 4 Januari 2021. Jumlah vaksin yang setara dengan Rp 16.429.288.320 ini dikirim dengan pengawalan tetap oleh polisi bersenjata lengkap. Sekitar 193 ribu orang yang bekerja di fasilitas kesahatan Jawa Timur akan menjadi prioritas orang yang mendapatkan vaksin Covid-19.

Dengan demikian distribusi vaksin ke kabupaten/kota baru bisa dilakukan jika vaksin sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan mendapat petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan.

Sementara Menunggu, vaksin akan disimpan terlebih dahulu dalam ruangan dingin milik dinkes jatim yang suhunya 2-3 derajat.

Maluku.

Sama seperti Jawa Timur, vaksin yang telah diterima oleh Pemprov Maluku akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan yang jumlahnya sekitar 14.135 orang. Seperti sopir ambulans, petugas keamanan, dan tenaga kesehatan lainnya. Guru juga termasuk dala prioritas yang akan di vaksinasi. Jumlah yang diterima dari PT Bio Farma sebanyak 15.120 vaksin.

Baca juga  Khasiat Daun Binahong.

Sumatera Utara.

Pemprov Sumatra Utara mendapatkan vaksin sinovac sebanyak 40ribu. Sekitar 1.500 vaksinator di Sumatera Utara siap untuk melakukan vaksinasi, tentu semuanya akan diberi pelatihan terlebih dahulu.

Lampung.

Sama seperti Provinsi lain, Lampung juga akan memberikan pelatihan kepada 24.800 tenaga vaksinator. Mereka nantinya akan disebar ke rumah sakit dan puskesmas di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan mendapatkan jatah vaksin virus corona (Covid-19) dari pusat sebanyak 97.080 dosis. Ketua Harian Satgas Covid-19 Jawa Barat Daud Achmad mengatakan distribusi vaksin dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sebanyak 38.400, dan tahap kedua sebanyak 58.680 dosis vaksin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here