Terakurat – Download File Google Drive – Google Drive merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google yang menyediakan penyimpanan berbasis cloud di dalam server mereka, mensinkronkan file antar perangkat dan membagikannya. Selain itu, Google Drive juga menyediakan Aplikasi Offline untuk PC dan Smartphone agar semakin mudah dalam mengakses atau mensinkronisasi file.

Google Drive dapat kamu manfaatkan juga untuk membuat file dalam Google Docs, Google Sheets, dan Google Slide yang bisa kamu edit dalam web atau aplikasi. Selain itu kemampuan edit bersama rekan dalam file yang sama juga tersemat pada Google Drive.

Sejarah Google Drive

Google Drive berada dibawah naungan Google yang merupakan sebuah perusahaan teknogi besar yang bekerja dalam bidang terkait dengan internet dan produk seperti komputasi awan.

Google Drive sendiri menyediakan penyimpanan untuk pengguna gratis sebanyak 15 GB. Selain itu, Google Drive juga menawarkan paket langganan 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB dan 30 TB dengan harga kisaran Rp 269.000 sampai Rp 3.900.000 per bulan atau Rp 269.000 sampai Rp 1.350.000 per tahun (hanya untuk paket 100 GB sampai 2 TB).

Tepat pada Mei 2017 saja sudah terdapat lebih dari 3 Triliun file yang tersimpan dalam layanan Google. Layanan Cloud Storage seperti Google Drive sudah menjadi pilihan yang memudahkan kita untuk mengakses file dimana saja dan kapan saja tanpa harus dibatasi oleh perangkat.

Download File Google Drive menggunakan Dekstop PC.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kamu bisa mengakses Google Drive di Ponsel atau Laptop kalian. Nah berikut ini caranya untuk mendownload file dari Google Drive menggunakan PC.

Baca juga  Tips Memilih Casing PC Gaming yang Kuat dan Aman

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke link file Google Drive yang ingin kamu unduh. Jika file yang akan kamu unduh berupa folder, maka link akan berawalan drive.google.com/drive/folders. Sedangkan awalan file yang bisa kamu edit dialam Google Drive seperti halnya .docx, .xlsx atau .pptx adalah docs.google.com/document, docs.google.com/spreadsheets dan docs.google.com/presentation secara berurutan. Jika file berbentuk selain dokumen link akan memiliki awalan seperti drive.google.com/file.

Jika link file Google Drive yang akan kamu unduh membawamu ke dalam folder atau jenis file yang tidak bisa di edit maka kamu bisa mengunduh file tersebut. Kamu bisa menyorot file yang ingin kamu download lalu klik ikon panah ke bawah untuk mengunduh file kedalam perangkat yang kalian miliki.

Atau kamu juga bisa mengklik file yang ingin kamu unduh, nantinya akan muncul Preview dari file tersebut dan klik tombol panah bawah yang berada di kanan atas untuk mengunduh file yang kalian inginkan.

Jika kamu ingin mengunduh semua file yang berada di dalam folder maka kamu bisa mengklik Download All atau Download semua. Lalu Google Drive akan mengompres file kalian kedalam format .zip untuk bisa kalian ekstrak nantinya. Setelah proses kompres selesai maka otomatis file akan terunduh kedalam perangkat lain. Nah itulah cara Download File Google Drive, cukup mudah bukan?

About Author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here