Terakurat – Edit PDF hasil scan – Ketika kamu kuliah, pastinya kamu pernah menemukan sebuah buku yang mendukung tugas kuliah. Ketika itu, kamu tidak ingin meminjam buku tersebut karena yang akan dikutip dari buku tersebut hanyalah beberapa bagian saja. Jika difoto, mau tidak mau kamu harus mengetik ulang teks dari foto tersebut.  Jika menggunakan apliasi JPG to PDF mungkin sebagian teks pada buku ada yang tidak terbaca oleh aplikasi. Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar cara mengedit file PDF hasil scan tersebut.

Semua cara yang akan dibahas berikut ini menggunakan teknologi OCR. OCR singkatan dari Optical Character Recognition adalah teknologi yang berfungsi untuk memindai teks pada gambar dan mengubahnya menjadi file berbentuk teks yang dapat di edit. Teknologi ini biasanya menjadi fitur pendukung dalam scanner. Dengan menggunakan OCR, maka hasil scan yang memiliki teks bertulisan tangan, tulisan mesin tik atau teks ketikan komputer dapat dimanipulasi.

Teks yang telah dipindai dengan OCR dapat dicari kata perkata atau perkalimatnya. Setiap teks yang ditemukan dapat dimanipulasi, diganti bahkan diberikan barcode. Nah, berikut ini cara mengedit file PDF hasil scan yang bisa kamu lakukan.

Tips Edit File PDF Hasil Scan dengan Mudah

Menggunakan Software

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan software khusus editor PDF hasil scan yang sudah banyak di rilis di internet. Berikut ini beberapa softwarenya :

FreeOCR to Word

Software yang satu ini dapat dikatakan adalah salah satu software OCR terbaik yang direkomendasikan. Pasalnya tingkat keakuratannya sangat baik, yaitu 99,9% akurat. Selain itu aplikasi ini mampu mempertahankan format asli dari bagian dokumen seperti Judul, isi, format dari teks akan diubah ke dokumen Word yang dapat kamu edit.

Software ini juga mendukung semua format gambar, termasuk Photoshop (.psd). Selain itu software ini juga tersedia untuk sistem operasi windows dan kamu dapat mengunduhnya secara gratis.

Baca juga  Jangan Kudet! Begini Caranya Aktifkan Dark Mode di Whatsapp Android

gImageReader

Software ini membutuhkan Google Tesseract OCR Enggine agar dapat digunakan. Meskipun begitu, software ini memiliki tampilan yang bagus. Reader pada software ini dapat berfungsi sangat baik karena bisa mendeteksi page layout secara gratis. Atau jika terdapat tata letak teks yang berantakan, maka kamu bisa menyesuaikannya sendiri.

Tampilan hasil dari teks ditempatkan di sisi kanan layar gambar atau dokumen hasil scan, sehingga kamu dapat dengan mudah mencocokan hasil scan teks dengan hasil scan sebelumnya. Tetapi cara ini tidak termasuk untuk pengeditan dasar text serta pemeriksa ejaan teks. Namun, kamu bisa melakukan hal tersebut juga kamu mendownload kamus yang cocok.

Free OCR

Software yang satu ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja. Selain itu, software ini hanya dapat digunakan untuk versi Windows Vista dan diatasnya. Sedangkan untuk Windows XP dibawahnya, kamu masih bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara menginstall beberapa add-ons tambahan.

Free OCR bisa bekerja untuk TWAIN scanner, file PDF, dan Image TIFF dan keluaran teks yang dihasilkan akan menjadi file Microsoft Word.

Untuk bisa menggunakan dotware ini, kamu harus mendownload Google Open Source Tesseract OCR engine. Berikut ini adalah cara mengguakan Free OCR. Jika kamu menggunakan software lainnya, kamu bisa menyesuaikan cara-cara dibawah ini dengan software yang kamu gunakan.

  • Download dan install Free OCR di komputer atau laptop windows.
  • Setelah itu, jalankan Free OCR.
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, lalu pilih Load PDF dan masukan file hasil pdf yang akan diedit teksnya.
  • Pilih menu Page untuk memilih halaman berapa yang akan kamu edit teksnya, kemudian Zoom in hingga 200% dan pilih menu OCR.
  • Tunggu hingga proses OCR selesai.
  • File PDF hasil scan kini sudah berubah menjadi teks. Jika sudah jangan lupa untuk mengoreksikembali hasil OCR. Biasanya jika gambar teksnya kabur, atau tidak jelas maka hasil teksnya akan sedikit berantakan.
Baca juga  Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah dan Akurat

Menggunakan Microsoft Office OneNote

edit pdf hasil scan

Selain menggunakan beberapa software diatas tadi. Kamu juga bisa menggunakan Microsoft Office. Microsoft Office memiliki fitur untuk megubah hasil PDF hasil scan menjadi bentuk teks. Fitur tersebut bisa kamu temukan di Microsoft OneNote. Berikut cara menggunakannya.

  • Jika softwarenya sudah terinstal maka kamu tinggal membukanya, jika belum maka kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.
  • buka Softwarenya lalu buat dokumen baru dengan cara tekan CTRL+N pada keyboard.
  • Setelah itu pilih insert Picture kemudian pilih gambar hasil scan yang hendak diubah teksnya, lalu klik kanan dan pilih Copy Text from Picture.
  • Kemudian coba lakukan paste di aplikasi pengolah kata, seperti Notepad atau Microsoft Word.

Menggunakan Situs Online

Jika kamu tidak ingin menginstal software tambahan, kamu juga bisa memanfaatkan situs inline untuk menikmati layanan OCR. Salah satu situs yang menyediakan layanan ini adalah Free Online OCR. Situs ini bisa membantu kamu untuk mengubah dokumen PDF, file gambar JPEG, PNG, GIF, dan TIFF kedalam bentuk teks. Selain itu, aplikasi online ini juga bisa menampilkan OCR sesuai dengan page layout dari dokumen yang kamu miliki.

Cara mengedit file PDF hasil scan ini cukuplah mudah, kamu hanyalah peru membuka situs dari aplikasi ini kemudian unggah file yang ingin kamu jadikan teks.

Setelah konversi selesai, kamu bisa melihat hasil OCR di bawah gambar dokumen yang kamu upload. Kamu juga bisa mendownload hasil konversi dengan cara mengeklik tombol download, atau melakukan translate bahasa menggunakan Google Translate, Bing Translator serta melakukan editing secara online.

Software Berbayar

Salah satu cara mudah mengubah dokumen JPEG ke PDF yang satu ini memiliki persamaan seperti poin nomor satu, yakni sama-sama menggunakan software. Bedanya, software yang akan kmita gunakan ini adalah software berbayar yaitu Nitro PDF Pro. Jadi buat kamu yang menggunakan Nitro PDF Pro sebagai software PDF readernya, maka kamu tidak lagi perlu repot-repot untuk menginstal software OCR lagi. Berikut cara-caranya.

  • Siapkan file JPG yang akan diubah ke bentuk teks kedalam bentuk PDF.
  • Klik kanan file JPG yang akan diubah, setelah itu pilih Covert to PDF with Nitro. Kemudian klik tab Edit, pilih OCR.
  • Pastikan Output Type-nya adalah Edittable Text atau pilih Make Searchable and Editable terakhir, klik OK.
  • Setelah selesai maka akan terbuka tab baru hasil OCR. Sekarang kamu sudah bisa menyalin tulisan tersebut ke aplikasi pengolah teks seperti Microsoft Word, Notepad dan lainnya.
  • Namun jika kamu ingin mengubah seluruh file kedalam Word, maka kamu tinggal melakukan Export to Word dengan cara menekan tombol Ctrl+Shift+W dan pilih Covert.
  • Tunggu hingga proses konversi selesai.
  • Setelah selesai sekarang file hasil konversi akan terbuka dalam bentuk Word.
Baca juga  Resep Es Timun Suri Untuk Buka Puasa dan Cara Membuatnya

Jika gambar, file PDF atau hasil scan tidak terbaca oleh Software OneNote atau Software OCR, biasanya hal tersebut dikarenakan posisi gambar atau huruf yang berada di dalam gambar tidak tegak atau miring.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengedit gambar atau hasil scan tersebut menggunakan aplikasi edit foto agar posisinya menjadi lebih tegak. Karena pada prinsipnya, melakukan scan dan foto langsung itu sama saja, yang membedakan hanyalah kualitasnya saja. Nah itulah beberapa cara edit pdf hasil scan yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here