Terakurat.com – Fakta Kartu Pra Kerja – Ditengah merebaknya pandemi virus Corona di Indonesia, Presiden Joko Widodo pun akhirnya secara resmi meluncurkan Kartu Pra Kerja. Dirilis pada tanggal 20 Maret 1010 lalu, kini Kartu Pra Kerja berada di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko). Airlangga Hartarto menuturkan bahwa program Kartu Pra Kerja ini diluncurkan sesuai dari maklumat Perpres No. 30 Tahun 2020. Nah, buat kamu yang masih kebingingan dengan Kartu Pra Kerja ini maka simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu Kartu Pra Kerja

Kartu pra kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Kartu pra kerja akan diberikan kepada pencari pekerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan.

Manfaat dari kartu pra kerja

Kartu pra kerja merupakan program dari pemerintah pusat, kartu pra kerja ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan kesempatan bagi para pencari kerja, buruh atau pekerja yang terkena dampak dari pemutusan hubungan kerja.

Jika dilihat secara teknisnya Apakah manfaat dari kartu pra kerja ini adalah kelompok sasaran tertentu dapat mendapatkan biaya pelatihan guna meningkatkan dan mengasah bakat serta keterampilan diri.

Melalui hal tersebut diharapkan kelompok sasaran yang dapat menjadikan bantuan biaya pelatihan tersebut sebagai bakal atau tambahan ilmu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan nya.

Mekanisme mendapatkan kartu pra kerja

Seperti yang kita ketahui terdapat tiga syarat kriteria penerima kartu pra kerja. Yang pertama adalah merupakan Warga Negara Indonesia, kemudian harus berusia 18 tahun keatas dan terakhir tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Untuk mekanisme mendapatkan kartu pra kerja sendiri adalah sebagai berikut ini

  • Mendaftarkan diri di situs web yang telah disediakan atau ke lembaga pelatihan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.
  • Mengikuti proses seleksi yang telah diadakan secara daring dan hasilnya akan diumumkan melalui situs web Kementerian tenaga kerja.
  • Memilih lembaga pelatihan vokalisasi yang telah disediakan dan mengikuti pelatihan yang sudah dipilih sebelumnya.
  • Mendapatkan sertifikat.
  • Mendapatkan rating dan ulasan.
Baca juga  Jenis Puasa Wajib dan Sunah yang Harus Kamu Tahu

Mengikuti survei ke pekerjaan.

Fakta-fakta tentang kartu pra kerja

Program kerja Jokowi semasa pemilihan presiden

Faktanya kartu pra kerja merupakan salah satu janji presiden pada saat masa kampanye yang akhirnya baru direalisasikan pada akhir Maret 2020. Skema dari kartu pra kerja ini ditunjukkan kepada setiap WNI yang berusia diatas 18 tahun dengan catatan tidak sedang menjalani pendidikan formal. Dan bagi masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja dan pegawai yang ingin meningkatkan keterampilan.

Kartu pra kerja masih dalam tahap sosialisasi

Pemerintah saat ini meluncurkan situs resmi program kartu pra kerja pada 21 Maret 2020 lalu. Namun bagi masyarakat yang ingin mendaftar program kartu pra kerja saat ini kamu sudah bisa mendaftarkan diri. Menteri koordinator perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tahap awal pemerintah akan melakukan sosialisasi melalui situs www.prakerja.co.id Kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Anggaran mencapai 10 triliun

Sebelumnya pemerintah juga telah menyiapkan anggaran sebesar 10 triliun untuk sekitar 2 juta penerima manfaat program kartu pra kerja pada tahun anggaran 2020 ini. Udara pun kedepannya kompetensi pekerjaan dan pencari kerja dapat meningkat secara signifikan. Lewat kartu pra kerja pemerintah pun akan mendorong lembaga pelatihan dan dunia usaha untuk saling bekerja sama, sehingga lulusan lembaga pelatihan menjadi lebih mudah memperoleh pekerjaan.

Pendaftaran via online

Adapun pendaftaran kartu pra kerja ini akan dilakukan secara online di laman kerja titik go. id yang saat ini sudah bisa dapat diakses. Kata kerja juga dapat dilakukan sebagai kolektif oleh petugas pengantar kerja dari Disnaker. Kapan kartu pra kerja calon peserta harus berusia minimal 18 tahun dan berstatus WNI. Lalu kualifikasi lainnya yakni tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Baca juga  Kisah Misteri yang Unik di Balik Lucunya Kartun Doraemon

Diprioritaskan untuk pekerja dan pencari kerja Muda

Menteri koordinator  perekonomian, Airlangga hartato menjelaskan bahwa sumpah kerja menyediakan biaya pelatihan bagi yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan. Jadi baik itu buruh, karyawan, korban PHK, maupun lulusan SMA ataupun kejuruan yang berusia 18 tahun ke atas, iPhone yang tidak sedang bersekolah atau kuliah boleh mendaftar. Dan prioritas akan diberikan kepada pekerja muda dan pencari kerja muda.

Akan mendapatkan insentif gaji 1 juta perbulan

Cara menganggarkan dana APBN sebesar 10 triliun agar nantinya setiap pekerja yang masuk korban PHK bisa mendapatkan honor sebesar 1 juta per orang atau mengalami kenaikan dari skema sebelumnya yang ditetapkan Rp650.000.

Memperoleh biaya pelatihan hingga 7 juta

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh kemenko perekonomian besaran bantuan biaya pelatihan yang diterima oleh peserta bervariasi. Akan tetapi maksimal nominal sebesar 7 juta sekali seumur hidup. Pemerintah akan membayarkan biaya pelatihan itu kepada lembaga pelatihan melalui platform digital.

Peserta boleh memilih dua jenis pelatihan

Dalam program kartu pra kerja ini terdapat tujuan pelatihan yang diberikan yaitu diantaranya daring maupun tatap muka. Kamu bisa menemukan pilihan program latihan three one berupa pelatihan, lokasi dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja. Untuk setiap jenis program pemerintah jam digital menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program kartu pra kerja juga bervariasi mulai dari lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, Training Center industri, Universitas hingga institusi pendidikan vokasi.

Bekerjasama dengan platform digital

Seperti yang dikatakan oleh menteri koordinasi perekonomian, ini tak hanya dirilis secara inklusif dan transparan saja. Namun penggunaan teknologi informasi juga membuat program kartu pra kerja ini bisa ber evaluasi terus-menerus dan dapat diperbaiki sehingga selalu relevan dan up to date dan menjadi lebih berkesinambungan.

Baca juga  Makanan Khas Semarang yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Adapun platform digital yang bekerja sama dengan kartu pra kerja ini antara lain adalah Tokopedia, Bukalapak, skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir dan Sisnaker.

Nah, itulah tadi beberapa fakta Kartu Pra Kerja yang harus kamu tahu. Semoga dengan adanya kartu prakerja ini dapat membantu kamu yang sedang mencari kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here