Film 1987: When The Day Comes, Diadopsi Dari Kisah Nyata yang Terjadi di Korea Selatan Tahun 1987. Tidak hanya Drama Korea yang disukai oleh masyarakat, Namun film-film dari negeri gingseng ini juga patut diacungi jempol. Terbukti saat Parasite karya Bong Joon Ho berhasil membawa pulang piala Oscar sebagai best pictures dan sutradara terbaik merupakan sebuah prestasi yang bukan hanya membanggakan di Negara Korea saja namun juga Asia.

Oleh karna itu film-film korea tidak bisa dipandang sebelah mata, selain actor dan aktrisnya yang rupawan alur cerita dan produksinya pun luar biasa bagus.

  • Judul Film: 1987: When The Day Comes
  • Tanggal Rilis: 27 Desember 2017
  • Produser: Jung Won Chan, Jang Young Hwan
  • Sutradara: Jang Joon Hwan
  • Penulis: Kim Kyung Chan
  • Pemeran: Kim yeon seok, Ha Jung Woo, Yoo Hae Jin, Kim Tae Ri, Park Hee Soon, Lee Hee Joon

Diangkat Berdasarkan Kisah Nyata.

Cerita dari film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Korea Selata pada tahun 1987. Saat itu, terjadi sebuah tragedy yang kemudian memicu protes secara besar-besaran dari kalangan mahasiswa.

Ceritanya bermula saat mahasiswa sekaligus aktivis bernama park jong chul ( yeo jin goo ) ditangkap karena terlibat demonstrasi menentang rezim presiden Chun Doo Hwan, Jong Chul diintrogasi dan disiksa polisi hingga tewas. Polisi dan pemerintah berusaha menutupi tragedy yang menimpa Jong Chul. Jenazah Jong Chul bahkan akan dikremasi untuk menghilangkan bukti.

Media dan Mahasiswa yang tidak percaya pada polisi akhirnya ulai melakukan perlawanan. Komisaris Park Cheo Won ( Kim Yun Seok ) yang menangani kasus tersebut dibuat kalang kabut dengan kehadiran Jaksa Choi Hwan ( Ha Jung Wo ).

Baca juga  'Jumanji 3' Hadir Kembali Sebelum Natal.

Jaksa Choi yang mencurigai kematian Jong Chul menolak untuk memberikan izin melakukan kremasi. Bahkan tidak hanya itu, Jaksa Chul justru meminta mayat Jong Chul untuk di autopsy. Jaksa Choi yang tak gentar melawan Park Cheo Won akhirnya dipecat. Namun, secara diam-diam dirinya menyerahkan semua dokumen terkait kematian Jong Chul pada reporter Yoon Sang Sam ( Lee Hee Joon ).

Kemudian sang reporter menemukan sebuah fakta bahwa Jong Chul meninggal karena sesak napas, bukan karena serangan jantung seperti yang diungkapkan oleh pihak kepolisian. Park Cheo Won ingin menyelamatkan diri dan mengamankan posisinya. Ia mengkambinghitamkan detektif Jo Han Kyung ( Park Hee Soon ). Misteri kematian Jong Chul akhirnya menemui titik terang saat sipir Han Byeong Tong ( Ya Hae Jin ) mengungkap fakta baru.

Kisah Yang Sebenarnya Terjadi Pada Tahun 1987 Tentang Pemberontakan, Demokratisasi, Dan Kematian Mahasiswa.

Januari 1987 penyiksaan dan kematian Park Jong Chul.

Pemerintahan Chun Doo Hwan, menindas gerakan Pro-Demokrasi dengan kekuatan senjata. Dalam insiden ini banyak warga dan siswa yang disiksa oleh oknum polisi. Termasuk penyiksaan dan kematian Park Jong Chul merupakan salah satu dari kasus ini. Meskipun polisi mengabarkan bahwa kematian mahasiswa ini adalah kematian yang mendadak, mereka kemudian mengaku telah menyiksa Jong Chul dengan air setelah dilakukan otopsi pada tubuhnya.

Setelah kebenaran dari pembunuhan tersebut terungkap, partai oposisi melancarkan serangan baru kepada pemerintah Chun Doo Hwan. Peringatan terhadap masalah ini menyebabkan Gerakan Demokrasi Juni tahun 1987.

Pada Bulan Juni 1987 Juga Menyebabkan Lee Han Yeol Meninggal Dunia.

Ketika demonstrasi semakin marak terjadi, Mahasiswa Universitas Yonsei bersumpah untuk turun ke lapangan dan berdemonstrasi di universitas pada tanggal 9 Juni 1987. Selama Demo berlangsung, mahasiswa Lee Han Yeol terluka parah ketika sebuah granat gas air mata menembus tengkoraknya. Kemudian ia meninggal pada tanggal 5 Juli 1987.

Baca juga  Pemeran Drama Korea Love's Emergency Landing!

Melalui peristiwa-peristiwa ini warga menjadi curiga terhadap pemerintahan Chun Doo Hwan dan perlawanan demokratis terus diperpanjang.

Gerakan demokratis pada bulan Juni 1987 ini menjadi pucaknya. Chun Doo Hwan akhirnya setuju untuk merevisi konstitusi system pemilihan langsung. Bahkan Park Mi menuliskan bahwa: “ Generasi Mahasiswa di tahun 1980-an memainkan peran penting dalam demokratisasi masyarakat Korea Selatan “

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here