• Judul Film: Tanah Surga … Katanya
  • Rilis: 15 Agustus 2012
  • Produser: Deddy Mizwar, Gatot Brajamusti, Bustal Nawawi
  • Sutradara: Herwin Novianto
  • Penulis: Danial Rifki
  • Pemeran: Aji Santosa, Fuad Idris, Ence Bagus, Astri Nurdin, Tissa Biani Azzahra, Ringgo Agus Rahman, Andre Dimas Apri, Hengky Soelaiman.

Film ini meraih banyak penghargaan dalam Festival Film Indonesia di tahun 2012, diantaranya Sutradara Terbaik ( Herwin Novianto ), Pemeran Pendukung Pria Terbaik ( Fuad Idris ), Tata Artistic Terbaik ( Ezra Tampubolon ), Tata Musik Terbaik ( Danial Rifki ).

Tanah Surga…Katanya menceritakan tentang Hasyim, ia adalah seorang mantan sukarelawan Konfrontasi Indonesia Malaysia di tahun 1965 yang hidup dengan kesendiriannya. Setelah istri yang dicintainya meninggal dunia ia memutuskan untuk tidak menikah lagi, dan memilih tinggal dengan anak laki-laki semata wayangnya yang juga menjadi duda dengan dua orang anak bernama Salman dan Salina.

Mereka hidup diperbatasan Indonesia Malaysia membuat persoalan tersendiri, karena masih didominasi oleh keterbelakangan dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat perbatasan harus berjuang setengah mati untuk mempertahankan hidup mereka, termasuk keluarga hasyim, tetapi kesetiaan dan loyalitas mereka kepada bangsa dan Negara membuat Hasyim bertahan untuk tetap tinggal. Sementara Haris, anak hasyim untuk hidup di Malaysia karena menurutnya Malaysia jauh lebih bisa member harapan untuk masa depannya. Dia juga berniat untuk mengajak seluruh keluareganya untuk pindah termasuk mengajak Hasyim bapaknya.

Lalu kemudian datang Astuti, seorang guru sekolah dasar di kota yang datang tanpa direncanakan. Ia kemudian mengajar di sekolah yang hampir roboh karena sudah setahun lamanya tidak berfungsi. Tak lama berselang datang lagi dr. Anwar, seorang dokter muda yang datang ke daerah tersebut, karena tidak mampu bersaing sebagai dokter professional di Kota.

Baca juga  'Ready or Not' : Tradisi Pembantaian Pengantin Wanita.

Salman dan salina pun sangat gembira atas kedatangan mereka. Hasyim baru diketahui ternya mengidap penyakit yang sangat membahayakan bagi hidupnya dan dr.Anwar menyarankan agar hasyim dibawa untuk pengobatan yang lebih layak.

Salman berusaha memenuhi kebutuhan di perjalanan yang memakan biaya hingga 400 ringgit. Sementara Salina dan ayah kandungnya sedang berada di Malaysia, tiba-tiba penyakit hasyim kambuh dan salman kebingungan untuk membawa hasyim ke rumah sakit. Salman dan dr. Anwar membawa hasyim menggunakan perahu menuju rumah sakit, namun di tengah perjalanan Bensin yang ada pada deasel perahu yang mereka tumpangi habis. Dan nyawa hasyim tidak tertolong. Hasyim meninggal ditengah perjalanan menuju rumah sakit.

Pesan Moral yang Bisa Dipetik Dari Film Tanah Surga … Katanya.

Sikap Hasyim yang sangat mencintai tanah air sampai akhir hayatnya, meskipun hidup dalam kesulitan dia tetap ingin tinggal di tanah yang dicintainya. Bahkan ketika Negara lain memberikan banyak harapan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, Hasyim tetap setia dan membuktikan loyalitasnya kepada bangsanya.

Rasa Hormat, Sayang dan Iklas untuk merawat orang tua tercermin dari sosok Salman yang berjuang untuk membawa kakeknya berobat kerumah sakit.

Sikap saling tolong menolong yang dilakukan dr.Anwar juga bisa menjadi cerminan bahwa seorang dokter harus menolong tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Film karya dedy mizwar ini mengangkat kesadaran berbangsa dan bernegara, keyakinan seorang warganegara terhadap negaranya yang tetap bertahan untuk tinggal meskipun dalam kondisi yang sangat sulit, semetara lainnya memilih pergi mencari Negara lain yang bisa lebih memberikan harapan untuk kehidupan yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here