terakurat.comkeuntungan-besar– Membuat film membutuhkan budget yang sangat besar? Siapa bilang? Terbukti beberapa film berikut ini mampu menhasilkan keuntungan fantastis yang berkali-kali lipat jumlahnya meskipun dengan budget yang minim. Kesuksesan tersebut diraih bukan hanya karena efek CGI nya saja yang menakjubkan, aktor, aktris, sutradara dan penulis ceritanya juga yang ikut menyumbang kesuksesan tersebut.

Budget yang selangit ternyata tidak menjamin kesuksesan sebuah film itu sendiri, banyak yang malah merugi. Semua tergantung pada kerjasama tim produksi yang bersama-sama membuat tayangan yang bagus untuk ditonton oleh banyak orang.

Berikut ini film-film yang sukses meskipun dengan budget yang kecil.

The Blair Witch Project (1999).

The Blair Witch project adalah film dengan budget rendah yang memperoleh keuntungan hingga puluhan ribu kali lipat. Keuntungan yang didapat film ini benar-benar luar biasa lho guys!. Dibekali dengan budget US$ 60 ribu, film ini berhasil meraih keuntungan sebesar US$ 248 juta!! Orang-orang yang terlibat dalam produksi film tersebut tentu tidak pernah menyangka sebelumnya.

Film ini menceritakan tentang kisah tiga orang pemuda pembuat film yang melakukan kegiatan hiking ke Black Hills di Burkittsville, Maryland. Mereka berniat untuk membuat sebuah film dokumenter tentang legenda Blair Witch.

Blair Witch Project adalah salah satu pionir dalam genre film found-footage di dunia perfilman. Found-footage merupakan teknik pembuatan film fiksi yang dikemas seperti film dokumenter dan bertutur seperti kisah nyata. Karena film ini merupakan film dokumenter rekayasa maka wajar jika diproduksi dengan budget rendah.

Kesukesan film ini juga berhasil diraih berkat teknik marketing yang sangat luar biasa. Mereka bahkan bisa membuat penonton percaya bahwa apa yang terjadi dalam film ini merupakan kejadian nyata yang seolah benar-benar terjadi.

Disamping itu, cerita dan akting para aktor di film Blair Witch Project juga layak diacungi jempol. Kamu nggak akan menyangka bahwa film ini adalah setting-an. Film ini diperankan oleh Heather Donahue, Michael C. Williams, Joshua Leonard.

Paranormal Activity (2007).

Dibuat dengan budget hanya US$ 15 ribu, film ini berhasil meraup keuntungan hingga US$ 193 juta. Teknik pengambilan gambar Paranormal Activity direkam dengan menggunakan kamera handicam selama 7 hari. Aktor yang dipakai pun bukanlah aktor terkenal. Wajar saja apabila budget-nya sangat kecil.

Film ini mengisahkan tentang pasangan muda yang pindah ke pinggiran Kota, lalu mereka mulai merasa terganggu karena kehadiran suatu hal yang kemungkinan besar adalah arwah. Para arwah tersebut paling suka berinteraksi di tengah malam.

Baca juga  Film Korea yang Mendapat Penghargaan Internasional!

SAW (2004).

Film ini bercerita tentang aksi gila kisah pembunuh berantai Jigsaw dalam menghabisi nyawa korbannya. Berawal dari Adam Stanheight ( Leight Whannell ) yang terbangun di sebuah kamar mandi tua dengan kaki yang di rantai. Sedangkan Dr. Lawrence Gordon ( Cary Elwes ) yang juga terkejut karena dirinya terduduk di seberang adam dalam kondisi serupa.

Dalam keadaan panik, keduanya berusaha mencari tahu apa yang terjadi. Hingga akhirnya Adam menemukan sebuah perekam suara di saku celananya. Suara pria dalam rekaman tersebut memerintahkan Adam untuk lari, sementara Gordon diperintahkan untuk membunuh Adam. Jika Gordon gagal dalam menjalankan misinya, maka sang istri dan puterinya akan dihabisi oleh sang penculik.

SAW diproduksi dengan budget US$ 1,2 juta dan berhasil meraih keuntungan hingga US$ 103 juta. Film ini juga hanya melakukan shoot dalam beberapa hari saja sehingga mampu memotong budget. Kesuksesan film ini bahkan mampu melahirkan 7 sekuel lho guys! Film SAW seolah menjadi tontonan wajib bagi orang Amerika saat merayakan Halloween.

American Grafitti (1973).

American Grafity menceritakan tentang gambaran budaya anak remaja di tahun 60-an. Mereka menghabiskan hari terkhir mereka bersama dengan bergadang semalaman sebelum mereka pergi meninggalkan teman-temannya.

Film ini berhasil merekam moral dan sikap generasi muda saat itu dengan jujur dan terbuka. Film ini Jauh sebelum George Lucas menyutradarai franchise Star Wars, dahulu ia bukanlah sutradara besar yang kalian kenal sekarang. Namun American Grafitti lah yang melejitkan namanya menjadi salah satu sutradara terbaik di abad ke 20-an.

Film ini diproduksi dengan budget sebesar US$ 750 ribu saja dan berhasil mendapatkan keuntungan berlipat ganda hingga mencapai US$ 115 juta. American Grafitti adalah film yang sangat populer pada masanya. Bahkan kritikus dari Rotten Tomatoes memberi rating 96% kepada film ini.

Star Wars.

Film ini menceritakan tentang sebuah kekuatan baru yang berusaha menghancurkan kekuasaan Republik. Kepopuleran Star Wars kini sudah menjadikannya pop culture yang tak lekang oleh waktu.

Kamu pasti gak pernah nyangka kan kalau film ini hanya diproduksi dengan budget yang relatif kecil, yaitu sekitar US$ 11 juta. Namun bisa meraup keuntungan hingga US$ 775 juta. Sangat layak jika kita menyebut film ini sebagai salah satu film tersukses sepanjang masa. Disutradarai oleh George Lucas dan dibintangi oleh Mark Hamill, Horrison Ford, Carrie Fisher.

Baca juga  The Secret Life of Pets 2, Tayang Bulan Juni 2019.

Halloween (1978).

Film ini menceritakan tentang Michael Myers yang selama 17 tahun dikungkung di rumah sakit jiwa. Kemudian ia berhasil melarikan diri dan berniat untuk mencari adiknya. Siapapun yang berpapasan dengannya dijalan akan berada dalam bahaya besar.

Halloween merupakan film horor klasik yang sampai sekarang menghasilkan hingga 10 sekuel dalam franchise-nya. Film yang pada awalnya hanya dibekali dengan budget US$ 300 ribu dalam produksinya mampu mendapatkan keuntungan hingga US$ 70 juta.

Kabarnya seluruh pakaian yang dikenakan Jamie Lee Curtis, pemeran utama dalam film ini hanya bernilai US$ 100. Gak harus pakai barang mahal untuk tampil bagus kan guys, tergantung yang pakai juga sih heheā€¦

Halloween Durasi 1 jam 31 menit dan rilis pada Tanggal 27 Oktober 1978. Film ini disutradarai John Carpenter dan diperankan oleh Donald Pleasence, Jamie Lee Curtis, Tony Moran.

Lost in Translation (2003).

Film ini mengisahkan tentang Bob, merupakan seorang aktor asal korea yang akan melakukan syuting iklan di Tokyo. Bob kemudian bertemu dengan Charlotte, seorang wanita malang yang ditinggalkan oleh suaminya yang merupakan seorang fotografer.Seiring berjalannya waktu mereka berdua merasa menemukan teman dalam kehadiran satu sama lain.

Lost in Translation adalah sebuah film drama yang disutradarai oleh Sofia Coppola, yang merupakan anak dari seorang sutradara film legendaris The Godfather, Francis Ford Coppola. Film yang dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson ini menghabiskan biaya produksi hanya sebesar US$ 4 juta, namun bisa menghasilkan keuntungan hingga US$ 119 juta. Lost in Translation juga memenangkan piala Oscar untuk screenplay terbaik. Ditambah lagi, Rotten Tomatoes juga memberi rating 95% pada film klasik ini.

Pulp Fiction (1994).

Film ini menceritakan tentang dunia kriminal bawah tanah dengan serangkaian insiden yang akhirnya menghubungkan kehidupan antara dua mafia los Angeles, istri seorang gangster, seorang petinju dan dua orang penjahat kelas teri.

Pulp Fiction adalah karya seorang sutradara nyentrik bernama Quentin Tarantino yang berhasil menyajikan suasana 90-an dengan sangat baik dalam film ini. Bertabur bintang seperti John Travolta, Samuel L. Jackson, serta Uma Thurman, Akan tetapi film ini tetap berhasi dibuat dengan budget yang kecil yaitu diproduksi  dengan US$ 8,5 juta. Namun hebatnya, film ini berhasil meraup keuntungan yang fantastis bahkan hingga mencapai US$ 213 juta.

Baca juga  Film Jepang Bertema Survival Game Mengerikan!

Get out (2017).

Film ini menceritakan tentang Chris, seorang pria berkulit hitam yang datang untuk mengunjungi orang tua kekasihnya yang berkulit putih saat liburan akhir pekan. Meski keluarganya kelihatan wajar dan biasa saja, namun ternyata ada rahasia mengerikan yang tersembunyi dibalik dinding rumah mereka.

Film perdana dari sutradara dan komedian Jordan Peele ini berhasil membuat penonton terpesona. Dan berhasil menjadi salah satu film terbaik di 2017.

Get Out menjadi sebuah film horor yang memiliki formula unik dibandingkan dengan film horor lainnya. Film ini juga membawa nama Jordan Peele sebagai salah satu sutradara yang paling dihormati di Hollywood.

Sukses membawa pulang piala Oscar, tak ada yang menyangka jika film ini diproduksi hanya dengan budget US$ 4,5 juta dan berhasil meraup keuntungan hingga US$ 255 juta. Rotten Tomatoes bahkan memberi rating 99% pada film ini.

Whiplash (2014)

Film dramatis ini menceritakan tentang seorang penabuh drum yang ulet. Demi impiannya menjadi seorang penabuh drum terhebat, Andrew, drummer muda berbakat mendaftar di sebuah konservatorium musik dengan mentor Terence letcher yang terkenal dengan cara pengajarannya yang sangat brutal.

Whiplash memenangkan 3 Oscar dan 1 Golden Globe Award. Pada awalnya, tidak ada yang benar-benar percaya dengan ide yang siusulkan oleh Damien Chazelle. Tetapi Chazelle akhirnya memutuskan untuk membuat film pendek dengan salah satu adegan dari film masa depannya. Ide tersebut berhasil mendapatkan penghargaan di Sundance Film Festival.

Dan upaya lamanya untuk mengubah Whiplash menjadi sebuah film panjang akhirnya berhasil. Film ini ternyata menjadi populer dan bahkan masuk dalam daftar 10 film terbaik di tahun 2014. Budget yang dikeluarkan untuk pembuatan film ini hanya USD 3 juta atau setara dengan Rp 42 miliar dan merauk keuntungan sebesar USD 48 juta setara Rp 675 miliar.

Nah guys itu dia tadi film-film yang berhasil meraih kesuksesan dengan keuntungan yang sangat besar meskipun hanya bermodal kecil. Karna itu kita harus berani bermimpi dan berusaha untuk mewujudkannya, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here