terakurat.com– Film Indonesia realigi terkadang bisa menimbulkan rasa religius kita setelah menontonnya. Beberapa film bertema islami berikut ini mungkin juga bisa menginspirasi dan meningkatkan keimanan kita selama bulan suci ramadhan ini. Bagi umat islam seluruh dunia, selamat menjalankan ibadah puasa…

Mencari Hilal (2015).

merdeka.com

Alur cerita film ini memang tidak terlalu kompleks dan tidak terlalu banyak memiliki konflik yang berat. Hal yang menarik dari film ini adalah temanya yang membahas mengenai isu sosial yang banyak terjadi di masyarakat saat ini. Salah satunya perbedaan pola pikir antara orang tua dan anak mengenai pandangan mereka terhadap agama islam.

Karakter seorang ayah dan anak yang sering bertengkar karena perbedaan pola pikir mereka mengenai tradisi, sosial dan budaya. Dimana sang ayah yang diperankan oleh aktor senior Deddy Sutomo sangat taat agama namun, sedikit “kolot”. Si anak yang diperankan oleh Bayu Oktara berwatak keras kepala dan “gaul”.

Cerita di film ini tidak hanya menarik, tapi juga melihat mengenai sisi lain dari agama islam jika di pandang dari sudut yang berbeda.

99 Cahaya di Langit Eropa (2013).

tirto.id

Film ini di adaptasi dari novel karya dari Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama. Menceritakan mengenai agama Islam yang disebarkan dengan cara yang lebih baik dan tanpa sedikitpun kekerasan, baik dengan berdakwah, melalui pelajaran atau pengetahuan umum yang juga diselingi dengan konflik sosial dan budaya.

Film ini menimbulkan sensasi, karena saat itu di Indonesia banyak menghadapi kasus terorisme yang membawa nama agama dan isu internasional banyaknya negara di Eropa yang mendiskriminasi para kaum muslim.

Di film ini kamu juga bisa tahu tentang sejarah peninggalan Islam di negara-negara Eropa, yang mungkin selama ini belum banyak yang mengetahuinya.

Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (2016).

selipan.com

Merupakan sebuah sekuel dari film sebelumnya “99 Cahaya di Langit Eropa” ini menceritakan kelanjutan petualangan pasangan suami-istri yang berikut hijrah ke negara Paman Sam, Amerika Serikat. Film ini mengambil kisah peledakan World Trade Centre sebagai garis utama ceritanya.

Banyak yang bisa ketahui dari film ini, seperti bagaimana kehidupan para muslim di negara adidaya tersebut, isu terorisme, sampai adegan diskriminasi dimana golongan non-muslim yang menolak adanya pembangunan masjid di daerah mereka.

Baca juga  Pergerakan Gender, Melalui Tarian Lengger

Dibintangi oleh para aktor kawakan seperti Abimana, Acha Septiarsa, Rianti Cartwright dan masih banyak lagi dengan kualitas akting mereka dalam membawa karakter masing-masing akan membuat Kamu tidak menyesal untuk meluangkan waktu menonton film ini.

Negeri 5 Menara (2012).

konfrontasi.com

Bagi yang suka film religi dengan tema yang lebih jenaka, maka film Negeri 5 Menara ini cocok dijadikan pilihan. Film Indonesia realigi yang dibanjiri oleh banyak artis kenamaan seperti Ikang Fawzi, Lulu Tobing, Donny Alamsyah, Aryo Wahab, dan masih banyak lagi adalah film yang menceritakan tentang kehidupan 6 santri yang berasal dari daerah yang berbeda dan memiliki cita-cita yang berbeda juga.

Mereka semua sering berkumpul di menara masjid pondok pesantren dan menamakan diri mereka sebagai pemilik menara. Di menara itu mereka saling membagikan keinginan mereka menguasai dunia dengan cara mereka masing-masing.

Disini Kamu akan disuguhkan dengan menariknya cerita dari latar belakang kehidupan masing-masing karakternya dan bagaimana mereka bisa berteman dengan mencoba menerima perbedaan mereka masing-masing.

Perempuan Berkalung Sorban (2009).

tribunnews.com

Film ini menggambarkan tentang perjuangan seorang wanita melawan nilai-nilai adat di daerah tempat tinggalnya yang dianggap terlalu mendiskriminasi wanita. Di film ini mengandung banyak konflik sosial seperti pemaksaan kehendak sampai kekerasan dalam rumah tangga.

Film ini juga lah yang berhasil melambungkan Revalina S. Temat sebagai pemeran utama karena kemampuannya dalam membawakan karakter utama film tersebut. Meskipun sempat menuai kontroversi karena alur ceritanya yang mengandung kekerasan dan bagaimana penyampaian nilai-nilai sosial dan budaya didalamnya dianggap sebagai pemicu orang-orang muslim untuk murtad.

Namun dibalik semua itu, banyak sekali ilmu yang bisa kita petik dari film ini seperti pandangan agama dan masyarakat terhadap para perempuan muslim.

Sang Pencerah (2010).

justwatch.com

Siapa yang tidak kenal dengan pahlawan nasional K.H. Ahmad Dahlan? Sosok pejuang yang ikut terlibat dalam pergerakan nasional dan pendiri dari organisasi islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah ini diperankan oleh aktor ternama Lukman Sardi. Film ini akan mengajarkan kita mengenai arti dari kesabaran dan ketaatan yang sesungguhnya.

Film besutan sutradara kondang Indonesia Hanung Bramantyo ini juga mendulang sukses yang baik di dunia perfilman Indonesia, bahkan disebut-sebut sebagai pionir munculnya film-film bertemakan pahlawan nasional lainnya.

Baca juga  Film Motivasi yang Bisa Membuatmu Lebih Mensyukuri Hidup

Sang Kiai (2013).

semangatmenginspirasi-wordpress.com

Menceritakan mengenai sosok K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu. Film besutan sutradara muda Rako Prijanto ini mampu membawa film bertema nuansa islam dan perjuangan ini sampai ke nominasi 86 – Oscar (penghargaan tertinggi karya film dan televisi) untuk kategori Best Foreign Language.

Di film ini Kamu tidak hanya menambah pengetahuan di bidang agama tapi juga sejarah para pejuang Indonesia.

Hijab (2015).

merdeka.com

Film ini bisa dibilang film indonesia realigi yang bertema yang jujur, ringan dan tidak sulit dipahami. Namun film ini mengandung banyak pelajaran yang bisa dipetik. Bercerita mengenai 4 sahabat yang diperankan oleh Zaskian Adya Mecca, Carissa Putri, Tika Bravani dan Natasha Rizki yang awalnya memiliki cita-cita memiliki bisnis di dunia fashion muslim, 3 dari mereka telah bersuami.

Konflik terjadi saat para suami mengetahui bisnis yang digeluti oleh para istri tanpa sepengetahuan mereka. Hingga akhirnya satu dari mereka dilarang untuk berbisnis dengan alasan haram dalam ajaran agama islam.

Di film ini kamu juga akan belajar mengenai persahabatan, keluarga, pandangan masyarakat terhadap wanita berhijab dan pemahaman nilai-nilai agama islam mengenai seorang istri dan cara berbisnis.

Hafalan Shalat Delisa (2011).

you tube.com

Kalian masih ingat tentang bencana tsunami yang mnimpa Aceh? Mah film yang satu mengambil tema tentang hal itu. Film indonesia realigi yang dirilis tahun 2011 yang lalu ini, menceritakan tentang seorang anak yang bernama Delisa yang aman dirinya harus menghafalkan doa dan juga gerakan sholat untuk mendapatkan nilai yang bagus disekolahnya dan tentu saja demi mendapat hadiah dari ibunya.

Namun semua hal tersebut harus pupus setelah bencana tsunami menimpa Delisa beserta keluarganya. Setelah hal tersebut, Delisan akhirnya harus berpisah dengan keluarganya. Film ini diproduksi oleh Star Vision dan merupakan film yang cukup populer di bioskop pada tahun 2011 silam.

Ada Surga di rumahmu (2015).

iradiofm.com

Nah untuk film yang satu ini, bisa dibilang film islami yang amat kaya hikmah dan pelajaran. Film yang diadaptasi dari buku karya Ustad Alhabya ini menceritakan tentang seorang pemuda yang sedang berada di persimpangan perjalanan hidupnya.

Baca juga  'Single Part 2', Suguhan Berbeda dari Raditya Dhika.

Ia berada dalam dua buah hal yang sebenarnya keduanya amat bagus namun agak saling bertolak belakang. Saat ia berada dalam posisi harus mengabdikan dirinya pada pondok pesantren tempat dimana dirinya menimba ilmu atau malah mengejar mpiannya sebagai seorang artis.

Hal yang merupakan hikmah dari film ini adalah kalian diajarkan untuk tidak perlu jauh – jauh mencari sebuah surga hingga ke ujung dunia. Karena surga milikmu sudah ada di rumahmu sendiri.

Ketika Cinta Bertasbih (2009).

pinterest.com

Film ini pertama kali dirilis di tahun 2009 silam. Film yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang tokoh bernama Azza (Kholid Asadil Alam). Merupakan sebuah film yang diadaptasi dari cerita novel dengan judul yang sama karya habiburahman El Shirazy.

Film yang satu ini bisa dibilang merupakan film yang menyedot banyak pihak mulai dari proses casting hingga berjalannya produksi. Untuk casting film ini sendiri dilakukan tidak main – main, untuk tokoh pemeran utama dari film ini sendiri dilakukan sebuah casting terbuka untuk mendapatkan pemerannya.

Tidak jauh dari itu, film ini juga memiliki setting yang membuat mereka melakukan perjalanan ke luar negeri hingga ke Mesir. Tidak heran, jika film yang satu ini menjadi salah satu film terbaik hingga menyedot penonton lebih dari 3,1 juta.

Di bawah lindungan Ka’bah (2011).

tribunnews.com

Film islami terbaik kita yang selanjutnya ini dirilis pada tahun 2011 silam. Merupakan adaptasi dari sebuah novel karya Buya Hamka yang telah lama diterbitkan, yakni pada tahun 1978 silam.

Film ini menceritakan tentang kisah cinta antara dua insan manusia dari dua buah latar belakang keluarga yang berbeda. Hamid dan juga Zainab sebenarnya saling mencintai, namun karena hamid berasal dari keluarga miskin sedangkan Zainab berasal dari keluarga kaya. Hal tersebut membuat hubungan mereka ini menjadi agak susah. Sampai sebuah kejadian membuat Hamid harus berkelana hingga ke mekkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here