Terakurat – Fitur Tersembunyi Google Maps – Sejak diluncurkan pada tahun 2005, Google maps adalah layanan pemetaan versi web yang dikembangkan oleh Google. Layanan yang satu ini dapat menampilkan citra satelit, peta jalan, panorama 3600, kondisi lalu lintas, perencanaan rute untuk bepergian baik itu menggunakan kendaraan ataupun jalan kaki.

Untuk menggunakan layanan google maps agar maksimal maka dibutuhkan pula jaringan internet yang setidaknya mampu berjalan dengan lancar. Pasalnya jika koneksi internet kurang stabil berpotensi membuat google maps menjadi error.

Dari banyaknya semua aplikasi navigasi yang ada, Google Maps merupakan salah satu aplikasi Navigasi yang paling terkenal dan paling berguna.

Beragam fitur yang bermanfaat dan mampu memudahkan kamu se[erti dapat melihat kemacetan, restoran terdekat hingga menemukan lokasi rumah yang spesifik menjadi andalan yang berada pada platform tersebut.

Namun masih banyak juga yang kurang bisa memanfaatkan aplikasi ini secara sepenuhnya, nah berikut ini fitur tersembunyi Google Maps di Android yang harus kamu tahu!

Fitur Tersembunyi Google Maps di Android, Kamu Harus Tahu!

Menambah pemberhentian di perjalanan

Buat kamu yang sering jalan-jalan bareng teman, pastinya pernah merasakan sulitnya mencari pemberhentian yang tepat. Nah, pada google maps kamu bisa mengecek terlebih dahulu lokasi-lokasi pemberhentian seperti halnya pom bensin, restoran, warung kopi yang berada di sepanjang rute perjalanan kalian. Caranya sangatlah mudah, pada kolom navigasi kamu cukup memilik ikon pencarian dan membuka beberapa opsi lokasi.

Disitulah nantinya akan terdapat beberapa pilihan pemberhentian seperetihalnya pom bensin dan warung kopi. Untuk mencari lokasi lain seperti tempat ibadah, kamu juga bisa memanfaatkan bar pencarian yang sudah tersedia.

Menyimpan beberapa lokasi favorit

Baca juga  Tips Mendapatkan Windows 10 Original Gratis Tanpa Ribet!

Mungkin diantara kalian sudah tahu mengenai fitur yang satu ini untuk menyimpan lokasi rumah atau kantor kalian pada google maps. Tapi kalian juga bisa menyimpan lokasi lain atau lokasi yang pernah kamu kunjungi loh.

Caranya, kamu cukup memilih ikon hamburger yang terdapat pada halaman utama dan masuk ke opsi your place untuk membuat daftar lokasi favoritmu atau yang ingin kamu kunjungi.

Daftar yang telah kamu buat bisa di bagikan ke orang lain jika kenalan kalian ada yang membutuhkan rekomendasi dari kamu. Selain itu kamu juga bia membuat daftar group yang sangat berguna jika kamu sedang merencanakan liburan bersama dengan teman atau kerabat kalian.

Mengecek perkiraan durasi perjalanan

Pada aplikasi google maps, kamu bisa mengecek perkiraan durasi perjalanan menggunakan transportasi umum dan bisa sangat berguna jika kamu sedang mengejar pesawat.

Untuk mengakses fitur yang satu ini, kamu cukup mengatur tujuan dan lokasi awal seperti biasa dan pilih opsi tujuan. Setelah itu tap label pemberhenian dan kamu bisa memilih antara waktu mulai perjalanan dan kalian dapat melihat estimasi durasi perjalanan atau waktu sampai ke tujuan.

Mengirim rute ke smartphone

Selama kamu menggunakan akun google yang sama, kamu juga bisa membagikan rute perjalanan pada google maps di PC ke ponsel kalian. Cukup pilih opsi kirim tujuan ke ponsel, dan rute yang sudah kamu pilih akan langsung terkirim ke hp kalian.

Fitur in Door Map

Selain menampilkan peta outdoor, Google maps juga dapat menampilkan map di dalam gedung seperti mall. Caranya kamu cukup buka zoom in dan nantinya aplikasi google maps akan menampilkan layout dari mall tersebut. Namun sayangnya, fitur yang satu ini masih sangat terbatas, dan tidak semua mall memiliki fitur yang satu ini.

Baca juga  Rekomendasi Kado Pernikahan Unik untuk Teman dan Sahabat

Melihat Timeline

Selain menampilkan peta Google maps juga bisa membatu melihat lokasi yang pernah kamu kunjungi sebelumnya. Jika kamu merasa fitur yang satu ini terlalu berlebihan, kamu juga bisa menonaktifkannya.

Membagikan perjalanan

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk keamanan buat kalian yang suka jalan-jalan tetapi sendirian. Fitur google maps yang satu ini mudah di akses, kamu hanyalah perlu tam di ikon hamburger dan memilih opsi bagikan lokasi. Disinlah kamu dapat menentukan durasi fitur bagikan lokasi ini kepada siapa lokasi kamu akan di share dan dimana link akan di share.

Nah, itulah beberapa fitur menarik google maps yang jarang orang ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here