Terakurat – Fitur tersembunyi whatsapp – Sebagai salah satu aplikasi yang fungsinya untuk menyampaikan pesan secara instan, WhatsApp saat ini sudah berkembang pesat. Pembaharuannya semakin terasa dimudahkan. Jika kamu adalah pengguna WhatsAp yang hanya mengirim dan menerima pesan saja, sebaiknya kamu harus tahu apa saja fitur yang ditawarkan aplikasi jutaan pengguna ini.

Fitur Tersembunyi Whatsapp

Fitur Tersembunyi WhatsApp

Pesan Berbintang

Ketika seseorang mengirim pesan pribadi maupun di grup, maka suatu saat akan tertimbun dengan adanya pesan-pesan yang baru. Ketika kamu ingin melihatnya kembali, maka kamu harus scroll ke atas dan tentunya akan sangat menyulitkan. Whatsapp menghadirkan fitur bintang agar kamu mudah melihat pesan yang sudah ditandai.

Caranya adalah dengan menekan pesan dari orang tersebut, jika sudah terblok lalu lihat pada bagian atas. Akan ada tanda bintang, lalu klik bintang tersebut. Untuk melihat daftar pesan yang sudah kamu beri tanda bintang, pilihlah menu lalu tap “Pesan Berbintang” atau “Starred”. Jika kamu sudah tidak memerlukannya, kamu hanya tinggal membatalkan tanda bintang tersebut.

Mencadangkan Pesan di Goole Drive

Jika kamu seorang pengguna WhatsApp dan tujuannya untuk bisnis maka banyak sekali pembicaraan atau rapat online pada WhatsApp. Semua chat tentunya akan terasa penting, baik itu sebagai bukti atau sebagai pengingat. Kamu bisa memanfaatkan fitur pencadangan pesan yang antinya dapat tersimpan dalam akun Google Drive.

Caranya adalah, klik pengaturan kemudian klik obrolan dan panggilan setelah itu pilih “Cadangkan Obrolan” dan “Pengaturan Google Drive” nantinya kamu akan diberikan beberapa pilihan, apakah kamu ingin mencadangkan obrolan sehari-hari, per minggu atau perbulan. Perlu di ingat bahwa Google Drive hanya memberi ruang gratis sebesar 15 GB termasuk e-mail dan lain-lain.

Baca juga  Rekomendasi Aplikasi Edit Lagu Terbaik untuk Android

Menghapus pesan sekaligus

Pesan yang sudah lama dan menumpuk dari banyak orang dapat mengakibatkan melambatnya ponsel. Maka dari itu, menghapus pesan dari group atau orang akan sangat melelahkan jika harus dihapu satu per satu sementara jumlahnya saja ribuan. Whatsapp menghadirkan fitur untuk menghapus pesan dengan sekaligus tanpa harus membuat jempol kamu capek.

Caranya adalah pergi ke pengaturan, lalu pilih obrolan dan panggilan. Disana akan terdapat riwayat obrolan dan hapus semua obrolan. Kamu akan melihat berapa opsi untuk menghapus pesan, apakah hanya lebih dari 6 bulan atau 30 haru. Setelah memilih, maka Whatsapp maka akan menghapusnya, atau kamu juga bisa ke ruang obrolan lalu hapus obrolan maka semua obrolan akan terhapus kecuali pesan berbintang.

Teks dengan Ragam Format

Tak hanya pada Ms. Word saja, saat ini teks dengan cetak tebal, cetak miring atau bercoret juga hadir pada Whatsapp. Cara menggunakannya juga cukuplah mudah, kamu hanya perlu menyisipkan kata tersebut diantara dua bintang untuk bold  (*saya*), dua underscore untuk italic (_saya_) dan dua tilde untuk teks bercoret (~saya~).

Menghemat penggunaan Data

Mungkin kamu tidak akan merasa rugi ketika mengunakan jaringan internet yang berasal dari Wifi, namun bagaimana jika jaringan sedang roaming atau lupa menggunakan paket data ketika di luar negeri. Penggunaan data ketika Roaming akan sangat mahal, sehingga sebaiknya kamu mengatur penggunaan data di Whatsapp sehingga tidak teradi download file atau dokumen secara otomatis.

Pada pengaturan Whatsapp, terdapat pilihan auto download yang bisa kamu pilih ketika menggunakan paket data, terhubung dengan wifi atau saat jaringan roaming. Penggunaan data ketika melakukan panggilan juga harus diubah ke “low data usage” agar tidak tersedot banyak ketika melakukan panggilan melalui WhatsApp.

Baca juga  Tips Menggunakan Parfum Laundry Agar Wanginya Tahan Lama

Membisukan Obrolan

Jika kamu terjebak dalam sebuah grup obrolan yang terlalu ramai dan merasa terganggu tapi tidak enak untuk keluar grub, maka sebaiknya kamu membisukan obrolan agar notifikasi yang masuk tidak banyak dan kamu juga tidak perlu merasa terganggu. Pilih kontak atau grup yang ingin kamu bisukan, lalu pilih bisukan. Obrolan tersebut nantinya hanya akan muncul ketika kamu membuka pesan WhatsApp.

Mematikan “last seen”

Jika kamu tidak segan memblokir orang yang terlalu mengganggu dengan terus-terusan mengirim pesan, maka kamu bisa mematikan “Last Seen”. Nantinya orang tidak akan tahu kapan terakhir kali kamu membuka Whatsapp sehingga mereka juga tidak akan tahu bahwa pesan sudah dibaca atau diabaikan. Pilih pengaturan privasi ketika kamu mematikan, maka kamu juga tidak akan bisa melihat “last seen” orang lain.

Membuat panggilan

Meskipun Whatsapp adalah aplikasi pesan instan, tapi aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menelpon kontak tanpa dikenakan biaya alias gratis. Kamu hanya akan dikenakan biaya jaringan internet, sehingga kualitas suara tergantung bagus atau tidaknya sinyal internet anda.

Memblokir orang lain

Ada kalanya orang membuat kamu kesal dengan mengirimkan pesan yang menggangu diri anda. Atau kamu sering menerima pesan dari orang yang tak dikenal yang isinya adalah konten spam atau link jebakan. Kamu bisa memblokir kontak mereka, jika orang tersebut tidak dalam kontak. Maka pilih ruang obrolan lalu pili menu dan blokir. Untuk orang baru, pilik ruang obrolan lalu pilih “spam”.

nah, itulah beberapa fitur tersembunyi whatsapp yang jarang diketahui oleh banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here