terakurat.comfolklore- Serial Folklore dibuat oleh enam sutradara ternama dari sejumlah negara di Asia. Mengangkat dan menghidupkan kisah-kisah mitos yang populer dari negara-negara tersebut. Sebagai masyarakat yang tumbuh di tengah budaya Asia yang kental, berbagai mitos tentang mahluk-mahluk yang tak kasat mata tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Di tahun 2018 lalu para sineas dari enam negara Asia yaitu Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand berkolaborasi untuk menghidupkan kembali cerita-cerita mitos tersebut.

A Mother’s Love ( Indonesia ).

Serial horor Folklore dibuka oleh film yang berjudul A Mother’s Love yang disutradarai oleh sineas kebanggaan Indonesia Joko Anwar. Dalam episode ini, Marissa Anita akan memerankan tokoh seorang  Ibu yang berjuang untuk membesarkan anak semata wayangnya (Muzakki Ramdhan) seorang diri.

Suatu hari, ia merasakan sejumlah hal aneh terjadi di sekitar rumahnya. Ia sering mendengar langkah kaki dan suara anak-anak kecil setiap malam. Setelah diselidiki, ternyata ada sekumpulan anak-anak kelaparan dan tak terurus yang dikurung di loteng rumahnya.

Berniat untuk menyelamatkan anak-anak malang tersebut, ia lantas melaporkannya ke polisi dan anak-anak tersebut akhirnya berhasil dibebaskan. Namun sang ibu tidak menyadari jika ada sesosok hantu perempuan yang tidak menyukai niat dan kehadirannya. Ia pun harus menghadapi kemarahan wewe gombel.

Tatami ( Jepang ).

Digarap oleh Takumi Saitoh, episode ini menceritakan tentang pembunuhan terhadap seorang penulis. Dalam cerita rakyat Jepang, pikiran dan perasaan positif atau negatif seseorang yang menggunakan Tatami akan kerasukan. Makoto Kishi adalah seorang jurnalis yang kehilangan pendengarannya sejak kecil. Saat ia kembali ke rumah di kampung halamannya setelah menghadiri pemakaman ayahnya, dia menemukan sebuah pintu rahasia yang membawa Makoto ke masa lalu keluarganya yang mengerikan.

Kisah ini memang tidak terlihat seseram film horor Jepang lainnya. Namun, episode pada serial ini seakan menjanjikan keseraman yang nyata karena menceritakan mitos masyarakat Jepang. Tentunya, kisah ini lebih dekat dengan keseharian masyarakat.

Baca juga  Film 'Child's Play' Siap Meneror Lagi di Tahun 2019.

Nobody ( Singapura ).

Dibintangi oleh Li Wen Qiang, episode ini akan menceritakan tentang sosok Pontianak. Berawal dari ditemukannya mayat seorang wanita yang terbungkus kain di sebuah lokasi konstruksi. Sang mandor pun menyuruh salah satu pekerjanya untuk membakar mayat wanita tersebut. Namun bukannya dibakar, mayat tersebut hanya dikuburkan. Pekerja tersebut menemukan sebuah paku yang tertancap di leher mayat dan perlahan mencabutnya. Kisah tersebut mirip dengan hantu kuntilanak yang populer di Indonesia. Meskipun tampak mirip namun kisahnya tidak sama ya guys!

Pob ( Thailand ).

Episode ini akan menceritakan tentang  hantu khas Thailand yang disebut Pob. Berawal dari Manop, seorang jurnalis yang meliput sebuah kasus pembunuhan seorang CEO asal Amerika, Paul Conrad yang ditemukan tewas di rumahnya. Manop pun akhirnya bertemu dengan Pob. Bukannya membunuh, Pob malah curhat dengan Manop soal sulitnya meneror orang Amerika.

Episode yang digarap oleh Pen-Ek Ratanaruang ini akan menyajikan sentuhan horor komedi. Meskipun secara perwujudannya hantu pob ini tampak sangat mengerikan lho!.

Toyol ( Malaysia ).

Dibintangi oleh Bront Palarae, sosok bapak dalam film Pengabdi Setan (2017). Episode dari Malaysia ini  diarahkan oleh sutradara Ho Yuhang,  menceritakan tentang hantu anak kecil yang dipelihara oleh seorang manusia. Berawal dari seorang anggota parlemen dari kota nelayan yang ingin memperbaiki perekonomian. Dia menyewa seorang bomoh ( dukun ) untuk mengatasi masalah tersebut. Namun dukun berubah menjadi sosok perempuan dan keduanya menjadi kekasih. Perempuan itu ternyata memiliki masa lalu yang kelam dan merusak kehidupannya. Kisah dari malaysia ini juga gak kalah seram lho guys!

Mongdal ( Korea ).

Usai menunjukan taringnya di ajang Oscar, Korea Selatan sukses membuktikan bahwa karya-karyanya memang patut untuk diperhitungkan. Bukan sekedar membuat genre melodrama atau cinta-cintaan saja, kalo ini nuansa horor yang mencekam akan dihadirkan bersama Mongdal. Episode yang akan disuguhkan oleh korea ini menceritakan tentang seorang ibu bernama Ok Bin yang berusaha menenangkan hati dan tuntutan anak laki-lakinya yangmerupakan seorang psikopat bernama Dong Joo.  

Baca juga  Drama Korea Terbaik Dengan Rating Tinggi yang Wajib Ditonton

Saat melihat ada seorang perempuan pendatang yang tinggal ( Seo Woo ), Dong Joo langsung jatuh cinta, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan cintanya. Kali ini Kisah Seo Woo dan Dong Joo tidak akan membuat kamu baper dan senyum-senyum sendiri, yang ada malah akan membuat kamu bergidik ngeri karena ketakutan guys. Berkat campur tangan sang ibu yang saking sayangnya bahkan rela menyatukan mereka berdua meski di akhirat. Ckckck…. sama gilanya kan itu ibu-ibu guys!

Enam episode Folklore dari jagoan film Asia ini akan mengawali debut Internasional dalam ajang Internasional ternama seperti, Toronto Internasional Film Festival ( Canada ), SITGES Internasional Fantastic Film Festival of Catalonia ( Barcelona, Spanyol ). dan Fantastic Fest ( Texas, AS ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here