Danau Yueyaquan, Danau Unik nan Cantik di Gurun Gobi

gurun gobi

Pernah mendengar nama Gurung Gobi? Yang rajin belajar waktu berada di bangku sekolah pastinya tahu dengan salah satu gurun paling terkenal di dunia ini. Ya, sebuah gurun yang terletak di China ini termasuk gurun salah satu daratan paling gersang di dunia ini. Jika berada di sini, kamu akan merasakan matahari begitu dekat sekali.

Karena saking dekatnya itulah yang kemudian mengakibatkan suhu rata-rata di kawasan ini mencapai 35 derajat celcius!

Meskipun termasuk kawasan yang kering dan panas, rupanya di Gurun Gobi ada satu mata air yang benar-benar membawa keberkahan tersendiri bagi kawasan ini. Persis seperti sebuah oase, Danau Yuayequan bagaikan sang dewi penyelamat untuk Gurun Gobi.

Apalagi jika dilihat dari kejauhan, danau yang memiliki luas hanya 150 meter persegi ini tampak unik dan cantik seperti orang yang tengah tersenyum.

Lokasi Danau Yueyaquan berada di kawasana Gurun Gobi, tepatnya di Kota Dunhuang, Provinsi Gansu, Cina, sekitar 5 Km dari Kota Dunhuang. Selain bentuknya yang unik seperti senyum tipis seseorang, danau ini masih memiliki keistimewaan lagi yang membuat para wisatawan betah berada di sini. Keistimewaan apakah itu?

 

 

Keistimewaan Danau Yueyaquan di Gurung Gobi

Danau Yueyaquan bagaikan penyelamat di sebuah padang gurung yang panas menyengat. Karena air danaunya yang biru inilah banyak wisatawan datang berbondong-bondong ke sini untuk menyaksikan sebuah anugerah.

Tidak hanya dari Tiongkok, tapi birunya Danau Yuayequan telah mampu menyebarkan magnet kepada wisatawan dari berbagai negara. Tak jauh dari danau ini, berdiri sebuah klenteng khas Tiongkok.

Jadi saat berkunjung ke Danau Yueyaquan, pengunjung bisa menikmati keindahan bangunan tempat ibadah warga China tersebut.

Baca juga  Tempat Wisata di Medan Paling Diminati Saat Musim Liburan

Danau Yueyaquan telah ada di tengah Gurung Gobi sejak lama. Bukit pasir yang berada disekeliling danau ini memberikan perlindungan, terutama dari musim badai.  Selama ini danau di Gurung Gobi ini dipercaya tidak pernah kering.

Sayangnya kepercayaan tersebut lenyap mana kala sumber mata air danau tersebut tersumbat akibat dari proyek pembangunan sebuah bendungan di Sungai Dang pada tahun 1960-an. S

umbatan ini mengakibatkan kedalaman danau hanya mencapai 7 meter dan secara signifikan menyusut hingga tersisa 90 cm saja, tepatnya pada tahu 1990 an.

Untuk mengembalikan daya tarik, pesona dan manfaat dari Danau Yueyaquan, pemerintah Cina kemudian menerbitkan Undang-undang yang berisi larangan pengeboran tanah dalam jangka radius yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Larangan ini membawa kembali pesona danau dengan bentuk melengkung seperti orang tersenyum ini. Bahkan, UNESCO telah menetapkan Danau Yuayequan sebagai salah satu situs warisan dunia.

Keindahan dan pesona Danau yuayequan memang luar biasa indah. Wajar saja jika banyak turis berbondong-bondong ke sini. rata-rata mereka datang pada waktu bulan Mei hingga September.

Meskipun pada periode tersebut suhu sangat ekstrem, mereka tetap menikmatinya. Bagaimana dengan kamu? Jika penasaran dengan keindahan danau ini, segera atur jadwal wisata kamu ke Gurun Gobi sekarang!

 

Baca Juga : INILAH WISATA PENATAPAN HUTAGINJANG DI SUMATERA UTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: